Siapa yang lupa sama barang-barang di bawah ini? Masa kecil anak-anak tahun ’90 sampai 2000-an kenal dekat dengan barang-barang ini.

Meskipun jadul, masih banyak orang yang berminat dengan mainan ini di jaman sekarang, Kolektor maupun penggemar barang-barang jadul di masa lampau ini yang merindukan mainan-mainan ini.

Berikut beberapa list mainan apa saja yang dulu pernah “hits” di jamannya. Gak pernah punya? Kalian bukan anak keren di jaman ini... :p

1. Tamiya

Saat itu di TV Nasional masih banyak siaran anime daripada sinetron seperti sekarang ini. Dulu Tamiya ini salah satu yang “hits“ di Indonesia. Sangat mudah untuk mencari barang ini hingga saat ini, karena para pecinta Tamiya masih terus dan terus ada dari generasi ke generasi. Sensasi balapan dan bongkar pasang Tamiya ini yang bikin kita rindu sama mainan yang satu ini .

2. Crush Gear

Crush Gear via http://Google.com

Begitu juga mainan yang satu ini. Film Anime nya juga pernah tayang di TV Indonesia dan menjadi “hits” di kalangan anak-anak saat itu. Crush Gear juga menjadi saingan Tamiya, namun setahu saya saat ini Club pecinta mainan yang satu ini masih sedikit dan kurang berkembang. Tidak susah mencari barang ini, bahkan di toko Online masih ada yang menjual mainan ini

3. Beyblade

Advertisement

Beyblade via http://google.com

Beyblade adalah mainan gasing jika versi Indonesia-nya, kalau kalian selama ini tau mainan gasing yang terbuat dari bambu dan di tarik menggunakan tali, saat itu ada versi keren nya yaitu beyblade ini. Cara memainkan nya sudah sedikit modern saat itu. Ada tempat (Arena) tersendiri saat bertanding, seperti stadion mini berbahan plastik.

4. Tamagochi

Tamagochi via http://google.com

Mainan ini adalah mainan favorit saya, bagaimana tidak, mainan ini bisa di mainkan untuk anak perempuan maupun laki-laki. Cara mainnya pun mudah dan seru. Kita tinggal memilih hewan virtual yang ingin kita pelihara lalu memberi makan dan bermain, tentu dengan cara virtual. Lalu bisa juga kita tanding kan dengan lawan kita (biasanya Tamagochi versi Digivice). Selain mudah… mainan ini juga minimalis dan bisa dibawa ke mana-mana.

5. Boneka Kertas

Boneka Kertas via http://google.com

Kalau versi kerennya sih Barbie yang bisa diganti-ganti bajunya dan ditambah perabotan rumah. Namun bagi kita saat itu membeli satu barbie saja kemahalan untuk kantong anak SD. nah ini adalah mainan keren versi Kantong anak SD dan TK yang suka mainan boneka-boneka'an. Sangat sederhana memang tapi serunya main boneka kertas bareng teman gak bisa dipandang remeh. Tapi hati-hati yah kalau main salah dikit bisa copot kepalanya. Hehehe…

6. Kartu Kertas

“toss…ayo toss…” via http://google.com

Kartu ini ada banyak macam nya dan masih jadi “hits” sampai sekarang. Tapi kali ini yang saya bahas adalah kartu kertas biasa yang murah dan cara main nya dengan “plek-plekan" (saling tos tangan/high five). Mereka yang kertasnya jatuh tertutup adalah yang kalah dan membayar sejumlah kartu ke teman nya. Mainan ini gak bakal ada bosennya dan serunya gak bisa ditandingin sama gadget apapun

7. Mp3 Player

Mp3 Player via http://google.com

Di jaman ini Ipod sudah ada dan jelas kita-kita yang berkantong pelajar/pas-pas an gak semudah itu beli Ipod yang mahal. Beruntung ada versi murahnya, yaitu Mp3 player ini. Saat itu harganya tidak mahal, bahkan di jaman ini Mp3 player bisa didapat dengan harga murah meriah dan sudah banyak berbagai model.

8. Kelereng

Kelereng via http://google.com

Kalau dengar mainan yang satu ini tentu semua kalangan tau apa itu kelereng. Kelereng mainan legendaris yang tidak pernah padam dimakan jaman. Hanya saja yang memainkannya sekarang tidak seramai dulu.

9. Boneka Hawaii

Boneka Hawaii via http://google.com

Ada yang tahu boneka ini? Boneka dengan rok warna warni bernuansa Hawai ini “hits” di jamannya. Yang gak pernah punya ini kalian bisa lihat di toko-toko mainan jika kalian beruntung. Kalau di kota saya masih ada tapi Cuma sedikit toko yang menjualnya, bahkan ada yang sudah berdebu tak terjual karena kalah dengan boneka-boneka keren saat ini. Boneka yang satu ini dapat menyanyi dan menggoyangkan pinggulnya saat dinyalakan. Almh. Nenek buyut saya pun sangat suka dengan mainan yang satu ini.

10. Sepatu ber-Roda

“ngeeeeng….” via http://google.com

Si boy juga pake sepatu roda tapi bukan roda 4 ya, eitss.. bukan si boy yang itu ya, tapi si boy yang pake sepatu roda dan suka mengunyah permen karet. Kalau sepatu roda yang ini untuk anak-anak. Jika kalian yang pernah punya dan pake saat sekolah kalian bener-bener keren dan anak “hits” saat itu .

11. Bekel

Dulu mainan ini masih banyak digandrungi anak-anak. Namun sekarang sudah sedikit anak yang bisa memainkannya. Memang sedikit susah memainkannya tapi seru dan gokil. Untuk mereka yang sudah lihai memainkan permainan ini bisa sangat gampang, tapi saat kalah mereka akan mereasa geregatan sekali sekaligus merasa bangga karena sudah jauh melewati teman-teman mereka yang tertinggal.

Dan masih banyak lagi barang “hits” jadul yang belum saya tulis di sini. Jadul sih memang… tapi kenangan yang diberikan dan bahagia yang didapat tidak bisa menandingi jaman modern saat ini, di mana anak kecil sekarang lebih suka bermain gadget dari pada harus keluar berkumpul dengan teman sebayanya.