Sejak memiliki teman, mulai dari teman sepermainan ataupun teman seprofesi maupun teman satu instansi, manusia selalu memiliki kecenderungan untuk berkumpul dengan teman yang dianggap satu pemikiran maupun satu kebiasaaan. Kelompok tersebut dapat dilihat dari geng yang pernah kita bentuk semasa kita sekolah maupun saat sudah berkiprah di luar sekolah.

Namun ternyata tidak semua orang dapat masuk ke sebuah geng atau perkumpulan, mereka memiliki kecenderungan untuk sendirian disebabkan dengan berbagai alasan. Mulai dari tidak satu pemikiran, atau memang nyaman sendirian maupun ingin menjaga kenetralan. Dan memilih untuk sendirian ternyata memiliki berbagai keuntungan berikut.

 

1. Orang yang suka sendiri cenderung lebih mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain

Foto anak mandiri

Foto anak mandiri via http://www.pasarsemarang.com

Karena kemanapun selalu sendirian maka orang yang seperti ini akan bersifat lebih mandiri dalam menghadapi berbagai persoalan dan tidak bergantung kepada orang lain. Berbeda dengan orang yang selalu berkumpul atau nge-geng, kalau ada apa-apa orang tersebut selalu mengadu atau meminta bantuan ke teman satu gengnya.

2. Karena mandiri, kemana mana sendiri maka lebih memiliki rasa percaya diri

Cara meningkatkan rasa percaya diri

Cara meningkatkan rasa percaya diri via http://aryadi56.blogspot.co.id

Karena terbiasa menghadapi persoalan secara mandiri maka orang tersebut secara otomatis memiliki rasa percaya diri. Berbeda dengan orang yang selalu bersama di kelompoknya yang selalu meminta dukungan atau bantuan, sehingga kurang memiliki rasa percaya diri dalam menyelesaikan sebuah persoalan.

3. Orang yang suka sendirian tidak mudah ikut-ikutan dan lebih memiliki pendirian

Orang berpendirian kuat

Orang berpendirian kuat via http://mrinspirasi.blogspot.co.id

Orang yang selalu sendirian cenderung lebih memiliki pendirian karena tidak gampang terpengaruh apalagi ikut-ikutan dengan ajakan teman. Sebab orang yang berkelompok kebanyakan mengambil keputusan dikarenakan pengaruh atau ajakan dari teman-teman.

4. Sendirian membuat lebih leluasa dalam berkawan dan memiliki banyak teman

banyak teman

banyak teman via http://blog.umy.ac.id

Karena tidak terikat dengan sebuah kelompok dan perkumpulan, maka orang-orang yang selalu sendirian lebih leluasa dalam berkawan dan memilih-milih teman, sehingga lebih memiliki banyak teman. Orang yang terbiasa sendirian tidak takut memilih teman karena tidak ada yang menekannya ketika memilih berteman dengan salah satu kawan.

5. Orang yang terbiasa sendirian mudah beradaptasi di mana saja

Banyak teman

Banyak teman via http://ninaardianti.com

Karena bersifat mandiri lalu memiliki rasa percaya diri, serta tidak mudah ikut-ikutan teman dan memiliki pendirian dalam menghadapi persoalan kehidupan sehari-hari, maka orang yang terbiasa sendirian akan mudah beradaptasi di manapun dia berada.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya