Halo sahabat yummy! Apa kabarnya? Bulan ramadan sudah tiba! Bulan ramadan adalah bulan di mana orang muslim melaksanakan kewajibannya untuk berpuasa. Bulan yang hanya datang setahun sekali, dan beruntung bagi mereka yang masih bisa merasakan bulan ramadan ini. Sebab bulan ini adalah bulan di mana kita dapat mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan mudah. Selain itu banyak juga kuliner atau menu buka puasa yang dijual selama ramadan. Nah, bagi kamu yang bingung mau buka puasa pakai apa, simak ulasan rekomendasi menu buka puasa yang pastinya enak.

1. Kolak, menu khas yang selalu ada di bulan ramadan

manisnya kolak Ramadhan

manisnya kolak Ramadhan via https://google.com

Menu makanan yang satu ini adalah menu yang sangat manis dikonsumsi. Menu yang selalu hadir dimeja makan ini terbuat dari pisang dan santan yang diolah yang tidak memakan waktu. Namun biasanya olahan ini bisa diganti dengan ubi jalar atau blewah, untuk penambah rasa nikmat dapat ditambah dengan potongan roti tawar. Kolak adalah menu khas yang selalu ada saat bulan ramadan.

2. Es Campur yang Mengenyangkan

Advertisement

Es campur sangat digemari diseluruh kalangan, apalagi saat ramadan akan sangat dicari. Dengan rasanya yang manis dan menyegarkan, tidak heran jika es campur menjadi minuman laris disaat ramadan. Selain dapat melepas dahaga es campur juga mengenyangkan untuk dikonsumsi, karena isinya tidak hanya buah, jadi perlu di list untuk menu buka puasa.

3. Kurma makanan sunah anjuran nabi

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini sangat dicari dan diminati disemua kalangan, karena selain menyehatkan buah ini juga termasuk menu buka puasa yang dianjurkan dan sunnah untuk dikonsumsi. Banyak masyarakat muslim memburu buah sehat ini. Walapun dihari biasa buah ini dapat di jumpai di toko ataupun tempat jual pernak-pernik haji umrah, pada saat ramadan buah ini dengan mudah dijumpai di toko maupun swalayan terdekat.

4. Es pisang ijo yang menggiurkan

es pisang ijo

es pisang ijo via https://www.google.com

Menu buka puasa ini berasal dari Makassar. Yup pisang ijo, namun kudapan yang satu ini sudah menyebar diseluruh nusantara. Jadi untuk menjumpai menu ini tidak perlu pergi ke Makassar. Lagipula saat ramadan akan banyak yang menjual menu pisang ijo ini.

5. Es blewah yang tak kalah menyegarkan

Advertisement

Es blewah ini hanya terdiri dari buah blewah dan sirup yang dipadukan dengan es. Entah mengapa rasa ini selalu enak dan bikin nagih. Apalagi buah ini sangat jarang ditemui, namun sangat berbanding terbalik ketika bulan ramadan datang, kita dapat menjumpai disepanjang jalan pasti banyak yang menjual minuman ini.

6. Gorengan, cemilan favorit masyarakat

nikmatnya gorengan~

nikmatnya gorengan~ via https://sripoku.com

Makanan yang satu ini tidak perlu dijumpai saat ramadan, karena setiap hari akan bertemu dengan makanan ini. Gorengan ini sudah melekat dengan masyarakat, selain harganya yang terjangkau gorengan juga mengenyangkan, apalagi disantap saat dalam keadaan panas.

7. Seger-seger manis es buah saat berbuka

es buah dengan kesegaran yang tiada tara

es buah dengan kesegaran yang tiada tara via https://cookpad.com

Es buah hampir sama dengan es campur, hanya saja es yang satu ini berisi buah-buah segar, yang sangat menyegarkan dan rasanya sangat manis. Ini salah satu menu yang sangat dicari untuk melepas dahaga.

Jadi bagaimana nih sahabat yummy tentang paparan beberapa menu di atas? Pasti udah nggak sabar buat ngelist menu kan? Semoga bermanfaat ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya