Bukan Cuma Plastik, Menu-Menu Ini Juga Bisa Didaur Ulang, Lho!

Kamu bisa banget lho mendaur ulang makanan.

Sebagai orang Indonesia, pastinya makan ketupat udah jadi hal yang wajib dong ya? Biasanya nih untuk menunya sendiri beraneka ragam. Mulai dari opor ayam, gulai, telur balado, sambal goreng kentang ati, dan masih banyak lagi.

Nah untuk gulai dan opor ayam nggak jarang ayamnya udah habis duluan tapi kuahnya masih sisa. Sedangkan untuk telur balado, bumbunya masi nyisa banyak dan sayang kalau dibuang mengingat harga cabe yang mahal. Kalau ketupatnya masih sisa, gimana? Sebaiknya segera dihabiskan mengingat ketupat ini lebih cepat basi dbandingin lauk pauknya.

Kalau sudah kayak gini biasanya cuman bisa dihangatkan atau di kulkas sampai bener-bener ada yang habisin. Tapi kalau sudah keburu basi? Ending-nya masuk tong sampah. kan sayang tuh. Biar hal itu nggak keulang lagi, kamu bisa banget lho mendaur ulang makanan tadi sebelum jadi basi. Yup, dan pastinya bakal kemakan deh sama orang sekeluarga.

1. Opor Tahu Tempe

opor tahu tempe

opor tahu tempe via http://www.cookpad.com

Advertisement

Nggak baik makan daging-dagingan mulu. Saatnya cukupi kebutuhan protein nabati dalam tubuh kamu. Salah satu sumber protein nabati yang baik adalah tahu dan tempe.

Bahan yang diperlukan:

Tahu dan tempe (sesuaikan dengan sisa opor yang ada)

Advertisement

Cara membuat:

Potong tahu dan tempe lalu masukkan ke dalam kuah opor yang sedang dipanaskan. Masak hingga matang.

2. Gulai Sayur Nangka

gulai sayur nangka

gulai sayur nangka via http://aktualtrend.blogspot.com

Nggak harus gudeg, sayur nangka bisa lho untuk campuran gulai.

Bahan yang diperlukan:

Nangka muda secukupnya

Cara membuat:

Pertama, potong nangka muda kemudian rebus dan campurkan ke dalam wajan atau panci gulai, panaskan dan aduk sebentar. Masak hingga bumbu gulai meresap ke sayurnya.

3. Terong Balado

terong balado

terong balado via http://www.pinterest.com

Punya bumbu balado sisa? Bumbu yang dominan dengan cabe ini sayang banget lho dibuang. Mengingat harga cabe yang fluktuatif, kadang mahal kadang murah. Sebaiknya kamu jangan membuangnya. Sebenarnya banyak kok bahan-bahan yang bisa kamu olah lagi dengan bumbu balado. Mulai dari ikan, tahu, tempe, sayuran, dan masih banyak lagi. Nah, untuk sayurannya kamu bisa mencampurkan terong ke dalam bumbu balado.

Bahan yang diperlukan:

1 buah terong

Cara membuat:

Cuci kemudian potong lalu goreng terong setengah matang. Kemudian masukkan ke dalam bumbu balado, tumis hingga matang. Sajikan.

4. Ketupat Sayur

ketupat sayur

ketupat sayur via http://www.qraved.com

Untuk ketupat yang sisa, mungkin agak sedikit ribet karena kamu harus memasaknya dari awal. Eits, jangan khawatir dulu. Karena bahan-bahan untuk masaka ketupat sayur nggak sebanyak bikin opor, kok.

Bahan-bahan

  • 2 buah labu siam
  • 1 ikat kacang panjang

Bumbu di haluskan :

  • 5 buah cabai merah
  • 5 buah cabai merah rawit
  • 3 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai (geprek)
  • 1 ruas lengkuas (geprek)
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 Sdt lada halus
  • Kaldu/penyedap (apa saja sesuai selera)
  • 1 1/2 liter santan

Cara membuat:

  • Potong labu siam seperti korek api, kemudian rendam dengan air dicampur garam supaya getahnya hilang.
  • Potong-potong kacang panjang. Cuci bersih, rebus di air mendidih sekitar 2 menit angkat lalu sisihkan.
  • Haluskan cabai, bawang merah dan putih, kemiri, kunyit (bisa di uleg bisa di blender).
  • Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, lengkuas, garam, gula pasir, lada halus, kaldu/penyedap.
  • Lalu masukkan kacang panjang dan labusiam, beri air sedikit demi sedikit kemudian aduk rata. Setelah itu tambahkan santan dan aduk rata kuah sampai mendidih.
  • Tambahkan cabe rawit hijau buat kamu yang suka pedas. Ini opsional aja lho, ya.
  • Terakhir, sajikan bersama ketupat. Jangan lupa kerupuknya ya!

5. Bakso Ueg

bakso kupat

bakso kupat via http://www.foody.id

Bakso kupat alias bakso kuah yang disajikan dengan ketupat. Bakso model ini khas banget di beberapa daerah Indonesia. Salah satunya Temanggung, Jawa Tangah. Biasanya isian bakso kupat berupa bakso, tahu, dan ketupat.

Bahan yang diperlukan:

  • Bakso (bisa ayam bisa sapi)
  • Tahu

Bahan untuk kuah:

  • Lada bubuk 1 sdt
  • Daun bawang 4 batang
  • Gula pasir 2 sdt
  • Bawang putih goreng 1 sdm ( haluskan)
  • Bawang merah goreng 1 sdm ( haluskan )
  • Kaldu sapi atau ayam instan 2 sdt

Cara Membuat :

Didihkan air kemudian masukkan bumbu, masak sampai mendidih dan matang. Kecilkan api.

Penyajian:

Siapkan mangkok lalu uleg cabe rawit sesuai selea dalam mangkok tersebut. tambahkan bakso dan tahu. Siram dengan kuah dan jangan lupa tambahkan topping berupa bawang goreng dan seledri.

Gimana, guys? ternyata makanan sisa masih bisa diolah jadi masakan baru. Semoga lebaran tahun ini nggak ada lagi makanan sisa yang dibuang. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta segala macam mie (tanpa formalin).

CLOSE