Siapa sih yang sekarang tidak pegang handphone setiap hari? Alat telekomunikasi modern ini sekarang telah menjadi piranti yang tidak bisa ditinggalkan dalam keseharian manusia modern. Orang tua sampai anak kecil, kalangan berpunya sampai berkantong cekak. Rasanya sekarang semua butuh handphone.  

Fenomena itu tak pelak memunculkan berbagai peluang bisnis baru. Sekarang makin banyak bisnis kios (konter) yang menjual pulsa. Kios-kios itu biasanya dilengkapi dengan aksesoris handphone seperti powerbank (charger HP yang bisa dibawa-bawa), mika layar anti-gores/tempered glass, gantungan, stiker, guard skin/pelindung HP. Selain itu aksesoris primer, seperti sim card, baterai.

Menjalankan sebuah usaha pulsa bukanlah perkara mudah. Walaupun pulsa merupakan kebutuhan sehari-hari masyarakat, akan tetapi jika kita tidak mengerti cara menjalankannya dengan baik maka usaha Anda tidak akan berkembang. Kesalahan biasanya dilakukan oleh para penjual pulsa yang menganggap remeh beberapa hal yang sebetulnya merupakan faktor penting dan akan sangat memengaruhi usaha Anda.

Berikut tips agar bisnis pulsa menjadi sukses dan tidak jalan di tempat atau bahkan terhenti karena kehabisan modal :

1. Jangan berikan kesempatan untuk utang pulsa

Bon pulsa?

Bon pulsa? via https://goo.gl

Biasanya penjual akan dihadapkan dengan dilema yang sulit dihindari, yakni menghadapi orang-orang yang melakukan utang atau bon pulsa. Walaupun kesannya merupakan masalah yang remeh, hal ini merupakan hal yang paling sering membuat usaha menjadi jalan di tempat atau malah terhenti.

Banyaknya pembeli yang berutang, membuat para penjual tidak bisa memutar modal. Saat deposit habis, maka tidak bisa melakukan pengisian deposit dengan maksimal karena sebagian modalnya belum kembali.

Hal ini tentunya akan sangat disayangkan, apalagi jika modal tersebut tidak pernah kembali karena pelanggan Anda kemudian lupa membayar atau sulit dihubungi untuk membayar tagihan pulsa mereka yang semakin menumpuk seiring dengan berjalannya waktu.

Walaupun dapat menyebabkan hal demikian, Anda juga tidak mau dicap sebagai penjual yang tidak fleksibel atau pelit sehingga pelanggan menjadi berkurang. Pada kasus tertentu misalnya dalam keadaan darurat atau kepada orang terdekat yang kita percayai tentunya kita bisa membolehkan untuk melakukan perutangan.

Tentunya dengan konsekuensi Anda harus tidak segan menagih utang pelanggan Anda di kemudian hari. Lakukan pencatatan keluar masuk deposit dengan rapi sehingga jelas dan tidak kehilangan hitungan.

2. Bikin jualan Anda diketahui banyak orang

Pulsamu laris manis

Pulsamu laris manis via https://goo.gl

Tidak ada yang akan membeli apa pun jualan Anda jika tidak ada yang mengetahui bahwa Anda berjualan, bukan? Membuat usaha berjualan Anda dikenal banyak orang dapat Anda lakukan secara gratis dengan memanfaatkan kekuatan massa.

Kita bisa melakukan bisnis dengan pelayanan yang baik sehingga bisnis akan dikenal dari mulut ke mulut karena customer sangat puas dengan pelayanan kita.

Anda juga bisa membuatnya lebih dikenal dengan memanfaatkan media sosial, apalagi jika Anda memiliki banyak teman di media sosial Anda maka Anda dapat mengiklankan usaha Anda dengan lebih cepat dan mudah. Efek viral kini menjadi salah satu tren promosi yang cukup efektif dan yang paling menarik dapat Anda lakukan secara gratis.

3. Hindari mengambil keuntungan terlalu besar

Woman joy dollar

Woman joy dollar via https://goo.gl

Sebaiknya tidak memberikan harga yang lebih tinggi dibanding counter pulsa lainnya. Hal ini tidak akan membuat usaha Anda menjadi lebih untung tetapi justru akan membuat para pelanggan meninggalkan Anda.

Bisnis pulsa merupakan usaha dengan perputaran modal cepat. Harga yang terlalu mahal akan membuat Anda ditinggalkan karena banyak pesaing yang memiliki harga yang lebih murah.

Sebaliknya Anda harus rajin-rajin melakukan survei harga sehingga Anda tahu berapa kisaran harga pulsa di pasaran. Dengan demikian, Anda dapat terus mengikuti pasar dan pelanggan Anda menjadi loyal dan tidak meninggalkan Anda.

4. Buat usaha Anda menjadi unik dengan layanan yang prima

Gerai gawai

Gerai gawai via https://goo.gl

Banyaknya bisnis pulsa yang berada di jalan ataupun di rumah, membuat persaingan bisnis jenis ini menjadi sangat ketat. Untuk itu, memberikan sentuhan unik dapat menjadi ciri khas jualan Anda yang membuat Anda unggul dibandingkan usaha sejenis lainnya.

Akan sangat sulit jika kita bersaing harga, tapi bersaing masalah pelayanan akan sangat mungkin dilakukan. Jika pelayanan Anda cepat dan memiliki respons yang cepat, maka Anda akan diingat oleh pelanggan Anda dan mereka akan kembali membeli kepada Anda. Beri kemudahan dan buat pelanggan nyaman untuk membeli lagi kepada Anda.

5. Pisahkan Antara Uang Pribadi dan Uang Pulsa

Jangan sampai kayak gini!

Jangan sampai kayak gini! via https://goo.gl

Hal yang paling menghambat bisnis adalah pencampuran antara uang pribadi dengan uang pulsa. Maka siapkan dua dompet, satu untuk uang pribadi yang satunya untuk uang pulsa. Sehingga Anda tahu apakah bisnis Anda untung atau rugi, berapa modal berikutnya untuk berjualan kembali.

Begitulah Tips Bisnis Pulsa agar tidak bangkrut. Selamat Mencoba

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya