Buat Kamu yang Baru Pertama Kali Mendaki Nggak Usah Ragu! Ini Dia Beberapa Tips Mendaki untuk Pemula

Pendakian asik

Mendaki, pasti kalian tidak asing dengan kata yang sering muncul di ucapan seseorang saat sedang bercerita tentang kenangan di perjalanan alamnya. Pendakian adalah salah satu aktifitas yang di gandrungi banyak orang dengan penawaran dan tantangan terlebih bagi para pemula yang belum sama sekali merasakan keindahan alam yang sebenarnya. Nah lalu apa saja yang harus dipersiapkan atau di pelajari oleh pendaki sebelum melalukan pendakian, berikut adalah tips yangkan membuat pendakianmu menyenangkan :

Advertisement

1. Kesiapan fisik dan mental

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Fisik merupakan salah satu bagian terpenting dari berbagai aktifitas termasuk juga kesiapan dalam pendakian, melakukan persiapan dan pemeriksaan fisik menjadi hal penentu dalam kesiapan mental seseorang sebelum menghadapi tantangan di alam lepas, karena terkadang terjadi hal-hal yang tidak terduga terlebih sulit dipreksidinya lingkungan alam sekitar. Berikut merupakan latihan fisik yang dapat dilakukan sebelum melakukan pendakian : pertama, kita harus melakukan latihan dibagian kaki dan lutut, karena bagian kaki adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan, kita bisa melakukanya dengan jogging atau lari-lari kecil dengan teratur agar kaki juga bisa mengmondisikan keadaan sekitar saat pendakian. Kedua, latihan bahu tangan atau bisa juga dengan melakukan push up. Ketiga, melatih otot perut dengan cara backup berulang kali sekuat fisik kita.

2. Survival sains

Photo by Baihaki Hine from Pexels

Photo by Baihaki Hine from Pexels via https://www.pexels.com

Pengetahuan tentunya sudah melekat pada diri setiap seseorang, tetapi dalam pendakian tentunya kita harus mempersiapkan benar-benar tentang alam yang nantinya akan kita temani selama perjalanan di rute pendakian. Menyiapkan diri sudah jadi patokan terpenting dalam melakukan perjalanan, tetapi menyiapkan pengetahuan harus juga dilakukan agar nantinya kita bisa berteman dan tau tentang keadaan alam yang belum tentu akan baik atau bahkan menjadi buruk alamnya saat kita mendaki. Ilmu survival dapat dipelajari melalui referensi buku yang tersedia maupun melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar. Atau bisa juga kita bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman dalam hal ini.

Advertisement

3. Mempersiapkan peratan pendakian

Foto by Wagers.Id

Foto by Wagers.Id via https://images.app.goo.gl

Alat pendakian sangat diperlukan bukan hanya menjadi barang bawaan tetapi juga sebagai upaya perlindungan diri di perjalanan dari berbagai hambatan dan ancaman saat melakukan pendakian. Banyak peralatan yang harus dipersiapkan sebelum kita melakukan pendakian, berikut beberapa alat atau barang bawaan yang harus kita persiapkan : seperti tenda mencukupi kapasitas sesuai dengan banyaknya orang, matras, sleeping bag, kompor portable, gas portable, peralatan masak lengkap, tas sesuai barang bawaan, obat-obatan pribadi, dan alat keamanan diri.

4. Memahami teknik pendakian

Photo by Athul Roy from Pexels

Photo by Athul Roy from Pexels via https://www.pexels.com

Dalam perjalanan pendakian yang akan kita lakukan, terlebih kita harus tau rute yang kita lewati, dan terkadang rute atau jalur yang kuta lewati curam, bergelombang, licin dan sebagainya. Sehingga memerlukan teknik dalam menapakan kaki di jalur pendakian, maka berikut trik yang dapat dilakukan ketika menemui jalur yang sulit untuk dilewati : pertama, jalur curam atau tanjakan yang lumayan tinggi, kita harus menguatkan lutut kita dan telapak kaki sebagai penopang agar kita tidak terbalik saat jalan ke atas. Kedua, saat jalan licin kita dapat mengandalkan tongkat bantu dan kita juga bisa memilah jalan yang tidak terlalu licin saat dilewati. Ketiga, di saat kita melewati turunan yang lumayan curam, kita harus menguatkan lutut kaki sebagai tenaga dan penopang tubuh kita, dan juga telapak kaki agar kita tidak terpeleset dijalur yang licin.

5. Menikmati alam dengan hati yang riang

Photo by Nina Uhlíková from Pexels

Photo by Nina Uhlíková from Pexels via http://hhttps

Kita sebagai pendaki tentunya tidak melulu berpacu kepada perjalanan yang monoton dan dirasa kurang menarik, sebagai pendaki saat melakukan pendakian tentunya hati juga harus gembira dan senang agar capek yang kita rasakan bisa terbayar dengan keindahan alam karena kita sendiri bisa menikmatinya. Dan tidak hanya kita berpacu kepada keindahan puncak gunung tetapi juga harus berteman alam sekitar kita saat perjalanan menuju ke puncak. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE