Ramadhan adalah bulan suci yang kedatangannya sangat dinanti-nanti semua umat muslim. Berbagai amalan dan kegiatan sosial seperti berbagi, biasanya banyak dilakukan manusia sebagai upaya untuk berlomba lomba dalam berbuat kebaikan.

Biar lebih seru, ada 5 ide kegiatan berbagi dengan sesama yang bisa kamu lakukan ramai-ramai bersama teman-teman kamu di sore hari nih. Biar acara ngabuburitmu lebih bermakna, nggak sekedar jalan-jalan aja~

1. Membuka Warung Makan Gratis Untuk Dhuafa

warung makan gratis

warung makan gratis via http://www.catatansiemak.com

Buat yang hobi masak, kegiatan ini bakal seru banget nih. Masak bareng teman-teman kamu dengan menu menyesuaikan budget yaa. Bisa makanan berat atau sekedar takjil. Terus bikin aja tenda sederhana atau cukup meja kursi di pinggiran jalan dan kamu tulisin "Warung Bukber Gratis Untuk Dhuafa", atau bisa juga kamu buka warung itu untuk semua orang muslim yang berpuasa, nggak cuma dhuafa aja. Pasti bakal rame banget deh!

2. Jadi Kurir Takjil Ke Masjid-Masjid

jadi kurir takjil

jadi kurir takjil via https://www.facebook.com

Masih tentang makanan untuk berbuka, tapi kali ini kamu jadi kurir. Lho? Yap! Kamu bakal jadi kurir yang akan mengirimkan takjil ke masjid-masjid atau mushola. Nggak mahal kok, satu paket takjil bisa berisi kurma 3 biji, air putih dan roti.

Advertisement

Lagi-lagi anggarannya disesuaikan dengan budget kamu yah. Selain berbagi, kamu juga bisa sambil mengenal masjid-masjid di sekitar kota kamu barangkali bisa temu jodoh heheheā€¦

3. Gelar Garage Sale Hasilnya Didonasikan

garage sale

garage sale via https://www.stuff.co.nz

Kamu dan teman-teman kamu pasti punya banyak barang-barang bekas yang meski masih bagus tapi nggak kamu pakai karena udah bosen kan? Nggak usah ragu buat menggelar Garage Sale! Sedikit dibersihkan lalu jual aja barang bekas kamu dengan harga murah.

Advertisement

Jangan lupa tuliskan dengan jelas bahwa 100 persen hasil penjualan barang bekas itu bakal didonasikan untuk mereka yang membutuhkan. Bermanfaat banget kan?

4. Wisata Bersama Anak-Anak Yatim

Nggak melulu tentang materi. Berbagi juga bisa dalam bentuk kebahagian kok. Yuk, buat kamu dan teman-teman kamu yang suka jalan-jalan ajak aja anak-anak yatim atau piatu di panti atau disekitar tempat tinggalmu buat menikmati jalan-jalan sore di tempat wisata andalan kotamu.

Lalu akhiri dengan buka bersama. Mereka pasti bahagia karena bisa bermain dan berwisata :)

5. Buka Bersama Masyarakat di Daerah Bencana

berbuka di lokasi banjir

berbuka di lokasi banjir via https://steemit.com

Dalam keseharian kita selalu berada dalam kondisi aman dan nyaman. Kali ini bolehlah kita ikut merasakan sedikit penderitaan saudara kita yang masih terkena bencana, entah itu banjir, rob dan sebagainya yang ada disekitar daerah kita.

Hibur mereka dengan skill kamu seperti bernyanyi, sulap dan lainnya lalu berbuka lah bersama di lokasi bencana. Nuansanya pasti beda. Penuh hangat dan rasa syukur :)

Itulah 5 ide kegiatan yang bisa kamu praktikkan bersama teman-teman agar Ramadhanmu sarat akan makna. Sudah siap mencoba??

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya