Halo kalian anak kelas 12! Bentar lagi sudah mau lulus yaa? Sudah tau mau lanjut bagaimana? Bingung milih jurusan? Atau lagi gelisah karena dipaksa orang tua masuk jurusan tertentu? Tenang itu hal yang wajar dialami. So.. tinggal cara kita, bagaimana menghadapinya. Bisa dengan tenang, norak, ribet atau cara lain. Kalau kalian bilang, 

“kan kita yang menjalani jurusannya. Kenapa sih orang tua ikut-ikut?”

Maka, kalian harus siap juga dong kalau ortu kalian bilang,

“oiya kok nak, kamu dah gede dah bisa mikir sendiri dan pasti dah bisa cari uang sendiri”

Wajar buat orang tua mengarahkan anaknya. Tapi, orang tua JANGAN MEMAKSA! Yap, kalian sebagai siswa yang kritis harus minta alasan ortu kalian. Kenapa menyuruh kalian seperti kehendaknya atau melarang keinginanmu yang sudah bulat. Dan kalian gak boleh ngeyel. Jangan semaunya sendiri. Jadi caranya kalian harus meyakinkan hati dan pikiran kalian pribadi sekaligus ortu kalian. Mungkin bagi yang sudah dijodohin, tambah restu dari mertua kamu. haha

Sebaiknya kita fokus ke nentuin jurusannya. Penulis akan mencoba memberikan saran kepada adik-adik atau temen-temen yang belum punya bayangan sama sekali.  Ini beberapa saran dari penulis yang pernah ngalamin susahnya memilih jurusan perkuliahan.

1. Cari Tau Macam-Macam Jurusan

Kalian bisa cari di internet, buku, dan tanya pada guru BP/BK kalian. Ada berbagai sumber yang menjelaskan tentang daftar jurusan di Indonesia. Kalau lebih aman biasanya mendekati SNMPTN lebih disarankan ke BK (Bimbingan Konseling). Karena disitu akan terjalin komunikasi dua arah. Jadi kalian gak cuma mencari, namun dapat diberi arahan. Selain itu bagi yang masih bingung dan gak tau sama sekali, BK adalah tempat yang cocok untuk kalian. Tapi semisal dari guru BK kalian belum puas, bisa kalian cari bimbel atau orang yang paham.

2. Lihat Lebih Detail Tentang Jurusan

Detail Jurusan via http://www.nyoozee.com

Advertisement

Cari lebih lanjut ! Jangan cuma nama jurusannya melainkan jugak prospek, hal yang dipelajari, universitas yang membuka jurusan, tingkat persaingan, dll. Kalian harus paham betul agar kedepannya tidak ada kata “MENYESAL” atau “SALAH JURUSAN”. Sebaiknya kalian pertimbangkan mata kuliahnya juga. Karena bisa saja niat kamu menghindari pelajaran tertentu, eh malah dapat yang lebih dari yang kalian bayangkan.

3. Pilih yang sesuai

Dari berbagai pilihan dan masukan. Pilih beberapa untuk menjadi prioritasmu kedepan.

Pastikan sesuai minat dan kemampuanmu!

Advertisement

Misal kamu, minat dengakn hal-hal yang berbau internasional dan kamu pandai dalam speaking, penulisan dalam Bahasa asing. Jurusan Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, dan Sastra Asing bisa jadi pilihanmu. Atau kamu yang jago di Fisika dan suka dengan bangun membangun, konstruksi, dan pengelolaan daerah . Jurusan seperti Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, dan Planologi/PWK bisa menjadi pilihan kedepan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya