Buat Kamu Pendengar Musik Korea, Kamu Perlu Tahu Musisi dari Genre Korea yang Satu Ini!

Tidak hanya K-Pop saja, genre musik ini juga perlu masuk ke dalam daftar playlist mu!

Tahun 2021 merupakan awal tahun baru yang membuat semua berharap agar pandemi cepat selesai. Namun, teman-teman pasti sudah mulai bosan karena beraktifitas di rumah dan membutuhkan hiburan di kala pandemi yang masih berlanjut. Untuk melakukan aktifitas di rumah tentu kurang lengkap tanpa adanya iringan musik. Bicara soal musik, K-Pop merupakan genre musik yang paling banyak diminati nih khususnya untuk kawula muda saat ini. Namun, pada kesempatan kali ini aku akan membahas subgenre dari K-Pop itu sendiri yaitu Korean Hip Hop atau biasa disebut K-HipHop. 

Korean Hip-Hop atau biasa disebut K-HipHop yang berasal dari Korea Selatan ini ternyata muncul sejak akhir 1980-1990. Lagu-lagu K-HipHop sangat terkenal di Korea Selatan maupun di negara lainnya karena memiliki gaya lagu yang baru dan unik untuk pendengarnya. Buat kamu yang belum tahu tentang K-HipHop, berikut rekomendasi rapper-rapper asal Korea Selatan beserta lagu-lagu yang fresh dan menarik dari genre K-HipHop itu sendiri. Yuk langsung saja kita simak di bawah ini!

Advertisement

1. Jay Park

Photo by Eduardo Baptista on South China Morning Post

Photo by Eduardo Baptista on South China Morning Post via https://www.scmp.com

Untuk penyuka K-HipHop, siapa sih yang gak tau Jay Park? Bagi yang belum mengenalnya, Jay Park adalah salah satu rapper paling berpengaruh di Korea Selatan. Mantan anggota 2PM ini dapat mematahkan stereotip bahwa industri hip-hop tidak dapat berkembang di Korea Selatan. Jay Park juga dikenal sebagai juri dari ajang pencarian bakat, Asia’s Got Talent. Saat ini, Jay Park telah memiliki dua agensi hip-hop yaitu AOMG dan H1ghr Music yang menaungi banyak rapper, penyanyi, dan composer seperti Gray, Loco, Sik-K, Code Kunst dan masih banyak lagi. Lagu-lagu Jay Park yang dapat kamu mulai dengarkan adalah All I Wanna Do, Me Like Yuh, YACHT, dan Iffy. Lagu-lagu ini dapat kamu nikmati untuk para pemula yang menyukai K-HipHop karena beat yang catchy dan banyaknya lirik bahasa Inggris yang mudah didengar.

2. Giriboy

Photo by @giriboy91 on Instagram

Photo by @giriboy91 on Instagram via https://www.instagram.com

Nama Giriboy mungkin terdengar asing bagi sebagian orang khusunya fans K-HipHop sendiri. Giriboy mulai melejit di tahun 2018 padahal ia telah memulai karirnya di tahun 2011. Giriboy adalah kontestan dari Show Me the Money 3 pada tahun 2014. Nama Giriboy pun mulai dikenal di publik karena kemunculannya dalam beberapa ajang pencarian bakat rapper sebagai juri dan ia juga seringkali berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi lainnya sebagai rapper.

Advertisement

Giriboy juga dikenal sebagai produser music yang handal karena ia membuat lagu-lagu yang easy listening dan dinyanyikan oleh penyanyi terkenal. Saat ini, Giriboy adalah co-CEO dari WEDAPLUGG Records yang merupakan label saudara dari Just Music yang dimiliki oleh Swings. Lagu-lagu yang dapat mulai dinikmati dari Giriboy adalah Hogu, flex, dan What’s Wrong.

3. Zico

Photo by @woozico0914 on Instagram

Photo by @woozico0914 on Instagram via https://www.instagram.com

Bagi K-popers, nama Zico pasti tidak asing didengar karena ia merupakan leader dari boyband Korea, Block B yang debut pada tahun 2011. Sejak dulu, Zico memang dikenal sebagai idol rapper di Block B tetapi ia tidak begitu dikenal sebagai rapper di dunia K-HipHop. Sampai pada tahun 2014, Zico mulai membuktikan dirinya sebagai rapper dengan debutnya.

Advertisement

Zico dikenal karena keterampilan crossovernya dalam kancah hip hop Korea, mempertahankan reputasi sebagai rapper underground bersama dengan daya tarik mainstream sebagai idola. Dia adalah produser rekaman musik K-pop dan hip hop Korea. Saat ini, ia telah membangun label musiknya sendiri bernama KOZ Entertainment yang menaungi penyanyi DVWN.

Lagu-lagu yang dihasilkan Zico dikenal selalu memuncaki tangga lagu dan saat ini ia sudah memproduksi hingga 150 lagu. Lagu-lagu yang dapat dinikmati dari Zico adalah Any Song, Okey Dokey, Soulmate, dan She’s a Baby.

4. Jessi

Photo by @jessicah_o on Instagram

Photo by @jessicah_o on Instagram via https://www.instagram.com

Jessi adalah seorang penyanyi dan rapper Korea-Amerika yang mulai dikenal sejak mengikuti Unpretty Rapstar, yaitu lomba antar rapper wanita di Korea Selatan. Jessi sudah memulai karirnya sejak tahun 2003. Namun, namanya belum dikenal oleh publik Korea karena Jessi memiliki impresi sebagai wanita bergaya kebarat-baratan dengan kulit yang lebih gelap dibandingkan wanita Korea Selatan lainnya.

Saat ini, Jessi mulai dikenal oleh publik karena kemunculannya di berbagai acara TV dan ia juga baru saja merilis lagu yang menarik perhatian banyak orang. Lagu-lagu Jessi memiliki daya tarik yang unik dengan suara husky yang khas dan tarian yang mudah untuk diikuti seperti Nunu Nana, Who Dat B, dan Gucci.

5. Haon

Photo by Jung Hui Chan on OneDayOne Magazine

Photo by Jung Hui Chan on OneDayOne Magazine via https://vk.com

Rapper kelahiran 2000 ini dikenal semenjak menjuarai High School Rapper 2, kontes rapper antar SMA di Korea Selatan. Haon memiliki keunikan dan daya tarik dalam gaya rapnya yang membuat namanya melejit meskipun ia hanya muncul sekali dua kali di media. Berkat kemenangan dan gaya rap yang unik, Haon langsung ditarik oleh Jay Park sebagai rapper di agensi musik miliknya yaitu H1ghr Music. Lagu-lagu Haon memiliki gaya yang fresh dan lebih dinikmati oleh kalangan muda karena lirik lagu yang relateable untuk kalangan seusianya seperti NOAH, Boong Boong, Barcode dan Flower (꽃).

Nah teman-teman, itu dia rapper Korea Selatan yang memuncaki industri K-HipHop yang perlu kalian ketahui. Nama mereka dikenal dengan alasan yaitu musik yang dihasilkan tidak pernah mengecewakan telinga fans K-HipHop. Apakah kamu sudah pernah mendengar lagu-lagu diatas? Atau baru mulai tertarik mendengar K-HipHop?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE