Sebagai generasi milenial yang melek akan teknologi dan memiliki gaya hidup yang dinamis, sayangnya terdapat para milenial yang terkadang tidak bijak dalam mengatur keuangan mereka. Di generasi yang lebih maju seperti sekarang ini banyak dari kita para milenial yang kurang bijak dalam mengatur keuangan. Ditambah lagi, semakin berkembangnya teknologi banyak dari para milenial yang menghabiskan uangnya hanya untuk bermain game.

Nah, buat kamu para milenial berhemat itu nggak susah kok! Mungkin kamu ragu untuk mencoba berhemat karena berpikir gaya hidup ini banyak tantangannya. Eits, faktanya berhemat nggak sesusah  itu kok, tapi nggak mustahil untuk kamu lakukan. Sebelum mempelajari cara berhemat sebaiknya kamu menyiapkan niat dan komitmen untuk memulai gaya hidup ini. Yuk simak beberapa tips berhemat di era milenial.

1. Utamakan membeli barang kebutuhan

Nah, cara berhemat yang pertama yaitu tutup mata. Di sini kamu harus bosa menahan apapun kebutuhan yang tidak terlalu penting untuk dibeli. Sebelum membeli suatu barang kamu harus benar-benar memikirkan apakah barang yang akan kamu beli memang penting atau tidak.

2. Tabung uang receh

Advertisement

Uang receh dari kembalian belanja dan lainnya sebaiknya ditabung. Meski terlihat sepele, mulai sekarang kamu bisa kumpulkan uang receh kembalian dari belanja untuk ditabung dan kamu bisa mengumpulkan uang tersebut ditoples, kemudian kamu bisa letakkan toples tersebut di kamar.

3. Hilangkan pengeluaran yang tidak penting

Foto pengeluaran yang tidak penting

Foto pengeluaran yang tidak penting via https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Hidup hemat merupakan cara terbaik bagi keuanganmu. Pastikan kamu bergaya sesuai kemampuan akan terhindar dari masalah keuangan. Hapuskan saja pengeluaran yang gak penting ataupun yang masih bisa ditunda. Saatnya kamu bisa kurangi kegiatan tersebut dan lihatlah berapa uang yang dapat kamu kumpulkan, jika kebiasaan tidak sehat bisa kamu hilangkan, kamu nggak hanya bertambah sehat tapi juga lebih banyak menyimpan uang.

4. Ajak teman kamu jika ingin menyewa rumah

Foto sewa rumah dengan teman

Foto sewa rumah dengan teman via https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Buat kamu para mahasiswa yang tinggal jauh dari rumah, sebaiknya kamu tidak tinggal sendirian, kamu bisa ajak beberapa temanmu untuk menyewa satu rumah yang sekiranya dekat dengan perkuliahanmu. Dengan begitu kamu bisa lebih hemat, nggak hanya hemat uang bayar sewa rumah, tetapi juga hemat biaya ongkos ketika kamu mau kuliah.

5. Jaga kesehatan, sakit itu mahal

Foto menjaga kesehatan

Foto menjaga kesehatan via https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Advertisement

Menjaga kesehatan sangatlah penting agar kamu tidak mudah jatuh sakit, apalagi biaya yang harus di keluarkan bisa menguras dompet dan buku tabungan kamu. Oleh karena itu, sebagai milenial yang cerdas kamu harus rajin olahraga, minum air putih, dan makan makanan yang sehat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya