Namanya hidup, semua orang pasti punya masalah dan harus menghadapinya. Terkadang, permasalahan hidup dapat membuat kita merasa lemas dan juga sulit termotivasi. Di saat-saat seperti itu, ada baiknya kamu mengambil waktu sejenak dan mencari cara untuk keluar dari perasaan nge-"down" tersebut.

Bagi kamu yang lagi merasa kehabisan tenaga walau nggak ngapa-ngapain, coba lakukan 6 hal di bawah ini.

1. Bersihkan kamar karena kamarmu bisa jadi merupakan cerminan pikiranmu sendiri

Kamar rapi adalah kunci pikiran tenang

Kamar rapi adalah kunci pikiran tenang via http://www.google.com

Merapikan kamar bisa jadi merupakan bentuk alternatif dari meditasi. Sama seperti meditasi yang berfungsi menenangkan pikiran, membersihkan kamar juga memberikan dampak yang sama dan bahkan lebih dari itu.

Untuk mengatur kembali kamar kita hingga dapat mendukung aktivitas, kita secara tidak langsung perlu menemukan kembali apa aktivitas yang ingin kita lakukan. Dalam prosesnya, kita jadi memikirkan apa yang penting bagi diri kita dan bagaimana kita ingin meraihnya. Dalam acara The Joe Rogan Experience, Profesor Jordan Peterson mengatakan hal ini mengenai aktivitas merapikan kamar:

Advertisement

"Hal itu sama saja seperti memperbaiki dirimu sendiri dan kau membersihkan tempat itu karena kamu BISA melakukannya. Dan setelahnya, dunia menjadi sedikit lebih jernih dan kamu menjadi sedikit lebih kuat."

2. Bicarakan situasi dan perasaanmu dengan orang yang mau mendengarkan

Jangan ragu untuk menghubungi teman-teman terdekat

Jangan ragu untuk menghubungi teman-teman terdekat via http://www.safeschoolsmd.org

Ketika merasa "down", salah satu hal utama yang perlu kamu lakukan adalah berbicara dengan orang lain. Walaupun, harus diakui hal ini tidak sesederhana itu. Terkadang, teman-teman yang ingin membantu juga bingung harus merespon apa dan malah memberikan saran yang membuat mereka terkesan menggurui kamu.

Untuk menghindari hal seperti itu, kamu dapat mengatakan: "Saya sedang tidak ingin dikritik saat ini" atau "I just need someone to listen to me"

3. Baca komik komedi biar kamu tertawa

Baca komik receh ternyata ampuh memancing tawa

Baca komik receh ternyata ampuh memancing tawa via https://www.google.com

Advertisement

Jangan remehkan kekuatan dari tertawa! Ketika tertawa, kamu jadi melepaskan ketegangan. Selain itu, tubuhmu juga melepaskan hormon endorfin yang dapat memerangi efek stress ketika kamu tertawa.

Salah satu cara untuk tertawa secara instan adalah dengan membaca komik strip yang memang memiliki format pendek dan dirancang untuk membuat pembacanya tertawa dengan punchline jitu. Beberapa pilihan komedi yang dapat kamu coba adalah komik strip Shen Comix yang ada di Facebook ataupun Komik Gak Jelas yang terbit di Ciayo.

4. Menonton film yang punya vibe "feels good" biar ekspektasimu akan masa depan jadi positif juga

Meskipun masih hitam putih, film Harvey ampuh untuk membuatmu lebih cerah

Meskipun masih hitam putih, film Harvey ampuh untuk membuatmu lebih cerah via https://www.google.com

Salah satu hal yang dapat membuat orang merasa "down" adalah karena memikirkan masa depan yang tidak mungkin kita ketahui. Tentunya, untuk dapat kembali bersemangat dan menghadapi hari esok dengan percaya diri, kamu perlu memiliki pandangan positif pula akan masa depan.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membentuk pandangan tersebut adalah dengan menonton film "feels good", film-film dimana karakternya mengalami kesulitan, mampu melampauinya, dan mendapat akhir baik. Ada banyak film yang punya vibe seperti itu, misalnya saja Please Stand By yang rilis tahun 2017 ataupun film klasik drama-komedi Henry dari tahun 1950.

5. Tinggalkan lagu-lagu sedih dan dengarkan lagu bersemangat!

Duo Danny Sexbang dan Ninja Brian siap menghibur dengan lago koplak mereka

Duo Danny Sexbang dan Ninja Brian siap menghibur dengan lago koplak mereka via https://www.google.com

Salah satu hal yang umum dilakukan ketika lagi merasa "down" adalah mendengarkan lagu-lagu melankolis dengan lirik sedih. Sayangnya, hal itu malah bisa membuat kamu makin berlama-lama merasa "down". Bukan berarti kamu tidak boleh mendengarkan lagu sedih, namun sebaiknya kamu menghindari lagu-lagu sedih ketika saatnya tidak tepat.

Alih-alih, coba dengarkan lagu yang dapat membuat kamu merasa bersemangat. Mungkin itu lagu yang ceria, mungkin lagu komedik, mungkin juga lagu yang mampu mengingatkanmu akan memori bahagia. Apapun itu, kamu dapat mendengarkan lagu-lagu yang menyenangkan bagimu ketika lagi "down".

6. Lakukan aktivitas fisik untuk mengalihkan perhatian

jalan-jalan pagi atau sore juga oke

jalan-jalan pagi atau sore juga oke via https://i.ytimg.com

Percaya atau nggak, salah satu penyebab orang-orang merasa "down" adalah karena terlalu banyak merenung secara negatif. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghindari hal tersebut adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Misalnya seperti berjalan-jalan di lingkungan sekitar tempat tinggal, berolahraga, ataupun aktivitas hobi lainnya. Intinya, apapun yang dapat membuatmu fokus pada aktivitas fisik, biar pikiranmu nggak melayang ke tempat-tempat aneh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya