Buat Para Mahasiswa, Coba 5 Hal Ini Supaya Mendapatkan IPK yang Tinggi

Memiliki IPK yang tinggi? Siapa sih yang nggak mau?

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang tinggi, pasti semua mahasiswa ingin mendapatkannya. IPK yang tinggi tidak didapat dari usaha belajar yang biasa-biasa saja, tetapi itu didapat dari kesungguhan dalam belajar selama kuliah. Memang untuk mendapatkan nilai IPK tinggi itu susah, tetapi kalau kita belajar dengan serius tentu kita akan bisa mendapatkannya.

Memang IPK yang tinggi hanyalah formalitas dalam mencari pekerjaan, tetapi kita tidak boleh meremehkannya walaupun kita mempunyai skill yang memadai. Alangkah baiknya jika kita memiliki nilai IPK yang tinggi juga dibarengi dengan tingkat skill yang tinggi juga.

Terdapat 5 cara supaya kita bisa mendapatkan nilai IPK yang tinggi, diantaranya yaitu:

Advertisement

1. Belajar Setiap Hari

Photo by Timothy Eberly on Unsplash

Photo by Timothy Eberly on Unsplash via https://unsplash.com

Belajar merupakan cara paling efektif untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi. Dengan belajar kita bisa mendapatkan ilmu yang banyak. Belajar bukan hanya dilakukan di dalam kampus saja, tetapi kita bisa belajar di luar kampus dengan mengikuti seminar, organisasi, dan lain-lain. Kita juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi yaitu belajar menggunakan smartphone, kita juga bisa memanfaatkan google dan youtube untuk menambah ilmu pengetahuan kita. 

2. Tunjukkan yang Terbaik saat Presentasi

Photo by Product School on Unsplash

Photo by Product School on Unsplash via https://unsplash.com

Presentasi di depan kelas bukanlah hal asing bagi mahasiswa. Hampir setiap pertemuan pasti ada beberapa mahasiswa yang disuruh untuk melakukan presentasi. Saat kita ditunjuk untuk melakukan presentasi, maka kita harus mempersiapkan dan memahami materi yang telah diberikan oleh dosen. Apabila kita sudah memahami materi maka kita harus menyampaikan materi tersebut dengan jelas kepada mahasiswa lain. Semakin jelas kita menyampaikan materi saat presentasi, maka dosen juga akan memberikan nilai tinggi sesuai dengan apa yang kita presentasikan. Apabila nilai presentasi kita tinggi maka akan berpengaruh terhadap tingginya nilai IPK yang akan kita dapatkan.

Advertisement

3. Selalu Aktif Selama Kelas Berlangsung

Photo by Wonderlane on Unsplash

Photo by Wonderlane on Unsplash via https://unsplash.com

Kebanyakan mahasiswa lebih memilih diam setelah kegiatan presentasi selesai. Banyak yang takut untuk bertanya tentang sesuatu yang kurang dipahaminya. Padahal aktif saat kelas sedang berlangsung merupakan hal yang penting. Kita bisa mengajukan pertanyaan sehingga kita bisa mengetahui jawabannya. Bukan hanya itu, dengan kita aktif di dalam kelas maka kita akan mendapatkan penilaian tersendiri dari dosen. Dosen akan mudah mengingat nama kita sehingga kita bisa memiliki nilai plus tersendiri dibandingkan mahasiswa lain.

4. Fokus Terhadap Mata Kuliah yang Memiliki SKS yang Banyak

Photo by Veri Ivanova on Unsplash

Photo by Veri Ivanova on Unsplash via https://unsplash.com

SKS adalah Satuan Kredit Semester. Setiap mata kuliah memiliki rata-rata SKS sebanyak 2-3 SKS, tetapi ada juga mata kuliah yang memiliki 6 SKS setiap sekali pertemuan. Menurut pengetahuan saya bahwa semakin banyak SKS di mata kuliah maka nilai dari mata kuliah itu akan menyumbang poin besar dalam IPK kita. Jadi, kita harus memaksimalkan mata kuliah yang memiliki SKS yang banyak, tetapi kita juga tidak boleh meremehkan mata kuliah yang SKS nya sedikit. 

5. Jangan Mengikuti Organisasi dalam Jumlah Banyak

Photo by Dieu Huyen Hoang on Unsplash

Photo by Dieu Huyen Hoang on Unsplash via https://unsplash.com

Di dalam dunia kampus pasti terdapat berbagai macam organisasi yang berdiri di dalamnya. Tujuan dari adanya organisasi adalah supaya kita bisa mengembangkan minat dan bakat kita. Saat kita mengikuti organisasi pasti kita sering melakukan rapat rutin. Kita tidak boleh mengikuti organisasi dalam jumlah banyak. Semakin banyak organisasi yang kita ikuti maka semakin banyak juga acara rapat yang harus kita hadiri, ini akan berakibat pada susahnya kita dalam membagi waktu. Kita harus mengikuti beberapa organisasi saja mungkin 1-2 organisasi saja sudah cukup. Dengan begini kita tidak akan mengalami kesulitan dalam membagi waktu, dan kita bisa belajar lebih banyak dengan waktu yang ada. Karena prioritas utama kita saat kuliah yaitu belajar atau mencari ilmu dan mendapatkan IPK yang tinggi. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah UINSA Surabaya

CLOSE