5 Peluang Usaha yang Muncul Saat Pandemi. Dengan Modal Seadanya, Dapat Penghasilan Ekstra

Bisnis saat pandemi

Tak bisa dipungkiri jika adanya pandemi yang disebabkan oleh virus corona saat ini tak hanya mempengaruhi kesehatan fisik maupun psikis masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Tapi juga berdampak bagi perekonomian masyarakat pada umumnya. Di berbagai portal berita, kita dapat mengetahui jika saat ini dunia perekonomian dunia pun turut terpuruk karena pandemi ini. Akibatnya, ada begitu banyak pekerja yang dirumahkan akibat berbagai sektor bisnis yang mengalami penurunan pendapatan.

Tapi walau begitu kita tidak boleh menyerah, tapi harus cepat bergerak mencari segala peluang usaha yang bisa membantu dan menyokong perekonomian kita sehari-hari. Nah bagi Anda yang saat ini sedang bingung mencari penghasilan tambahan berikut ini beberapa jenis usaha yang bisa menjadi peluang di tengah pandemi.

Advertisement

1. Usaha Keperluan Bahan Pokok

Jual sembako

Jual sembako via http://https

Bahan pangan pokok seperti beras, minyak goreng, dan berbagai bahan pangan lainnya merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Oleh sebab itu, usaha di bidang ini bisa dibilang cukup stabil karena apapun keadaannya manusia tentu tetap membutuhkan makanan. Karena itu usaha dengan menjual keperluan bahan pokok bisa menjadi sebuah peluang untuk kembali mencari penghasilan maupun menambah penghasilan. Yang terpenting kamu bisa mengelola keuangan terutama modal untuk usaha ini dengan baik, sehingga bila ada kenaikan harga bahan pangan, kamu tetap bisa bertahan dengan baik.

2. Usaha Masker Kain

Masker kain

Masker kain via https://sewing.com

Salah satu peluang usaha dengan modal tidak terlalu tinggi yang bisa kamu coba adalah menjual masker kain. Seperti yang diketahui, saat ini para pakar kesehatan dan juga pemerintah menghimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker setiap beraktivitas ke luar rumah. Agar tidak menimbulkan kelangkaan masker medis seperti yang lalu, pemerintah juga mengatakan bagi masyarakat yang sehat cukup menggunakan masker kain saja untuk melindungi diri dari droplet yang menjadi salah satu cara penularan COVID-19.

Maka, saat ini permintaan pasar untuk kebutuhan masker kain pun semakin meningkat. Jadi kamu bisa mencoba menjual masker kain baik yang dibuat sendiri, maupun menjadi reseller. Jika ingin menjual masker kain buatan sendiri, kamu perlu memperhatikan dengan baik bahan kain yang aman untuk dibuat menjadi masker. Beberapa jenis kain yang direkomendasikan untuk masker kain, diantaranya adalah katun 100%, kain nilon 70D yang diklaim cukup efektif karena dapat menyaring sekitar 77% partikel besar dan 12% partikel kecil, serta kain flanel.

3. Usaha Jasa Catering Rumahan

Nasi kotak

Nasi kotak via https://ootb.id

Gedung perkantoran di Jakarta memang sempat dihimbau untuk tutup sementara waktu sehingga membuat semua pekerjanya diharuskan untuk work from home (WFH). Namun kini memasuki masa New Normal, sudah banyak gedung perkantoran yang dibuka kembali dan para pekerja pun sudah mulai bekerja di kantor. Tentu hal ini bisa menjadi peluang untuk membuka usaha jasa catering kantoran, terutama bagi kamu yang punya hobi memasak. Sebab pastinya banyak karyawan yang masih ragu untuk makan di luar, dan juga pasti ada yang tidak memiliki waktu untuk menyiapkan bekal sendiri.

Maka, salah satu pilihan terbaik bagi mereka adalah menggunakan jasa catering kantor untuk keperluan makan siang. Untuk memulai usaha catering kantor ini, kamu bisa menyediakan beberapa menu catering kantoran dengan beberapa jenis lauk dan sayuran. Kamu juga perlu menetapkan harga yang ramah di kantong untuk menarik minat konsumen. Pastikan juga untuk memperhatikan kualitas dan kebersihan baik dari bahan makanan hingga proses pemasakan ya, agar tidak mengecewakan konsumen.

Advertisement

4. Usaha Produk Kecantikan

Beberapa tahun belakangan, kesadaran baik wanita maupun pria untuk merawat kesehatan kulit semakin meningkat. Hal ini pun membuat sebagian orang menjadikan produk kecantikan terutama skincare menjadi salah satu kebutuhan. Karen itu usaha produk kecantikan menjadi salah satu sektor yang tidak terlalu terkena imbas dari lesunya perekonomian dunia. Terbukti masih banyak brand kecantikan yang meluncurkan produk terbaru mereka selama masa pandemi ini. Bedanya, saat ini orang-orang lebih memilih untuk membeli produk-produk perawatan kulit secara online.

Nah, melihat situasi ini Anda bisa menjadikan hal tersebut dengan membuat usaha penjualan produk kecantikan, baik dalam ukuran share in jar maupun full size. Untuk menjualnya pun, Anda bisa mempromosikan lewat akun media sosial dan juga merekomendasikan produk yang Anda jual kepada teman maupun keluarga.

5. Usaha Ramuan Herbal

Minuman herbal

Minuman herbal via http://https

Saat ini para peneliti di seluruh dunia termasuk Indonesia sedang terus berusaha mengembangkan vaksin untuk virus Corona. Jadi sebagai langkah pencegahan agar tidak mudah terpapar virus ini, masyarakat dihimbau untuk patuh menerapkan protokol kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh. Selain mengkonsumsi suplemen dan vitamin, salah satu cara untuk menjaga serta meningkatkan imunitas adalah dengan mengkonsumsi minuman dari ramuan herbal yang mengandung bahan-bahan seperti kencur, kunyit, temulawak, jahe, dan daun sereh yang dipercaya dapat meningkatkan sistem imun.

Oleh karena itu, usaha menjual ramuan atau minuman herbal dapat menjadi bisnis yang menjanjikan karena saat ini masyarakat tengah gencar untuk melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE