Apa kamu pernah mencintai dengan begitu serius? Tapi dia hanya menganggapmu pelampiasan saat hidup terasa begitu membosankan. Berbalik arahlah, karena dengannya kamu hanya akan menghabiskan waktu berhargamu dengan percuma.

Karena mencintai sendirian hanya akan membuatmu merasa semakin kesepian.

1. Berjuanglah, Semampunya.

Menanti Kabarmu

Menanti Kabarmu via https://www.unsplash.com

Memperjuangkan cinta memang hal yang harus kita lakukan saat merasa sudah menemukan akhir dari pencarian, saat sudah merasa sangat nyaman dengan seseorang. Kamu harus berani mengambil langkah lebih jauh, rasa yang lebih dalam dan tekad yang lebih kuat untuk menjadikannya sebagai orang pertama yang akan kau pastikan bahagianya.

Advertisement

Berjuanglah hingga kau merasa perjuanganmu ada hasilnya, dan berjuanglah hingga batas akhir kau meminta pada-Nya. Ketika semua hal yang kau berikan padanya seakan tak ada artinya, mungkin itu adalah saat kau harus berhenti mengharapkan dia. Karena berjuang pun harus bersama, jika hanya kau yang berusaha untuk hubungan ini, berhentilah. 

2. Tak Perlu Merasa Tak Berharga, Kamu Istimewa Dengan Semua Hal yang Kamu Punya

Kamu Istimewa

Kamu Istimewa via https://www.pexels.com

Beberapa saat setelah patah hati, biasanya kamu akan merasa begitu tidak berharga, tidak diharapkan oleh siapa-siapa, dan merasa seolah semua kebahagiaan tidak berpihak padamu sebagaimana mestinya. Semua harapan seakan dihancurkan dengan begitu mudah, segala doa seakan tak diamini olehnya dan semua perhatian seakan tak ada artinya.

Tak apa, nikmati saja segala prosenya. Suatu saat kamu akan mengerti bahwa patah hati memang harusnya seperti ini. Tapi setelah semua kesedihan itu menyapa, kamu harus yakin bahwa kamu sangat berharga untuk orang lain, bahwa kamu istimewa untuk orang yang menyayangimu. Jangan biarkan orang yang membuatmu patah hati membuatmu jadi rendah diri dan lupa mencintai diri sendiri.

Advertisement

Kamu istimewa, dengan segala kebaikan dan cinta yang kamu punya. Jika memang dia tidak mampu menerima cintamu, mungkin dia memang tidak cukup baik untuk kau sayangi sepenuhnya.

3. Hidup Tidak Hanya Soal Cinta, Ada Impianmu yang Harus Kau Pastikan Langkahnya

Hidup tidak hanya soal cinta dan air mata yang menyertainya. Kamu punya segala impian yang harus kamu pastikan langkahnya. Kalau terus-terusan bersedih karena kisah cinta yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, kamu hanya akan membuang waktu berhargamu dengan percuma. Ada hal lain yang harus kamu perjuangkan juga selain dia yang tak pernah menganggapmu ada.

Impianmu untuk menjadi lebih sukses, dan segala ide-ide gila yang harus kamu wujudkan nantinya. Fokus saja pada itu semua, buktikan bahwa kamu bisa bahagia dengan segala pencapaian yang kamu dapat tanpa dirinya.

4. Cintai Dirimu Sendiri, dan Buktikan Bahwa Kamu Bahagia

Sebelum kamu sibuk menyayangi orang lain, ada dirimu sendiri yang harus lebih dulu kamu sayangi. Sebelum kamu membahagiakan orang lain, pastikan bahagiamu pun sudah hadir. Kadang kita terlalu fokus untuk membuat orang lain bahagia, mencintai orang lain sepenuh rasa, tapi diri kita sendiri kerap terlupa bahagianya.

Saat hatimu harus patah, belajarlah untuk menyayangi dirimu sendiri terlebih dahulu. Karena orang yang bahagia, akan memancarkan energi positif kepada orang lain dan bisa membuatnya jatuh cinta. Tak percaya? Buktikan saja.

Seseorang yang ceria dan mampu menjadi apa adanya tanpa berpura-pura, terlihat lebih menarik di mata orang lain. Mulai sekarang, belajarlah menerima dirimu sendiri seutuhnya, cintai dirimu sendiri tanpa karena. 

5. Tuhan Sedang Menguji Sabarmu, Apa Kau Mampu?

Setiap ujian yang terjadi dalam hidup, adalah cara Tuhan untuk membuat kita mengerti bahwa segala yang kita ingin tak bisa selalu kita miliki. Ada hal yang memang baik menurutmu, tapi tidak menurut-Nya. Termasuk cinta yang harus bertepuk sebelah tangan yang sedang kau rasa.

Mengikhlas yang harus dilepas memang tak semudah mengatakannya, tapi apa kamu akan terus larut dalam kesedihan karena tak bisa mendapatkannya? Hei, hidupmu lebih berharga daripada menangisi hal tak berguna. Tuhan sedang mengajarkanmu untuk menerima keputusan-Nya dan bersabar dengan hal yang lebih indah nantinya.

Percayalah, suatu hari akan ada seseorang yang mencintaimu dengan sepenuh hati tanpa perlu kamu mengemis untuk dicintai. Kalau dia saja bisa baik-baik saja tanpamu, kenapa kamu harus tertatih menjalani hari? Buka matamu, buka hatimu, agar kamu bisa memulai kisah yang baru.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya