Buah Tangan yang Wajib Dibawa Pulang Ketika Berkunjung ke Jogja

Oleh-oleh khas Jogja

Sahabat pasti sering juga mengunjungi tempat-tempat wisata di daerah tertentu, seperti halnya Yogyakarta. Banyak wisatawan lokal maupun manca negara yang sering berkunjung ke kota pelajar ini. Tidak sedikit dari mereka yang ingin mengunjungi tempat bersejarah maupun tempat wisata yang sedang populer atau booming di kawasan Jogja.

Banyak sebagian dari wisatawan ketika mereka selesai kunjungan atau berwisata selalu membeli barang ataupun makanan yang khas supaya mereka pulang tidak dengan tangan kosong.

Yuk intip apa saja rekomendasi makanan khas Jogja yang wajib kita bawa pulang sebagai tanda cindera mata.

1. Jadah tempe

Advertisement

Selain gudeg, jadah tempe juga termasuk kuliner atau makanan khas Yogyakarta, karena makanan ini salah satu makanan legendaris yang sudah lama diminati oleh kalangan zaman dahulu. Jadah ini terbuat dari ketan yang dicampur dengan santan sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan dipadukan dengan tempe yang telah di olah dengan gula jawa dan kecap sehingga menghsilkan citarasa yang manis, tempe ini biasanya disebut dengan tempe bacem.

2. Bakpia pathuk

Bakpia pathuk adalah makanan khas Yogyakarta juga yang sangat diminati oleh semua kalangan, karena rasa manis dari kacang hijau dan juga rasa gurih dibagian luarnya. Makanan ini sering di jumpai di pusat oleh oleh Yogyakarta.

Seiring berkembangnya waktu, bakpia pathuk ini mengalami revolusi dan inovasi, sehingga membuat para penikmat bakpia merasa puas dengan rasa dan varian baru, seperti bakpia dengan isi ketela ungu, keju, coklat dan masih banyak lagi.

Advertisement

3. Yangko

Yangko adalah makanan khas yang bertekstur lembut, kenyal dan juga manis. Ini biasanya di temukan dipusat oleh-oleh. Sejak awal kemunculan yangko ini dapat ditandai dengan bentuknya yang persegi dengan taburan tepung yang selalu melekat di setiap sisinya.

4. Cenil

Makanan yang satu ini sangat tradisional banget, dengan cara pengolahannya yang tidak terlalu rumit, kuliner ini sangat digemari oleh masyarakat Jogja, ini juga salah satu oleh-oleh yang wajib untuk di coba. Cenil ini makanan yang terbuat dari tepung dengan pewarna alami yang dapat menarik mata pembeli dan juga toping dengan parutan kelapa dengan gula pasir. Dijamin siapapun yang merasakan makanan tradisional ini akan nagih.

5. Geplak

Geplak, olahan dari kelapa parut dengan campuran tepung dan gula yang kemudian menghasilkan makanan yang manis dan enak ini juga termasuk makanan yang digemari. Tidak sedikit wisatawan yang ingin membelinya karena di balut dengan warna yang menarik perhatian.

Advertisement

6. Coklat monggo

Makanan satu ini adalah makanan yang terbilang masih baru, karena kemunculan coklat monggo ini belum banyak yang tahu. Ada banyak varian rasa yang dapat dipilih.

7. Nasi tiwul

Nasi tiwul ini makanan dari Yogyakarta, namun lebih tepatnya berada di Gunung Kidul. Nasi tiwul ini bahan utamanya adalah singkong yang telah dikeringkan (gaplek), ini merupakan makanan pokok masyarakat Gunung Kidul. Dahulu makanan ini dapat diidentikkan sebagai makanan rakyat miskin.

Namun serirng berjalannya waktu, makanan ini malah sangat dicari dan menjadi kuliner yang sangat diminati. Perlu di ketahui, makan nasi tiwul ini akan sangat nikmat apabila di makan dalam keadaan panas atau setelah diangkat dari kukusan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE