Biaya Tak Menghalangiku untuk Menggapai #MimpiMasaMuda, Simak Tipsnya

Perjuangan kuliah

Banyak orang tentu ingin belajar hingga ke perguruan tinggi dan meraih gelar sarjana. Sayangnya, keterbatasan ekonomi membuat banyak orang tak bisa melanjutkan kuliah. Namun, menyerah bukan pilihan terlebih banyak cara yang dapat dilakukan untuk kuliah meskipun terkendala dana. Berikut tips dari aku untuk kamu yang ingin kuliah namun terkendala dana.

Advertisement

1. Pelajari Dulu Jurusan dan Kampus Tujuan

Photo by Moaid Mefleh via Pexels

Photo by Moaid Mefleh via Pexels via https://www.pexels.com

Mempelajari jurusan dan kampus tujuan sangat penting untuk strategi kamu ke depannya. Apakah kamu ingin kuliah di perguruan tinggi negeri atau swasta? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kamu harus pintar memilih jurusan dan kampus tujuan. 

Jurusan dan kampus tujuan berpengaruh terhadap strategi kamu ke depan. Kamu bisa mempelajarinya lewat website kampus atau bertanya langsung kepada mahasiswa yang telah berkuliah di sana. Ada banyak pertimbangan dalam memilih jurusan dan kampus tujuan, seperti prestasinya, lingkungan kampus, kerjasama kampus dengan perusahaan, dan lain sebagainya. 
 

Advertisement

2. Apply Beasiswa

Photo by Andrea Piacquadio via Pexels

Photo by Andrea Piacquadio via Pexels via https://www.pexels.com

Apply Beasiswa adalah hal yang harus kamu lakukan. Nah, beasiswa yang disediakan tiap kampus berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempelajari jurusan dan kampus tujuan terlebih dahulu. Kampus yang memiliki banyak kerjasama dengan perusahaan terkait memiliki lebih banyak beasiswa dibandingkan yang tidak. Seperti aku yang terpilih sebagai penerima beasiswa pertamina foundation angkatan ke-lima. Beasiswa ini ada karena kampusku menjalin kerjasama dengan pertamina. 

3. Kuliah Sekaligus Bekerja, Kenapa Tidak?

Photo by Andrea Piacquadio via Pexels

Photo by Andrea Piacquadio via Pexels via https://www.pexels.com

Eitss, tenang kerja di sini tak seperti pegawai pada umumnya. Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu kerjakan selama kuliah. Selain membantumu meraih #MimpiMasaMuda juga menambah relasi. Selain itu dapat menambah kualitas curiculum vitae (CV) kamu yang berguna sesudah lulus kuliah. 

Advertisement

Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa yaitu dapat berjualan online, mengajar bimbel part time, atau bisa juga menjadi freelancer dengan keahlian yang kamu punya. Aku pernah mengajar bimbel part time saat kuliah. Kalau aku bisa kamu juga pasti bisa kan ? Semangat yuk. 

 

4. Sesekali Perlu Liburan Agar Pikiran Tetap Sehat

Photo by Jessica Ticozzelli via pexels

Photo by Jessica Ticozzelli via pexels via https://www.pexels.com

Kuliah diiringi dengan bekerja tentu sangat melelahkan. Oleh karena itu, tidak apa-apa jika sesekali kita memutuskan untuk istirahat sejenak dari kesibukan. Kamu bisa liburan dengan teman, atau malas-malasan di kasur tidak apa-apa kok. Istirahat sejenak baik untuk kesehatan mental sekaligus membuat kamu semangat lagi ke depannya. 

 

5. Perjuangan tak Akan Sukses Jika Kamu Mengabaikan Kesehatan

Photo by Element5 Digital via pexels

Photo by Element5 Digital via pexels via https://www.pexels.com

Perjuangan untuk lulus kuliah tentu akan sia-sia jika mengabaikan kesehatan. Gizi seimbang membantu kamu untuk semangat beraktivitas. Pengalaman temanku saat kuliah karena terlalu fokus belajar untuk ujian besok, ia lupa sarapan pagi. Akibatnya saat ujian ia tidak bisa fokus dan nilai yang didapat jelek. 

Kamu harus menjaga kesehatan dengan tidur yang cukup, olahraga, dan mengonsumsi gizi yang seimbang. Jangan sampai usahamu sia-sia karena mengabaikan kesehatan. Yuk #SehatSamaSama #HipweexNI agar kita lebih bersemangat menggapai mimpi. 

Semoga tips dari aku bisa membantu kamu untuk tetap semangat kuliah ya. Jangan sampai biaya menghalangimu untuk tidak kuliah. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE