Saat ini travelling menjadi kebutuhan bagi banyak orang, untuk berwisata juga untuk menyegarkan tenaga dan pikiran dari segala penat dan kesibukan. Tentunya, mengunjungi tempat-tempat yang berkesan penuh pesona menjadi impian utama. Destinasi wisata yang menjadi impian banyak orang adalah kota-kota di Britania Raya (Great Britain). Britania Raya merupakan negara kesatuan di kawasan barat laut benua Eropa, terdiri dari 4 negara, yaitu Inggris (England), Wales (Wales), Skotlandia (Scotland), serta Irlandia Utara (Northern Ireland). Negara-negara tersebut tergabung dalam Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland), atau dikenal dengan United Kingdom (UK) saja.

United Kingdom memang memiliki berjuta pesona, tidak mengherankan bila kota-kota di UK menjadi destinasi pilihan bagi jutaan wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Berikut beberapa saja dari jutaan keindahannya yang akan membuatmu semakin ingin untuk segera kesana.

1. Welcome to England

London, London, kuingin kesana... *nyanyi*. #AyoKeUK

London, London, kuingin kesana… *nyanyi*. #AyoKeUK via https://www.telegraph.co.uk

Perjalananmu di UK bisa dimulai dari Inggris, dengan mengeksplor ibu kotanya yang cantik dan modern, yaitu London. Kota yang selalu diimpikan dan paling banyak didatangi wisatawan ini memang menawarkan banyak destinasi wisata mengagumkan. Mulai dari menara jam Big Ben, Tower Bridge yang ikonik, London Eye yang menawarkan pemandangan memukau, hingga taman-taman asri yang menggoda untuk dijelajahi.

Advertisement

London merupakan kota global yang sangat terkemuka, bahkan dikenal juga sebagai pusat kebudayaan dunia. Sebagai ibu kota United Kingdom, London menyuguhkan fasilitas lengkap yang akan membuatmu menjadi terkesan dan terpikat.

2. Buckingham Palace, Istana Resmi Kerajaan Inggris

Taman penuh bunga dan Istana yang menggoda. #AyoKeUK

Taman penuh bunga dan Istana yang menggoda. #AyoKeUK via https://www.parkgrandkensington.co.uk

Sebagai kota metropolitan, London tetap melestarikan cagar budaya dan peninggalan sejarahnya dengan sempurna. Bangunan-bangunan bersejarah yang megah, berdampingan dengan gedung-gedung pencakar langit nan mewah. Salah satunya adalah Buckingham Palace, istana kerajaan Inggris, yang menjadi bagian dari destinasi paling populer di London.

Di Istana ini, selain menikmati keindahan taman dan asitekturnya, kamu juga bisa menyaksikan atraksi menarik yang biasa dilaksanakan dan selalu ditunggu oleh para wisatawan, yaitu changing of the guardian, upacara pergantian penjaga istana. Pasukan gagah dengan seragam warna merah, mengenakan topi hitam dan membawa senapan, akan menjadi pengalaman berkesan yang tidak akan kamu lupakan.

3. Westminster Palace, pesona istana yang mendunia

Menikmati senja di tepi Sungai dan Istana, sempurna. #AyoKeUK

Menikmati senja di tepi Sungai dan Istana, sempurna. #AyoKeUK via https://www.architectsjournal.co.uk

Advertisement

Westminster Palace merupakan kompleks istana Kerajaan Inggris yang berlokasi di tepi Sungai Thames, di kompleks inilah menara jam terkenal Big Ben (Elizabeth Tower) berada. Dengan berkunjung langsung ke UK, kamu bisa mengagumi langsung keindahan dan kemegahannya. Kamu juga bisa mengambil foto dengan latar belakang istana yang memberi kesan romantis, tidak mengherankan bila landmark ini menjadi destinasi yang paling ingin dikunjungi oleh para turis.

Istana ini juga memiliki menara-menara dan taman yang akan membuat jatuh hati pada ibu kota UK ini. Pada malam hari, Istana bergaya gothic ini terlihat semakin cantik, pencahayaan berwarna keemasan di dinding istana akan memantul dari permukaan sungai yang tenang. Tentu saja, kamu akan semakin terpesona.

4. Belajar sambil berwisata di universitas terbaik dunia

Royal Holloway, University of London yang menawan. #AyoKeUK

Royal Holloway, University of London yang menawan. #AyoKeUK via http://www.studyin-uk.com

Sebagai negara dengan pendidikan yang sangat maju, berbagai universitas di UK menempati urutan tertinggi dalam universitas terbaik dunia. UK menjadi tujuan favorit bagi mahasiswa internasional, termasuk juga mahasiswa asal indonesia, dalam melanjutkan studinya. Beberapa kampus terkenal yang mendunia dengan segala prestasinya seperti Oxford dan Cambridge University, serta kampus-kampus lainnya.

Selain fasilitas memadai, kampus-kampus di UK terkenal dengan keindahan lingkungannya yang menawan. Ada banyak jalur beasiswa untuk belajar di universitas kelas dunia ini, kamu tidak hanya bisa mengunjunginya saja, tapi juga bisa menjadi mahasiswan disana. Taman kampus serta bangunannya yang menawan, akan membuat kamu betah dan fokus dalam menjalani perkuliahan.

5. Explore great Britain by train

Pemandangan di sepanjang jalur kereta yang akan membuatmu terpesona. #AyoKeUK

Pemandangan di sepanjang jalur kereta yang akan membuatmu terpesona. #AyoKeUK via https://www.visitbritain.com

Pesona UK tidak hanya bisa kamu nikmati di perkotaannya saja, keindahan alamnya yang memukau juga menjadi alasan kenapa UK selalu menjadi negara impian. Lihat dan rasakan panorama alam UK yang begitu memesona, mulai dari padang savana, danau-danau cantik, hingga pegunungan bersalju selalu siap untuk memanjakan liburanmu.

Bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan alam khas UK yang menggoda, travelling dengan menggunakan kereta api adalah pilihan yang sempurna. Dari London di Inggris, kamu bisa menjangkau destinasi wisata di bagian negara lainnya, dengan menggunakan kereta api yang melewati jalur-jalur yang akan membuatmu berdecak kagum.

6. Menjelajahi Skotlandia, negara terindah di dunia

Edinburgh, ibu kota negara terindah di dunia. #AyoKeUK

Edinburgh, ibu kota negara terindah di dunia. #AyoKeUK via http://www.pxleyes.com

Skotlandia, negara yang disebut-sebut sebagai negeri dongeng di dunia nyata. Dalam polling yang dilakukan oleh situs informasi dan panduan wisata terkenal, Rough Guide, Skotlandia menjadi negara paling indah di muka bumi. Bentang alam, budaya, dan kehidupan dan penampilan kota sungguh memesona. Lihat saja Edinburgh, ibu kota Skotlandia, kamu bisa berpetualang di jalanan kota yang dipenuhi bangunan dengan arsitektur menawa. Edinburgh akan membangkitkan imajinasimu mengenai negeri dongeng di masa lalu.

7. Bersantai di tempat kelahiran Harry Potter

Tempat 'Kelahiran' Harry Potter. #AyoKeUK

Tempat 'Kelahiran' Harry Potter. #AyoKeUK via https://theculturetrip.com

Berada di Edinburgh, kurang lengkap rasanya kalau kamu tidak mencicipi aneka kuliner disana. Jalanan cantik diantara bangunan menawan, dipenuhi dengan cafe dengan suasana yang nyaman. Salah satu cafe terkenal di Edinburgh adalah The Elephant House, tempat kelahiran Harry Potter.

Cafe ini menawarkan suasana dan cerita menarik didalamnya, disinilah J.K. Rowling merangkai cerita mengenai Harry Potter dan Hogwart, yang sukses “menyihir” perhatian banyak orang dari berbagai negara dunia. Selain “Birthplace of Harry Potter” ini, tentunya ada banyak cafe lainnya yang menyuguhkan hidangan khas Skotlandia yang istimewa.

8. Menjelajahi Isle of Skye, keindahan negeri berselimut awan

Selamat datang di Negeri Kayangan. #AyoKeUK

Selamat datang di Negeri Kayangan. #AyoKeUK via http://www.aimhighwithvanicci.com

Isle of Skye adalah kepulauan yang tak ubahnya kepingan surga di Skotlandia. Di Pulau Awan ini, kamu bisa menikmati keindahan alam berupa lautan, barisan pegunungan, padang rerumputan liar, hingga perbukitan batu menjulang yang mengagumkan dalam satu kawasan. Isle of Skye mejadi tempat yang pas bagi kamu yang ingin menjelajahi keindahan, dari kawasan ini arakan awan yang memukau terlihat begitu jelas dalam pandangan.

9. Mengunjungi Cardiff, ibu kota Wales yang eksotis

Salah satu sudut Cardiff Bay, bangunan lama dan baru berdampingan. #AyoKeUK

Salah satu sudut Cardiff Bay, bangunan lama dan baru berdampingan. #AyoKeUK via http://www.independent.co.uk

Destinasi wisata selanjutnya adalah negara Wales, lanskap serta geografis negara ini memang dikenal eksotis. Mulai dari pesona Great Omre, Taman Nasional Sowdonia, pedesaan dengan rumah-rumah tradisional, hingga Cardiff, ibu kotanya yang menarik. Wales dijuluki sebagai Negeri Seribu Kastil, karena negara yang paling kecil di UK ini memiliki banyak sekali kastil yang masih kokoh berdiri hingga kini. Dengan mengunjungi Wales dan menikmati kastil-kastil bersejarah yang megah, imajinasi negeri dongeng impianmu akan terwujud.

10. Melihat aurora di Irlandia Utara

Kilatan cahya Aurora yang akan membuatmu jatuh cinta. #AyoKeUK

Kilatan cahya Aurora yang akan membuatmu jatuh cinta. #AyoKeUK via http://blog.reservasi.com

Meski berada di pulau terpisah dengan ketiga bagian negara UK lainnya, Irlandia Utara juga memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah memesona. Kamu bisa menikmati wisata alam yang sangat menakjubkan, yaitu melihat langsung fenomena aurora. Kilatan cahaya angin surya di langit Irlandia Utara sangat cocok untuk dinikmati dalam perjalananmu disana. UK memang selalu memberikan kesan yang tidak akan terlupakan, mulai dari kekayaan budaya, sejarah, keindahan kota, hingga alamnya yang memang penuh pesona. Semua ini akan membuatmu menjadi tahu, bahwa UK akan selalu membuatmu rindu.

Selain ini, masih banyak lagi destinasi andalan UK yang menunggu untuk kamu jelajahi. #AyoKeUK, temukan Negeri Dongeng yang selama ini kamu impikan jadi kenyataan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya