Nyeri haid atau dismenorrea memang mengganggu aktivitas sehari-hari. Tak jarang, banyak perempuan yang sampai tidak dapat melakukan aktivitas karena nyeri haid. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi nyeri haid tanpa obat, ayo disimak~

1. Kompres bagian perut yang nyeri

dismenorea atau nyeri haid

dismenorea atau nyeri haid via https://www.medlife.com

Advertisement

Terkadang, nyeri haid juga menjalar sampai pinggang. Kamu bisa mengompres bagian perut dan pinggang yang nyeri dengan kompres hangat. Selain nyaman, pengompresan hangat ini juga membuat nyeri haidmu mereda.

2. Olahraga ringan

Untuk mengurangi nyeri haid, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga. Selain itu, yoga juga berfungsi untuk membuat tubuh lebih rileks. Latihan kardio pun bisa kamu lakukan, tetapi tidak perlu yang berat-berat. 

3. Istirahat yang cukup

Istirahat

Istirahat via https://unsplash.com

Saat haid, perbanyaklah istirahat. Kamu bisa meletakkan bantal di pinggangmu bila pinggangmu terasa sakit untuk mengurangi sakitnya. Istirahat akan membuatmu lebih rileks dan nyeri haidmu tidak akan terlalu terasa bila kamu berbaring. 

4. Asupan gizi seimbang

Makan bergizi seimbang

Makan bergizi seimbang via https://unsplash.com

Advertisement

Banyak perempuan yang malas makan bila sedang nyeri haid. Nggak boleh begitu ya, teman-teman, kalian harus tetap makan makanan dengan gizi seimbang selama haid. Kalian juga tetap butuh energi dan nyeri haid akan menghabiskan energi kalian. Jangan sampai kelelahan dengan nggak makan, ya.

5. Ubah pola pikir

ubah pola pikir

ubah pola pikir via https://unsplash.com

Nah, ini yang perlu kita perhatikan saat sedang haid. Ubah pola pikir dan jangan pikirkan rasa sakit. Alihkan pikiran dengan melakukan aktivitas sehari-hari. Ingat, jangan memikirkan rasa sakitnya saja karena bila mengingat rasa sakit, nyeri haid akan terasa semakin sakit.

Nah, hal-hal itulah yang dapat kamu lakukan selama nyeri haid. Semoga membantu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya