Bingung Liburan Mau Ngapain? Yuk Cek 7 Aktivitas ini: Dijamin Murah, Menyenangkan dan Mengedukasi

Aktivitas Saat Liburan

Wah, nggak kerasa nih kalo udah mau liburan! Pastinya seneng dong bisa terbebas dari tugas-tugas yang melelahkan! Ett, tapi udah punya rencana belum mau ngapain? Jangan lupa untuk mempergunakan waktu kalian dengan bijak ya guys.

Coba buat liburan kalian lebih bermakna dan berwarna. Berikut ini 7 aktivitas yang bisa kalian coba saat liburan, dijamin affordable, bikin happy dan bersifat edukatif. Kuy check them out!

Advertisement

1. Bermain Puzzle

Photo by shara smko on Google

Photo by shara smko on Google via https://i.ytimg.com

Siapa sih yang nggak tau permainan ini? Semua pasti udah paham kalo puzzle bermanfaat banget buat mengasah otak. Disini, otak bisa terlatih untuk menggabungkan tiap piece puzzle-nya hingga membentuk suatu gambar yang utuh dan indah. Setelah tersusun rapi, puzzle juga bisa jadi pajangan di kamar, loh!

Dengan harga di bawah Rp 100.000, kalian udah bisa dapetin puzzle yang terdiri dari 1000 pieces. Wah, mantul nggak tuh! Puzzle ini mudah dicari karena banyak tersedia di marketplace. Selain itu, ada juga puzzle 3D yang nggak kalah kerennya. Wow!

Advertisement

2. Bikin Playlist Baru

Photo by technosightz on Google

Photo by technosightz on Google via https://www.technosightz.com

Kata Frank Ocean, “When you’re happy you enjoy the music, but when you’re sad you understand the lyrics.” Ini bener banget, sih. Lagu emang bisa mewakili perasaan seseorang. Mengeksplor lagu-lagu baru termasuk hal yang mengasyikkan. Kalian bisa memperbarui playlist di Youtube atau Spotify secara gratis.

Misalnya saja, dulu playlist-nya dipenuhi lagu-lagu mellow yang suka bikin gagal move on. Coba deh sekarang beralih ke lagu dari genre seperti rock yang bisa bikin happy dan semangat. Kalian juga bisa menikmati lagu asing sembari belajar seperti lagu-lagu Jepang, Korea, atau Prancis.

Aktivitas semacam ini mungkin terdengar sepele namun bisa membawa dampak positif. Kalian bisa menemukan moral value dari tiap lagu yang kalian dengerin buat dijadiin pelajaran. Playlist yang kalian buat juga bisa dibagiin ke temen/sahabat. Siapa tahu bisa mempercepat proses healing mereka.

3. Belajar Bahasa Asing

Photo by Tech & Learning on Google

Photo by Tech & Learning on Google via https://cdn.mos.cms.futurecdn.net

Di zaman yang serba modern ini, rasanya nggak cukup kalau cuma belajar Bahasa Inggris. Banyak bahasa lain seperti Mandarin, Spanyol, dan Arab yang semakin banyak penuturnya. Dalam dunia kerja, tentunya hal ini menjadi nilai plus. Oleh karena itu, nggak akan sia-sia kalo kalian mencoba belajar saat liburan nanti.

Banyak platform gratis yang dapat dimanfaatkan, mulai dari aplikasi Duolingo hingga website Interpals untuk mencari partner belajar dari dalam dan luar negeri. Belajar juga bisa dari podcast atau film yang dapat diakses dengan mudah. Kuy cobain! Belajar bahasa nggak perlu skill khusus, cukup niat dan konsisten.

4. Planting

Photo by Pennington on Google

Photo by Pennington on Google via https://www.pennington.com

Kegiatan menanam ini nggak melulu harus di luar ruangan. Sekarang udah musim banget nanem tanaman buat hiasan indoor seperti di ruang tamu atau kamar tidur. Cukup pastikan kalau tanaman tersebut tidak membutuhkan sinar matahari secara langsung, misalnya Lidah Mertua dan Monstera.

Selain membuat ruangan menjadi lebih nyaman, planting juga dapat memberikan pengalaman tentang cara merawat tanaman dengan baik dan menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan.

5. Membaca Buku

Photo by Cups and Thoughts on Google

Photo by Cups and Thoughts on Google via https://cupsandthoughts.files.wordpress.com

Mungkin kegiatan yang satu ini terdengar agak membosankan. Namun, sekali kalian menamatkan satu buku, pasti akan ketagihan untuk membaca lagi. Manfaat membaca buku sendiri sudah tak diragukan lagi, baik buku fiksi maupun nonfiksi.

Jika kalian pemula dan kesulitan memilih buku, kalian bisa langsung cari di internet mengenai buku apa saja yang bestseller sesuai dengan genre yang kalian minati, seperti fantasi, horror, atau biografi. Untuk menjaga konsistensi, kalian bisa memasang target membaca di Goodreads.

Selain itu, kegiatan seperti annotating menggunakan highlighter dan sticky notes bisa juga diterapkan agar membaca terasa lebih menyenangkan.

6. Astrofotografi

Photo by BBC Sky at Night Magazine on Google

Photo by BBC Sky at Night Magazine on Google via https://images.immediate.co.uk

Memotret benda-benda langit tentunya sangat mengasyikkan untuk dilakukan, apalagi buat para pecinta astronomi. Bagaimana tidak? Objek langit seperti galaksi bima sakti dapat dibidik hanya dengan menggunakan smartphone dan tripod.

Kalian hanya perlu mencari lokasi yang minim polusi udara, seperti di pedesaan, pegunungan atau pantai. Selain itu, pastikan smartphone kalian memiliki pengaturan kamera manual/pro dan jangan lupa install aplikasi pendukung seperti Star Chart atau Stellarium untuk mendeteksi letak objek langit yang akan diamati.

Aplikasi ini juga berguna banget buat mempelajari rasi bintang dan planet-planet dalam tata surya.

7. Painting

Photo by kart_diy on Google

Photo by kart_diy on Google via https://cf.shopee.co.id

Melukis nggak hanya untuk orang-orang yang berbakat dalam menggambar. Sekarang ini, banyak toko yang menjual satu set perlengkapan melukis yang terdiri dari kuas, cat akrilik, palet, dan kanvas lukis ber-sketsa.

Selain harganya terjangkau, melukis juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan kreativitas. Kalian bisa belajar cara memadukan warna hingga menghasilkan gradasi yang indah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE