Kalian punya hobi nongkrong di malam hari? Minuman apa saja yang kalian konsumsi? Alkohol? Jika iya, It's not a good choice, guys. Why? Karena masih banyak minuman khas Indonesia yang sudah ada dari jaman nenek moyang kita dan tentunya lebih bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, harganya juga terjangkau dan mudah didapat baik di cafe, angkringan, warung, dll.

"Itu kan minuman jaman nenek moyang, gak gaul kalo sekarang minum begituan."

"Astaga, nggak dewasa banget sih lo. Jaman sekarang masih mikir gaul apa nggak, yang penting tuh sehat." Loh mau dibilang gaul tapi sakit-sakitan???

"Ya enggak lah"

"Yaudah, selagi mudah jaga kesehatan biar jadi investasi di masa tua nanti"

1. Wedang Jahe

Wedang Jahe via http://www.sehat99.com

Siapa nih yang nggak kenal sama minuman yang satu ini? Yap, wedang jahe. Kalo ditanya manfaatnya, nggak usah diragukan lagi, banyak banget dari mencegah masalah pencernaan, mengobati demam dan bagi kalian yang sedang menjalani program diet bisa juga nih wedang jahe dimasukkan ke dalam list untuk diet. Sambil nongkrong dan ngobrol sama teman, minumnya wedang jahe yang masih anget, duh dijamin mantap abis guys. Oh iya, pembuatan wedang jahe sangat mudah dan bisa dicoba kalo lagi di rumah yaitu cukup menambahkan jahe yang sudah digepuk dan ditambah dengan gula secukupnya lalu diseduh deh dengan air hangat.

2. Wedang Ronde

Minuman yang satu ini juga tidak terlepas dari jahe hanya saja komposisinya lebih banyak bahannya, yaitu kolang-kaling, kacang, roti tawar yang dipotong bentuk dadu, dan ronde (bentuknya seperti kelereng yang berisi kacang dan terbuat dari tepung ketan). Minuman ini sangat cocok untuk suasana malam yang dingin karena menghangatkan tubuh, mencegah masuk angin, meningkatkan stamina dan imunitas tubuh karena di dalam wedang wonde terdapat bahan jahe dan rempah serai. Paket komplit guys, dijamin enaaak.

3. STMJ

Advertisement

Minuman berikutnya adalah STMJ atau singkatan dari susu, telur, madu, jahe. STMJ pada umumunya dikonsumsi para kaum laki-laki untuk meningkatkan stamina meskipun tidak sedikit juga dikonsumsi oleh para perempuan. Bagi kalian yang tidak menyukai bau amis dari telur, jangan khawatir karena bau amisnya hilang karena sudah ditambahkan jahe didalamnya. Oh iya, menurut pakar herbal dr Abrijanto dalam berita Kompas mengatakan untuk telur akan lebih baik jika dikonsumsi setengah matang.

4. Wedang Cor

WEDANG COR via http://www.satujam.com

Apa yang ada di benak kalian saat mendengar nama minuman yang satu ini? Aneh pastinya karena ketika mendengar namanya yang terlintas adalah cor bangunan. Tapi yang satu ini nama minuman yang sering ditemukan di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Bagi yang domisili Jember pasti tidak asing dengan minuman ini dan bagi kalian yang belum tahu minuman yang satu ini bisa dicoba saat berkunjung ke Jember atau bereksperimen menjadi chef bikin wedang cor sendiri dirumah. Minuman ini masih berbahan dasar jahe hanya saja ditambah susu dan tape ketan hitam.

5. Angsle

Sekilas mirip dengan wedang ronde, mungkin karena penampilan dan komposisi bahannya yang sama-sama bervariasi. Jika diamati lebih dekat keduanya berbeda dari kuahnya, untuk kuah wedang ronde berbahan dasar jahe saja sedangkan untuk kuah angsle terbuat dari santan dan jahe. Bagi kalian yang menyukai santan, bisa dicoba nih minuman yang satu ini. Selain santan dan jahe, komposisi lainnya yaitu mutiara, potongan roti tawar, kacang dan ketan putih.

6. Susu Jahe

Pada umunya kalau mengkonsumsi susu ya gitu-gitu saja, tapi kalo ditambah jahe yakin deh tambah maknyus. Susu jahe saat diminum bikin hangat ke badan dan merupakan pilihan tepat untuk suasana dingin ditambah lagi jika diminum sebelum tidur, dijamin langsung tidur deh. Cara membuatnya juga mudah, dimulai dari merebus jahe dengan air sampai mendidih kemudian menyaringnya dan menambahkan susu kental atau susu bubuk dan gula. Siap deh disajikan.

7. Kopi Jahe

Bagi kalian pencinta kopi, jangan khawatir karena kalo ada susu jahe maka pasti ada kopi jahe. Untuk cara membuatnya sangat mudah cukup dengan merebus air dan jahe hingga mendidih setelah itu masukkan kopi dan gula kemudian disaring dan kopi jahe bisa langsung disajikan.

Dari ketujuh minuman yang diatas yang mana nih yang sudah pernah dicobain? Atau jangan-jangan kalian belum pernah nyobain. Wah,bisa-bisa nyesel kalo gak pernah nyobain minuman tradisional ini. Dibanding alkohol, selain gak sehat dan pastinya menguras kantong dompetmu, mending ini nih udah murah dan sehat lagi. Yakin gak mau nyoba?

Jika diperhatikan ketujuh minuman diatas tidak terlepas dari yang namanya jahe. Bagi yang tidak suka jahe mending belajar untuk menyukai jahe deh karena manfaatnya sangat banyak, guys. Oh iya ada satu lagi nih bagi kalian yang muslim coba deh buka Surat Ad Dahr atau yang disebut juga Al Insan ayat 17 Allah SWT berfirman "Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe". Terlepas dari itu, memang tidak diragukan lagi manfaat dari jahe. Saat mengkonsumsi minuman diatas, kalian juga bisa menambahkan aneka gorengan seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng atau ketan. Yakin deh nggak acara nongkrongmu dijamin asyik. Selamat mencoba!