Tak dipungkiri para pemudi di zaman sekarang lebih memilih perawatan wajah yang instan untuk mendapatkan kecantikan yang diinginkan. Mungkin salah satunya mereka pergi ke klinik ataupun dokter kecantikan, banyak sedikitnya pengaruh media sosial tentang presepsi definisi kecantikan, cantik harus putih, glowing, tirus, bahkan mungkin kurus. Bahkan bisa di bilang saya pun terkena dampak dari media sosial itu sendiri. Pergi ke beberapa klinik kecantikan dengan bermodalkan uang kurang lebih 300 ribu, kamu akan mendapatkan beberapa produk skin care seperti cleansing, facial wash, toner, cream malam, cream pagi, dan tentunya sunblock yang tidak tercantum komposisi bahan dari produk skin care tersebut. Lalu kalian akan mendapatkan hasilnya dua minggu hingga satu bulan pemakaian, sangat instan bukan.

Disadari atau pun tidak itu tidak akan berlangsung lama, entah mengapa wajah yang semula putih dengan perawatan tersebut, tidak kusam, glowing, mendadak menjadi lusuh, wajah menjadi tidak segar, ketika dipakaikan produknya terasa berat. Lalu bagaimana jadinya wajahku jika harus berhenti memakai produk ini? Langkah apa yang harus saya lakukan untuk meminimalisir efek dari pemberhentian produk ini?

1. Perlahan-lahan mulailah meninggalkan cream dari klinik kecantikan

Cream dari dokter via http://www.ceriwis.com

Jika kalian bingung mulai dari mana agar bisa terlepas dari produk kecantikan wajah, mulailah dari produk yang memiliki kandungan tidak begitu memengaruhi kondisi wajah. Mungkin ini akan memakan waktu yang sedikit lama, namun hal ini akan mengurangi efek breakout ataupun purging yang parah setelah pemberhentian dari produk klinik kecantikan yang telah kita pakai mungkin bertahun-tahun. Walaupun efeknya tetap akan timbul, setidaknya tidak menimbulkan iritasi yang luar biasa pada kulit wajah.

Pertama, hentikan produk cleansing milk terlebih dahulu selama 2 minggu.

Kedua, hentikan produk facial wash selama 2 minggu.

Advertisement

Ketiga, hentikan produk toner selama 2 minggu.

Keempat, hentikan cream pagi selama 2 minggu.

Kelima, hentikan cream malam selama 2 minggu.

Terakhir, hentikan pemakaian sunblock selama 2 minggu.

Lalu, apa yang terjadi pada kulit wajah kita setelah pemberhentian produk? Ya tentunya kulit wajah masing-masing individu akan mengalami efek yang berbeda. Menurut pengalaman kulit wajah saya yang cenderung normal ke kering, jadi mengalami dehidrasi parah, sedikit menimbulkan pengelupasan kulit ari berwarna putih di beberapa titik, dan menimbulkan jerawat di bagian jidat, di mana sebelumnya tidak pernah berjerawat di bagian tersebut, lalu terakhir menimbulkan efek garis keriput tipis di bagian bawah bibir, akibat kulit yang kekeringan setelah pemberhentian produk klinik kecantikan.

Lalu, apa yang saya lakukan pada saat kulit saya mengalami iritasi seperti itu? Kalian hanya perlu kembali ke bahan alami untuk menetralkan kulit wajah agar menjadi seperti awal ketika belum memakai produk klinik kecantikan.

2. Gunakan olive oil

Olive Oil via https://dusbus.com

Saya bingung dengan kondisi wajah yang tak kunjung membaik, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan Olive Oil atau Minyak Zaitun. Selama lebih dari 2 minggu, wajah saya dapat kembali seperti semula. Sungguh saya ingin menangis karena ternyata olive oil mampu menetralkan kulit wajah kembali seperti semula. Usahakan olive oil yang kamu pakai benar-benar murni atau mendekati murni.

3. Bagaimana pengaplikasian olive oil sebagai pembersih wajah?

Dijadikan pembersih wajah atau sebagai cleansing oil. Khususnya ketika melakukan pembersihan di malam hari setelah seharian beraktifitas di luar dan mungkin menggunakan make up tebal pada saat berkerja ataupun beraktivitas lainnya. Dengan menggunakan olive oil kalian bisa melakukan double cleansing. Pertama ambil dan tuangkan olive oil di telapak tangan secukupnya, lalu usapkan ke wajah dan bagian mata yang ber make up, make up kalian akan lumer ketika kalian memijat secara perlahan-lahan pada bagian yang dibersihkan. Setelah dirasa sudah luntur semua make up, kalian bisa basuh menggunakan handuk basah atau kapas basah. Kemudian kalian bisa mencuci kembali wajah kalian menggunakan facial wash. Nahhh bersih deh muka kita.

4. Bagaimana pengaplikasian olive oil sebagai pelembab wajah?

Sebagai pelembab atau moisturizer wajah. Selain sebagai cleansing oil, olive oil juga dapat digunakan sebagai pelembab wajah lho. Ketika saya berhenti dari cream klinik kecantikan, selain menjadikan cleansing oil saya juga memakainya sebagai pelembab wajah di pagi hari. Caranya, setelah kalian melakukan pembersihan seperti mencuci muka dengan penyegar atau toner, kalian bisa menuangkan sedikt olive oil di telapak tangan lalu usapkan secara merata pada kulit wajah dan area mata, tidak perlu dipijat berlebihan, cukup diusap. Ingat ya pemakaiannya sedikit saja, jika berlebihan, wajah akan terlihat berminyak. Setelah beberapa menit pemakaian, kalian bisa memakai sunblock atau SPF apabila beraktivitas di luar untuk melindungi kulit wajah dari sinar UVA dan UVB.

5. On the track atau kembali ke proses yang seharusnya

Apakah kalian pernah merasa melakukan perawatan klinik kecantikan namun tak kunjung puas dengan hasil yang diinginkan? Coba telisik bagaimana gaya hidup kalian serta pola makan yang kalian terapkan. Sejujurnya, tidak akan bekerja dengan baik apapun yang kalian pakai pada kulit apabila masih makan sembarangan seperti gorengan, kebiasaan merokok atau minum beralkohol, dan kurang berolahraga. Jika kalian masih melakukan hal-hal tersebut, terus kalian minta kulit putih semulus kulit bayi secara instan? Impossible.

Mulailah dengan proses yang seharusnya, seperti double cleansing, double toning, mask, serum, essence, moisturizer, dan sunblock. Mungkin akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan klinik kecantikan. Intinya kalian mesti telaten, rajin bersihin wajah, dan nggak boleh males karena terlalu banyak step. Tapi percayalah kulit wajah kalian akan lebih sehat , lebih ringan karena pemakaian produk yang lebih aman. Walaupun dalam hal ini pasti mengeluarkan uang yang lebih banyak, karena produk yang lebih mahal dibandingkan dengan klinik kecantikan. Dan jangan lupa kurangi makan gorengan serta makanan yang dapat merugikan tubuh kita. Olahraga dua kali seminggu minimal jogging 30 menit apabila belum terbiasa tiap hari. So, nanti akan dibahas di lain kesempatan tentang skincare rutin dan review beberapa produk yang saya gunakan sehari-hari.

Thankyou, semoga tips ini bermanfaat ya bagi kaum wanita yang galau mau berhenti dari produk klinik kecantikan, see you next time girlss!