Khusus Mahasiswa! Daripada Gabut dan Kupu-kupu, Mending Coba Kembangin 5 Jenis Bisnis Ini!

Yuk, belajar cari uang sendiri~

Peluang usaha atau bisnis adalah kesempatan yang dapat dimanfaatkan seseorang untuk mendapatkan apa yang diinginkannya (keuntungan-kekayaan-uang) dengan memanfaatkan berbagai faktor baik faktor eksternal maupun internal.

Adapun ada dua faktor dalam peluang bisnis. Pertama adalah faktor internal yang berasal dari diri kita sendiri seperti bakat, minat, dan hobi. Jika Anda mempunyai hobi yang bermanfaat, maka ini adalah peluang besar anda untuk mengembangkan hobi Anda yang ternyata bisa mendatangkan keuntungan. 

Yang kedua adalah faktor eksternal. Faktor ini berarti berbagai hal yang berkaitan di luar diri kita. Semisal kondisi lingkungan sekitar yang dapat mempengaruhi suatu jenis usaha atau bisnis.

Berikut ulassannya.

Advertisement

1. Bisnis jasa desain grafis

lagi desain

lagi desain via https://www.google.com

Bagi mahasiswa yang senang dengan desain grafis serta mempunyai keahlian, mereka dapat memulai bisnis jasa desain grafis dengan menawarkannya kepada mahasiswa lain atau mungkin dosen. Bisnis ini menuntut keterampilan mahasiswa dalam mengoperasikan software semisal Photoshop, CorelDraw untuk melakukan desain grafis. 

Dengan ketrampilan desain yang dimiliki, mahasiswa dapat memperoleh banyak untung dari kliennya dalam mengerjakan tugas desain grafis teman, jasa desain kaos, jasadesainwebsite, jasa edit foto, dan jasa desain lainnya.

Advertisement

2. Jasa guru atau les private

seorang guru sedang mengajari muridnya

seorang guru sedang mengajari muridnya via https://www.google.com

Nah usaha atau bisnis ini cocok sekali untuk para mahasiswa yang mengambil program studi keguruan. Karena, disamping bisa untuk belajar bagaimana menjadi seorang guru, bisnis ini jugak tanpa modal yang besar dan menjanjikan keuntungan yang gak sedikit karena bisnis ini hanya mengandalkan kecerdasan individu dan kecerdasan membagi waktu antara jam kuliah dengan jam untuk private.

 

3. Jasa jual pulsa

jual pulsa

jual pulsa via https://www.google.com

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang ke-lima adalah Jualan Pulsa. Karena tidak perlu menjaga konter pulsa cukup menghubungi agen pulsa dan jual lah pulsa menggunakan HP anda sendiri. Dengan modal kurang dari 1juta yang pas dengan kantong mahasiswa anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan.

 

Terlebih lagi jika targetnya sesama mahasiswa, anda akan mendapatkan pelanggan yang banyak karena pastinya beberapa mahasiwa ada yang malas untuk keluar dari rumah/kostnya.

Advertisement

4. Bisnis jasa progammer web dan blog

lagi desain

lagi desain via https://www.google.com

Untuk mahasiswa jurusan Teknologi Informasi (TI), ada bisnis online yang sangat cocok dijalankan. Jasa yang ditawarkan berhubungan dengan mata kuliah yang dipelajari, yaitu bisnis online programmer web dan blogger. Anda dapat membuat situs, blog, atau e-commerce yang menghasilkan pemasukan pasif.

5. Bisnis online (reseller)

Reseller

Reseller via https://www.google.com

Bisnis yang menguntungkan selanjutnya adalah bisnis online. Bisnis ini anda hanya perlu mencari penjual/pemroduksi yang mau untuk anda jual kembali secara online dan anda hanya perlu aktif dalam mengelola blog. Bisa saja penjual itu dari teman, ataupun orang lain, terlebih lagi jika penjual itu adalah orang tua Anda sendiri maka angka kerugian sedikitlah berkurang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE