Bukan Hanya Teh Hijau dan Teh Hitam, Berbagai Macam Teh Ini Bisa Kamu Nikmati Menyesuaikan dengan Kondisimu!

Minum teh setiap hari sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Di Indonesia, teh biasa dikonsumsi tanpa mengenal waktu, entah pagi atau sore hari. Di negara lain seperti Jepang, minum teh dijadikan sebagai ritual yang sarat akan estetika. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi teh. Seiring berkembangnya zaman, minuman teh juga semakin beragam. 

Berikut ini berbagai macam teh yang bisa kamu nikmati menyesuaikan dengan kondisimu. Apa saja? Simak yuk!

Advertisement

1. Teh Jahe

Photo by aimsindia.com

Photo by aimsindia.com via https://www.aimsindia.com

Selain sarapan, mari awali harimu juga dengan minum secangkir teh jahe. Rimpang jahe sudah terkenal memiliki segudang manfaat salah satunya yakni bisa untuk menambah energi. Membuatmu lebih siap untuk menghadapi hari.

2. Teh Hitam

Photo by nutraingredients-asia.com

Photo by nutraingredients-asia.com via https://www.nutraingredients-asia.com

Setiap hari ada banyak pekerjaan yang menunggumu. Tentunya, kamu harus punya semangat untuk bisa menyelesaikannya. Minum teh hitam bisa membangkitkan semangat dan membuat pikiran menjadi stabil sehingga nyaman dalam melakukan aktivitas. Direkomendasikan untuk mengonsumsinya dalam kondisi hangat.

Advertisement

3. Teh Hijau

Photo by eatthis.com

Photo by eatthis.com via https://www.eatthis.com

Tubuhmu tentu lelah setelah beraktivitas seharian. Untuk mengatasi rasa lelahmu, minumlah secangkir teh hijau. Teh hijau telah terbukti mampu meningkatkan metabolisme dan mengatasi kelelahan. Kamu bisa meminumnya ditemani beberapa keping kukis cokelat agar lebih nikmat.

4. Teh Chamomile

Photo by healthline.com

Photo by healthline.com via https://www.healthline.com

Apakah kamu suka cemas dengan banyak hal? Teh chamomile bisa menjadi salah satu usaha untuk meredakan kecemasanmu. Kandungan antioksidan dan sifat anti inflamasi dalam chamomile mampu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan ketenangan. Jika biasanya kamu minum kopi, cobalah untuk mulai menggantinya dengan teh chamomile ini.

5. Teh Lemon

Photo by indiastea.com

Photo by indiastea.com via https://indiastea.com

Mirip dengan teh chamomile, teh lemon juga mempunyai manfaat untuk menenangkan saraf serta mendetoksifikasi tubuh. Cukup seduh teh kemudian tambahkan perasan air lemon dan madu secukupnya. Nikmat diminum kapan saja.

Advertisement

6. Kombucha

Photo by chowhound.com

Photo by chowhound.com via https://www.chowhound.com

Kombucha adalah teh fermentasi yang didapatkan dengan mencampurkan teh, bakteri baik, dan ragi yang kemudian didiamkan kurang lebih 8-12 hari. Bakteri baik dan ragi tersebut akan akan membentuk struktur selulosa dan hubungan simbiotik yang baik. Hubungan ragi dan bakteri ini akan menghasilkan asam yang menyehatkan untuk tubuh. Itulah mengapa Kombucha memiliki cita rasa kuat dan asam hampir mirip cuka.

Untuk kamu yang sering mengalami masalah pencernaan, Kombucha bisa dikatakan sebagai minuman probiotik yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh, serta meningkatkan fungsi pencernaan sehingga imunitas tubuh akan menjadi baik. Kombucha juga hanya mengandung sedikit gula sehingga cocok untuk diminum bagi orang yang sedang melakukan diet. Karena sifatnya yang asam, disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi Kombucha ini.

7. Teh Serai

Photo by thaibestsellers.com

Photo by thaibestsellers.com via https://www.thaibestsellers.com

Depresi adalah salah satu penyakit mental yang dapat menyerang siapa saja. Penyebab depresi di antaranya adalah tekanan batin dan pola pikir yang buruk secara terus-menerus. Gejala depresi ditandai dengan perasaan sedih dan kehilangan minat akan banyak hal.

Jika kamu sedang dalam kondisi buruk yang mengarah pada depresi, luangkan waktu sejenak untuk minum teh serai. Serai bersifat antidepresan sehingga bisa menurunkan gejala depresi. Tetap sayangi dirimu, ya

8. Masala Chai

Photo by thespicehouse.com

Photo by thespicehouse.com via https://www.thespicehouse.com

Indian Masala Chai adalah minuman teh susu asal India yang dikombinasikan dengan berbagai rempah seperti kapulaga, cengkeh, dan kayu manis. Indian Masala Chai dipercaya mampu mengatasi perasaan sedih dan murung. Kandungan rempah-rempah di dalamnya dapat membangkitkan hormon serotonin, hormon yang berperan untuk mengaruhi suasana hati menjadi bahagia dan positif.

9. Teh Lavender

Photo by teabackyard.com

Photo by teabackyard.com via https://teabackyard.com

Lavender telah banyak diteliti dan dipercaya bisa mengatasi masalah insomnia. Buat kamu yang punya masalah dalam tidur, selain minyak lavender konsumsi teh lavender juga sangat baik untukmu. Aroma harumnya dapat menenangkan dan membuatmu rileks.

Itulah di antaranya 9 macam teh yang bisa kamu nikmati menyesuaikan kondisimu. Masih ada bermacam-macam teh dengan manfaat yang luar biasa pula. Daripada minum minuman rasa-rasa, yuk mulai ganti dengan teh alami yang kaya manfaat. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Akuntansi, senang belajar dan berkegiatan sosial. Memilih menulis sebagai usaha "menyembuhkan" diri.

CLOSE