#AyoKeUK

Apa jadinya jika pecinta film dan traveler bergabung menjadi satu? Yap! Liburan ke lokasi film yang sudah pernah ditontonnya. Tidak dipungkiri bahwa sebagian lokasi pembuatan film memang fiktif, namun tidak menutup kemungkinan juga jika lokasi tersebut benar-benar ada dan bisa dikunjungi hingga saat ini lho! Salah satu negara yang kerap digunakan untuk lokasi pembuatan film adalah United Kingdom (UK) yang terbagi menjadi 4 wilayah yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Berbagai macam genre film pun pernah berlokasi di negara ini, mulai dari fantasi hingga horor. Penasaran film apa saja yang lokasinya bisa kalian kunjungi saat kalian berlibur ke UK dan pastinya instagramable? Check this out!

1. Harry Potter

Potterhead harus banget kesini nih!

Potterhead harus banget kesini nih! via https://tripadvisor.co.uk

Selain Stasiun King's Cross yang terkenal karena peron 9 3/4, masih ada beberapa tempat di UK yang dijamin dapat memanjakan antusiasme Potterhead (sebutan untuk fans Harry Potter). Masih ingatkah kalian ketika scene Harry Potter berlatih naik sapu untuk pertama kalinya? Adegan itu dilakukan di halaman Kastil Anwilck yang sekaligus dijadikan sebagai Hogwarts, tempat Harry Potter dan teman-temannya belajar sihir.

Hingga saat ini Kastil Alnwick masih jadi kediaman Duke & Duchess of Northumberland. Beberapa lokasi lain seperti The London Zoo, Leadenhall Market untuk setting Diagon Alley, Chez Michele untuk Leaky Cauldron, Claremont Square untuk 12 Grimmauld Place, Australia House, dan Christ Church College untuk aula ruang makan Hogwarts yang ternyata berada di Oxford University dijamin bakal membuat kalian serasa berada di dalam film Harry Potter.

2. Sherlock Holmes

Baker Street 221B

Baker Street 221B via https://www.instagram.com

Advertisement

Penggemar novel dan film Sherlock Holmes pasti sudah tidak asing dengan kediaman dan markas detektif buatan Sir Arthur Conan Doyle. Ya! Baker Street 221B yang aslinya terletak di North Gower Street, London. Seri Sherlock Holmes dari BBC juga menampilkan beberapa tempat lain di Inggris seperti Speedy's Cafe Camden, Buckingham Palace, Chinatown London, Cardiff Central Library, Waterloo Bridge, dan Parliament Square tempat kemunculan Moriarty musuh bebuyutan Sherlock di depan Big Ben. Keren kan?

3. Star Wars

Mana suaranya pecinta film Star Wars?

Mana suaranya pecinta film Star Wars? via https://cnn.com

Siapa sangka jika Pusat Kekaisaran Scarif di film Star Wars: Rogue One ternyata berlokasi di stasiun bawah tanah Canary Wharf? Stasiun ini sangat menarik perhatian karena selain sebagai salah satu London Underground, arsitektur bangunannya sebagian besar terbuat dari besi dan kaca. Instagramable banget kan?

4. Into the Woods

Yakin 'nggak' mau ke sini?

Yakin 'nggak' mau ke sini? via https://doverdistrictcouncil.com

Masih ingatkah kalian setting di depan istana saat Anna Kendrick berperan sebagai Cinderella dalam film Into the Woods? Yuhuu! Di sinilah tempatnya, Dover Castle yang merupakan kastil abad pertengahan dan terletak di Kent, Inggris. Kastil yang terletak di pinggir pantai ini sering disebut-sebut sebagai "Kunci ke Inggris" such an epic! Selain film Into the Woods, Dover Castle juga digunakan untuk film Wolf Hall dan Hollow Crown. Bagi traveler yang ingin merasakan the real life fairy tale castle, Dover Castle bisa jadi merupakan destinasi wisata yang tepat ketika kalian berada di UK.

5. Transformers: The Last Knight

Lokasi Final Battle Transformers

Lokasi Final Battle Transformers via https://phinemo.com

Advertisement

Pecinta film Transformers tentunya masih ingat dengan lokasi final battle antara Optimus Prime dan Megatron untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran, kan? Lokasi aslinya berada di Stonehenge yang terletak di Wiltshire, Inggris. Menurut arkeolog, Stonehenge dibangun pada 3000 SM – 2000 SM dan dianggap sebagai ikon budaya Inggris yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia sejak 1986. Hingga saat ini, Stonehenge dipercaya menyimpan banyak misteri entah dari asal muasal dibangunnya hingga kisah mistis yang kerap diperbincangkan. Tapi tetap instagramable kan, traveler?

6. Night at The Museum 3

British Museum

British Museum via https://londonist.com

Coba bayangkan jika benda-benda di British Museum bisa hidup seperti di film Night at the Museum? Ya, pada sekuel ketiganya film yang biasanya menggunakan latar museum di sekitar Amerika Serikat ini move ke Inggris tepatnya di London. Inggris merupakan salah satu negara yang sangat menghargai peninggalan budaya di masa lampau.

Jangan heran ya kalau beberapa museum di Inggris salah satunya British Museum ini buka sampai malam hari dan gratis. Nggak perlu khawatir, karena meskipun buka hingga malam hari, museum jauh dari kesan menyeramkan karena selalu ramai dan didukung dengan pencahayaan ruangan yang bagus. Wisata di museum jadi lebih asyik dan nggak bosenin kan?

7. Wonder Woman

Wonder Woman 'Nyebrang' di London Bridge

Wonder Woman 'Nyebrang' di London Bridge via https://www.everettcollection.com

Ada banyak lokasi di UK yang muncul dalam film Wonder Woman. Selain London Bridge yang merupakan ikon kota London, Gal Gadot pun nampak beberapa kali berada di latar iconic Inggris seperti King's Cross Station, Tilbury Fort, Arundel Castle, dan Australia House yang pernah muncul di film Harry Potter untuk latar Gringotts Bank.

Bahkan Bourne Woods yang berada di sebelah utara London pun muncul dalam film Wonder Woman. Bourne Woods menjadi hutan 'langganan' untuk film layar lebar seperti Gladiator, Robin Hood, Captain America: The First Avenger, dan Sherlock Holmes: A Game of Shadows. Bagi traveler yang ingin menikmati suasana alam sambil menikmati udara segar saat di UK, Bourne Woods adalah pilihan yang cocok. Mau coba?

8. The Conjuring: 2

Lokasi Syuting The Conjuring: 2

Lokasi Syuting The Conjuring: 2 via https://mobile.twitter.com

Pecinta film horror pasti masih ingat dengan film The Conjuring 2, dong? Sub judul dari film ini memang The Enfield Poltergeista karena kejadian paranormal tersebut benar-benar terjadi di Enfield Borough, London. Kini kota kecil yang terletak paling utara dari London Raya ini mulai dipadati wisatawan semenjak kisahnya diangkat menjadi film. Horror sih, tapi sayang kalau tidak berfoto di sini. Kalau kalian bagaimana traveler? Berani nggak nih?

Jadi bagaimana nih, traveler? Sudahkah kalian memasukkan UK di daftar wishlist liburan? Tidak hanya menawarkan tempat yang memanjakan para pecinta film, namun UK juga wajib kalian kunjungi karena keragaman budaya, pesona, gaya hidup, dan tempat wisatanya. Who knows kan ketika kalian mengunjungi UK, bisa sekalian mencoba kemampuan berbahasa Inggris kalian? Jangan kaget juga jika kalian akan dibuat jatuh cinta dengan British Accent yang sangat kental di UK. Masih mau menolak pesona UK dengan banyak tempat instagramable-nya?


Tidak ada yang salah dengan mimpi seorang traveler untuk berkeliling dunia. Akan ada banyak jalan untuk mewujudkannya. From dreamer to be a traveler and then become a storyteller.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya