Pernah dengar daun mint? Rasanya jika di Indonesia kita lebih sering mendengar mint yang ada di permen, malah mungkin ada yang menyangka kalau mint itu sejenis permen. Nah, jadi sebenarnya mint atau mentha itu adalah sebuah genus yang terbaik menjadi 25 spesies tanaman. Tanaman mint ini biasanya banyak ditanam di Afrika, Amerika, Amerika Utara, Eropa dan Asia. Tanaman ini diambil daunnya untuk digunakan sebagai bahan baku minuman, makanan, pasta gigi, permen karet dan permen. Itulah mengapa banyak permen yang ngasih nama mint.

Nah kalau sudah cukup mengerti, berikut ini ada beberapa contoh dari banyaknya manfaat daun mint. Disimak baik-baik ya supaya wawasannya bertambah.

1. Mencegah serangan radikal bebas

Mint bisa melindungi tubuhmu dari radikal bebas via https://www.123rf.com

Banyak olahan daun mint dan salah satunya sebagai obat herbal. Daun mint ini bisa menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kronis seperti kanker misalnya. Nah pasti bertanya kenapa bisa menangkal penyakit sekelas kanker? Itu karena daun mint ini mempunyai antioksidan yang sangat efektif untuk menghilangkan dan menangkal radikal bebas yang menyerang sel tubuh, jadi tidak terkena kanker.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Daun mint juga bisa menghapuskan kolesteol jahat via https://www.health.harvard.edu

Sudah tahu kan kalau di dalam tubuh manusia ada kolesterol baik dan jahat. Nah yang jahat ini sudah pasti berbahaya bagi tubuh, dan harus dilenyapkan selamanya. Daun mint bisa mengatasi masalah kolesterol jahat di tubuh manusia karena berbagai kandungannya, terdapat vitamin, mineral serta serta yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

3. Untuk menyegarkan nafas

Advertisement

Segarkan nafasmu dengan daun mint via https://manfaat.co

Nah yang satu ini pasti kamu sudah sering dengar, karena banyak iklan pasta gigi atau permen mint yang katanya bisa menyegarkan nafas. Sebenarnya khasiat ini di dapat dari daun mint, karena berbagai kandungan yang bisa menyegarkan nafas seperti menthol acacete, menthol dan menthone.

4. Bisa menghilangkan rasa sakit

Daun mint juga berfungsi sebagai penghilang rasa sakit via https://aloha.com

Daun mint mempunyai kandungan minyak esensial serta menthol yang bisa berfungsi sebagai analgesik. Buat kamu yang belum tahu analgesik, itu adalah salah satu zat yang bisa meredakan rasa sakit pada bagian tubuh.

5. Mampu meredakan stres dan kelelahan

Hilangkan stresmu dengan mint via http://www.shakahariblog.com

Kamu lelah dan stres karena kerjaan kantor? Nah coba deh manfaatkan daun mint untuk menghilangkan semua beban itu. Sebab daun mint mengandung menthol dan berbagai minyak esensial seperti myrcene, linalool, lionene, caryophyllene, cineole, b-pinene, a-pinene dan carvone. Nama zatnya memang sulit dibaca, tapi fungsinya patut dicoba dikala kamu sedang stres masalah kerjaan atau cinta mungkin.

6. Bermanfaat untuk mata

Tidak kalah dengan wortel via https://www.youtube.com

Tidak hanya wortel yang memiliki kemampuan untuk menyehatkan mata, ternyata daun mint juga bisa melakukan hal itu loh. Daun mint juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kamu. Caranya kamu bisa menambahkan daun mint dalam makananmu.

7. Bisa digunakan sebagai aromaterapi

Pasti menenangkan rasanya via http://thenaturalpenguin.com

Tidak hanya dimanfaatkan untuk makanan ataupun minuman, daun mint juga bisa kamu buat sebagai aromaterapi. Banyak restoran yang menyajikan makanan dengan paduan daun mint untuk memberikan efek rileks pada konsumennya.

Beberapa khasiat dari daun mint ini semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kamu.