Bye-bye Bad Day, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Mengalami Hari yang Buruk

Mungkin ada satu waktu dalam satu minggu, kita pernah mengalami hari yang buruk. Entah itu karena dimarahi atasan di kantor, pengajuan judul skripsi yang terus ditolak dosen, atau sedang bertengkar dengan pacar. Hari yang berjalan tidak mulus bisa membuat mood berantakan, kepikiran terus-terusan dan membuat kita tidak bersemangat untuk melakukan apa-apa.

Bila hal ini dibiarkan berlarut, tentu  tidak baik untuk kesehatan mental kita ke depannya lho. Terus apa dong yang harus kita lakukan? Yuk, simak 5 cara simpel yang bisa kamu coba untuk mengembalikan mood kamu di bawah ini.

Advertisement

1. Ambil nafas panjang lantas hembuskan perlahan

pic by Pablo Ocaray via unsplash.com

pic by Pablo Ocaray via unsplash.com via http://unsplash.com

Ketika mengalami hal yang tidak menyenangkan, emosi yang kita rasakan rasanya begitu campur aduk. Kesal, marah, sedih, malu, semua menjadi satu. Otak seakan kewalahan untuk mengatasi perasaan kita.

Maka ambil nafas panjang sejenak, lantas hembuskan perlahan. Biarkan perasaanmu menjadi sedikit lebih rileks, dan otot-otot yang semula tegang perlahan mengendur. Hingga akhirnya kamu bisa berpikir jernih tentang apa yang terjadi dan tidak berbuat sesuatu yang akan kamu sesali nantinya.

Advertisement

2. Makan makanan enak

pic by Brooke Lark via unsplash.com

pic by Brooke Lark via unsplash.com via http://unsplash.com

Pernah dengar istilah perut kenyang hati senang? Percaya atau tidak, makan makanan yang kamu senangi bisa membuat kamu bahagia lagi. Jadi, ketika merasa harimu buruk, jangan ragu untuk order makanan kesukaan kamu. Entah itu, es krim, coklat, kimbab, seblak, apapun itu. Tapi jangan berlebihan ya?

3. Dengerin musik

pic by Bruce Mars via unsplash.com

pic by Bruce Mars via unsplash.com via http://unsplash.com

Dikutip dari healthline.com, penelitian menunjukan bahwa musik dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi kecemasan. Genrenya bebas karena setiap orang punya musik kesukaannya masing-masing.

Ada yang merasa lebih baik ketika mendengar lagu balad yang galau, ada juga malah yang makin stres dengerin lagu galau, jadi mereka lebih mendengarkan musik yang lebih up-beat. Pokoknya apapun yang kamu dengerin asal buat kamu senang.

Advertisement

4. Nonton konten lawak

pic by Jamie Brown via unsplash.com

pic by Jamie Brown via unsplash.com via http://unsplash.com

Cara yang paling klasik dan ampuh untuk bikin bahagia adalah dengan banyak tertawa. Tapi gimana mau tertawa padahal lagi gak mood? Tenang, konten lawak di berbagai media entah itu Tiktok, Youtube bahkan aplikasi film berbayar juga banyak kok.

Salah satu serial yang sukses bikin ketawa adalah nonton sitkom Derry Girls, dijamin kamu nggak bakalan berhenti ngakak lihat kelakuan aneh para pemainnya.

5. Curhat

pic by Mimi Thian via unsplash.com

pic by Mimi Thian via unsplash.com via http://unsplash.com

Memang tidak baik untuk menanggung kesedihan atau kekesalan sendirian. Rasanya berat dan sesak di dada bukan? Mungkin sudah saatnya kamu butuh telinga untuk mendengar dan bahu untuk bersandar. Kamu bisa cerita soal hari-harimu ke Tuhan, orangtua, pasangan, sahabat, bahkan binatang peliharaan pun bisa.

Dan buat kamu para introvert yang mungkin agak ragu untuk terbuka pada orang-orang, mungkin kamu bisa curhat di buku jurnal kamu. Cobain deh, saat kamu mencurahkan isi hati, yakin, kamu akan merasakan plong yang luar biasa.

Hari yang buruk memang tidak bisa kita hindari, tapi sekarang sudah tahu kan cara mengembalikan mood di saat bad day kamu? Nah, jangan lupa dicoba ya, semoga membantu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

penyuka buku, coklat, kamu, dan SEVENTEEN. 90 Line :)

CLOSE