Bukan Cuma Gaji, 5 Hal Ini Juga Dicari Generasi Milenial Ketika Memilih Pekerjaan

Selain gaji ini 5 hal lain yang dicari milenial saat memilih pekerjaan

Apa sih faktor terpenting yang kamu pertimbangkan ketika memilih pekerjaan? Sebagian besar orang pasti banyak menyebut gaji sebagai prioritas utama. Ya realistis aja sih, bagaimanapun juga kita kerja tujuannya adalah membuat hidup lebih sejahtera, dan uang jadi salah satu komponen untuk mencapai tujuan tersebut.

Tapi selain gaji nih, generasi milenial juga punya beberapa kriteria lain yang dicari sebelum memilih pekerjaan atau memutuskan untuk bertahan di sebuah perusahaan. Berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, pesatnya perkembangan teknologi informasi membentuk pola pikir baru bagi milenial dalam menilai sebuah pekerjaan. Berikut ulasan terkait hal-hal yang dicari milenial dalam memilih pekerjaan.

Advertisement

1. Apresiasi terhadap kinerja

Photo by Pormezz via shutterstock

Photo by Pormezz via shutterstock via http://shutterstock.com

Penghargaan dan apresiasi dari sisi perusahaan terhadap karyawan milenial dianggap sebagai faktor penting yang mempengaruhi kepuasan kerja. Apresiasi tidak melulu berbentuk bonus maupun hadiah fisik. Pengakuan akan kinerja, ucapan selamat, dan pujian juga merupakan wujud apresiasi yang dibutuhkan pekerja milenial.

Lewat apresiasi, karyawan yang merasa puas akan termotivasi untuk berkontribusi lebih besar dan loyal. Ujung-ujungnya juga akan menguntungkan pihak perusahaan karena produktivitas yang meningkat.

Advertisement

2. Budaya kerja yang fleksibel

Photo by Pond Saksit via shutterstock

Photo by Pond Saksit via shutterstock via http://shutterstock.com

Survei PowWowNow terhadap generasi milenial, menemukan bahwa pada tahun 2025 nanti, 75 persen bursa tenaga kerja akan didominasi para milenial, dengan 70 persen dari mereka ingin bekerja secara fleksibel.

Budaya kerja fleksibel mencakup jam kerja, cara berpakaian, maupun fleksibilitas komunikasi. Milenial sangat menginginkan keseimbangan hidup dan pekerjaan, karenanya mereka akan lebih selektif terhadap pekerjaan yang dirasa mengganggu waktu pribadi mereka. Gak heran kini freelancer diincar milenial sebagai pilihan karir.

3. Jenjang karir yang jelas

Photo by GaudiLab via shutterstock

Photo by GaudiLab via shutterstock via http://shutterstock.com

Generasi milenial akan melihat kejelasan peluang karir di tempat kerjanya. Mereka butuh gambaran karirnya di masa depan dalam dua, lima, atau sepuluh tahun kedepan akan jadi seperti apa mereka di perusahaan yang ditempati saat ini.

Dalam karirnya milenial kebanyakan belajar, bekerja, dan berkembang dalam waktu yang relatif singkat. Namun kalau jenjang karirnya menjanjikan, kemungkinan besar mereka akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

4. Lingkungan & rekan kerja yang positif

Photo by Nattakorn_Maneerat via shutterstock

Photo by Nattakorn_Maneerat via shutterstock via http://shutterstock.com

Lingkungan kerja disini bisa berupa fasilitas kantor maupun budaya perusahaan. Lingkungan yang mendukung kinerja karyawan milenial akan membantu produktivitas dan kreativitas milenial. Seperti banyak perusahaan startup sekarang yang memanjakan karyawannya dengan fasilitas, interior, dan budaya kerja yang fleksibel untuk membuat karyawan milenial merasa nyaman.

5. Kesempatan belajar & berkembang

Photo by Dragon Images via shutterstock

Photo by Dragon Images via shutterstock via http://shutterstock.com

Bukan cuma gaji, milenial juga membutuhkan ruang untuk berkembang. Di usia mereka, pengalaman dan proses jadi bekal penting dalam berkarir. Seperti kesempatan menambah relasi, belajar hal-hal baru, pengalaman leadership, dll.

Di awal karir, sudah bukan hal yang tabu kalau milenial sering berpindah-pindah perusahaan, hal ini bukan cuma pertimbangan insentif tapi juga bagaimana mereka bisa berkembang mengikuti passion dan tujuan karirnya.

Kalau kamu, apa alasanmu memilih pekerjaan atau bertahan di sebuah perusahaan selain perihal gaji? Temukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE