Bingung Harus Bertanya Apa Pada Saat Wawancara Kerja? Yuk, Coba Tanyakan 7 Pertanyaan Ini!

Dijamin kamu akan terlihat menonjol di mata HRD

Kalau kamu sudah pernah mengikuti sebuah wawancara kerja, bukan hanya kamu saja yang bisa ditanyakan beragam hal oleh HRD, lho! Tapi sebaliknya, kamu juga dapat mengambil kesempatan bertanya dari HRD untuk mengenal lebih jauh lagi seputar pekerjaan yang kamu lamar dan kebanyakan HRD akan merasa sangat senang jika ada kandidat yang antusias dalam bertanya. 

Selain melihat CV-mu, dengan memberikan kesempatan kepada kandidat pelamar, HRD dapat melihat seberapa tertarik dan semangat kamu dalam menggali informasi mengenai perusahaan yang kamu lamar. Selain itu, dengan kamu mengajukan pertanyaan yang menarik dapat membuat dirimu akan terlihat berbeda dari kandidat lainnya, dan menjadikanmu pilihan yang disukai HRD. Karena itu, kami akan memberikan daftar pertanyaan yang dapat kamu pakai pada saat wawancara pekerjaan. Berikut ini adalah daftarnya!

Advertisement

1. Bisakah Anda jelaskan lebih detail lagi untuk tanggung jawab yang akan saya pegang untuk posisi ini ?

Photo by Amy Hirschi from Unsplash

Photo by Amy Hirschi from Unsplash via https://unsplash.com

Pertanyaan ini sangat bagus untuk mengetahui lebih dalam mengenai posisi pekerjaan yang kamu lamar. Tentunya, ketika kamu melamar sebuah pekerjaan, mengetahui peran dan tugas adalah hal yang penting karena ini akan memberikan gambaran mengenai keseharian yang akan kamu kerjakan di tempat baru nantinya. Dari sisi HRD, kamu akan dilihat sebagai seseorang yang antusias dengan lowongan ini.

2. Tantangan apa saja yang pernah dihadapi pada tim?

Photo by Christina from Unsplash

Photo by Christina from Unsplash via https://unsplash.com

Pertanyaan ini dapat memberikan kamu gambaran akan solusi apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan dan jika HRD memberi tahu bagaimana mereka melewatinya, kamu akan mendapatkan kesempatan belajar dari perusahaan yang kamu lamar. Dengan mengetahui jawaban ini, kamu akan semakin termotivasi dan siap menerima tantangan dalam bekerja.

Advertisement

3. Apakah akan ada pelatihan dari perusahaan pada posisi ini?

Photo by Sebastian Herrmann from Unsplash

Photo by Sebastian Herrmann from Unsplash via https://unsplash.com

Ketika kamu menanyakan hal ini, HRD akan melihat bahwa kamu adalah seseorang yang terus ingin berkembang dalam karir dan tentunya akan menjadikanmu sebagai aset yang berharga untuk sebuah perusahaan. Selain itu, kamu juga akan dinilai memiliki komitmen yang tinggi dalam masa depan karirmu.

4. Apa ekspektasi anda terhadap saya pada pekerjaan ini?

Photo by Mapbox from Unsplash

Photo by Mapbox from Unsplash via https://unsplash.com

Hal ini cukup penting untuk ditanyakan pada saat wawancara agar kamu mengetahui lebih dalam sebenarnya seperti apa kandidat yang dicari dan dibutuhkan oleh HRD dan kamu dapat mengidentifikasikan apakah dengan kualifikasi yang kamu buat, kamu dapat memenuhi ekspektasi HRD dan kamu dapat memikirkan lebih baik bagaimana kamu bisa mencapai ekspektasi tersebut.

5. Bagaimanakah budaya kerja di perusahaan ini?

Photo by Adnan Elezovic from Unsplash

Photo by Adnan Elezovic from Unsplash via https://unsplash.com

Dengan menanyakan hal ini, kamu akan mendapatkan wawasan seperti apa nilai perusahaan yang dipegang dan juga akan seperti apa lingkunganmu bekerja nanti. Hal ini sangat mempengaruhi bagaimana kamu bekerja di perusahaan tersebut dan apakah budaya perusahaan tersebut akan cocok dengan cara kamu bekerja.

Advertisement

6. Bisakah Anda cerita tentang tim yang akan bekerja sama dengan saya?

Photo by Sora Shimazaki from Unsplash

Photo by Sora Shimazaki from Unsplash via https://www.pexels.com

Bekerja dalam sebuah perusahaan tentunya membutuhkan kerjasama tim yang kompak. Dengan menanyakan pertanyaan ini kamu akan mendapatkan bayangan dengan orang-orang seperti apa kamu akan bekerja. Kamu juga akan tahu peran mereka masing-masing dalam kaitannya dengan pekerjaanmu nanti.

7. Apa yang Anda sukai dari bekerja disini?

Photo by Tima Miroshnichenko from Unsplash

Photo by Tima Miroshnichenko from Unsplash via https://www.pexels.com

Agar sesi wawancara berlangsung dengan menyenangkan dan tidak terlalu menegangkan, kamu juga dapat menanyakan hal personal kepada HRD selama masih berhubungan dengan pekerjaan. Salah satunya adalah pertanyaan ini, kamu akan mengetahui banyak hal mengenai perusahaan melalui cerita HRD dan kamu juga akan menjadi lebih terkoneksi dengan HRD. Hal ini membuat kamu akan diingat oleh HRD.

 

Demikianlah pertanyaan menarik yang dapat kamu tanyakan kepada HRD apabila kamu sedang melakukan proses interview. Jika kamu memiliki kesempatan untuk bertanya, janganlah ragu untuk bertanya ya! Karena dari pertanyaan ini, kamu akan mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai perusahaan yang kamu lamar. Saat ini, kamu sudah tidak perlu repot lagi untuk membuat CV lho! Kamu dapat membuatnya di Kinzaa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kinzaa adalah sebuah situs online untuk membuat CV dan Resume Online dengan mudah dan cepat.

CLOSE