Bosan Menjomblo? Yuk, Upgrade Dirimu dengan 5 Cara Ini Supaya Nggak Single Lagi!

Mempersiapkan diri untuk jodoh yang lebih baik

Banyak jodoh datang silih berganti, namun tidak ada yang jadi? Merasa putus asa dan bosan menjomblo?Perlu kamu ingat, walaupun jempolmu aktif swipe kanan dan kiri, rasa bosan menjomblo itu tidak akan hilang. Lalu, harus bagaimana?

Seperti kata pepatah, “laki-laki baik untuk wanita baik” dan sebaliknya. Kepribadianmu akan menarik jodoh yang mencerminkan dirimu sendiri. Ibaratnya, law of attraction! Jadi, selama kamu masih menjomblo, manfaatkan masa ini untuk meng-upgrade dirimu melalui lima hal ini agar mengundang jodoh yang oke.

Advertisement

1. Self Upgrade – Tekuni Hobimu

Gunakan waktu untuk kegiatan yang bermakna

Gunakan waktu untuk kegiatan yang bermakna via https://www.kompas.com

Mungkin dulu kamu hobi masak, basket, menari, fotografi, atau menulis. Seiring dengan kesibukan sekolah atau kerjaan, hobi tersebut jadi kamu telantarkan. Nah, ini adalah saat yang tepat untuk menekuni hobimu!

Mulai dari mengambil kursus, bergabung dalam komunitas, mengikuti kompetisi, membangun portfolio hingga menjadikan hobimu sebagai sumber pemasukan tambahan, kamu bebas membagi waktumu. Tidak akan ada pasangan yang ngambek dengan kesibukanmu. 

Advertisement

Selain baik untuk mengalihkan perhatianmu (dari mengasihani nasib menjomblo), percaya atau tidak, menekuni hobi akan membangun rasa percaya dirimu. Selain itu, tanpa sadar kamu akan menarik perhatian orang. Siapa yang tidak tertarik dengan orang yang passionate dengan hobi mereka? Apalagi jika sampai sukses, pasti mengundang banyak peminat!

2. Love Upgrade – Ikuti Saran Pakar Jodoh

Tersedia banyak pakar jodoh yang siap membantu

Tersedia banyak pakar jodoh yang siap membantu via https://www.nytimes.com

Upgrade yang kedua ini adalah refleksi terhadap sikapmu saat menjalin hubungan dengan orang lain. Tidak ada seorang pun yang sempurna. Apa ada kebiasaan buruk yang tidak kamu sadari menjadi penghalang jodoh? Apa selama ini kamu selalu menoleransi perilaku buruk pasangan sehingga pasangan kian menjadi-jadi dan akhirnya membuatmu patah hati?

Advertisement

Di zaman yang serba online, sekarang kamu dapat mengikuti akun media sosial atau mengakses situs para pakar jodoh untuk mendapat berbagai tips dan membahas masalah percintaan.

Misalnya saja, pakar jodoh Matthew Hussey, Renee Wade, David Wygant dan Jay Shetty. Semua posting-an mereka akan membantumu merefleksi diri sendiri serta mengasah skill percintaanmu.

3. World Upgrade – Menambah Wawasan Lewat Traveling

Saatnya mewujudkan trip impianmu

Saatnya mewujudkan trip impianmu via https://agirlnamedclara.com

Sementara sedang jomblo, manfaatkan kesempatan ini untuk mewujudkan trip impianmu. Traveling saat jomblo paling seru karena kamu dapat pergi kapan pun dan kemana pun kamu mau. Kamu tidak perlu kompromi dengan pasangan mengenai tanggal keberangkatan, destinasi, jadwal kegiatan hingga perencanaan keuangan.

Pasanganmu tidak dapat ambil cuti untuk periode tersebut? Ia lebih memilih naik gondola di Venice daripada hiking di Sri Lanka? Lebih nyaman tinggal di hotel daripada hostel?

Sebagai jomblo, kamu tidak akan menghadapi drama-drama tersebut. Ingin traveling? Tinggal menabung, booking tiket pesawat, lalu berangkat!

4. Financial Upgrade – Mantapkan Keuanganmu

Mandiri secara finansial itu penting

Mandiri secara finansial itu penting via https://www.suara.com

Mengingat harga kebutuhan hidup dan perawatan kesehatan yang selalu naik, sudah sewajarnya kamu lebih perhatian terhadap kesehatan keuanganmu terutama saat menjomblo. Tidak dipungkiri, menjomblo membuatmu lebih hemat karena kamu tidak perlu keluar uang untuk berdandan, membeli hadiah, nonton bioskop dan lainnya.

Ada beberapa cara untuk memantapkan keuangan, misalnya:

  • membuat anggaran keuangan bulanan
  • menyisihkan 20-30% pemasukan untuk tabungan dan investasi
  • utamakan membayar tagihan setelah gajian
  • tidak takut untuk menolak ajakan teman apabila di luar kemampuan keuanganmu

Psst, zaman sekarang, pria atau wanita yang pandai mengatur keuangan akan mendapat nilai plus di mata pasangan (dan calon mertua), lho!

5. Spiritual Upgrade – Perdalam Imanmu

Jika sudah waktunya, jodohmu akan datang

Jika sudah waktunya, jodohmu akan datang via https://www.nu.or.id

Di kala teman-teman sudah menikah dan menggendong anak, pasti suatu saat akan terbesit dalam pikiran kapan jodohmu datang. Tenang, kamu tidak sendirian! Mungkin jodohmu juga sedang berpikiran sama?

Memperdalam iman dengan rajin berdoa dan berbuat baik akan memberikan ketenangan batin. Karena, saat kamu berpasrah kepada Tuhan, kamu yakin bahwa jodohmu akan datang di saat yang tepat. Dengan berbuat baik, kamu 'menabung' karma baik yang akan kembali kepadamu suatu hari nanti.

Semoga artikel ini dapat membantu 🙂 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Theresia Clara adalah blogger mungil yang penuh passion dan optimistik. Ia hobi menulis, traveling, menari, fotografi dan tertarik dengan dunia finansial. Melalui blog agirlnamedclara.com, ia percaya kaum muda bisa traveling tanpa mengesampingkan kesehatan finansial.

CLOSE