Photography merupakan sebagai hobi yang mengasikkan untuk dilakukan. Namun tak banyak orang yang beranggapan bahwa ini merupakan salah satu hobi mahal dan membutuhkan modal yang besar.

Maka dari itu, kami akan menjelaskan mengenai beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan hobi photo khususnya dalam action figure photography(Gundam).

1. Persiapkan Alat,Bahan, dan Objek Photo(Action Figure) yang tepat

Persiapan Alat & Bahan via http://milikpribadi.com

Persiapkan acion figure yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dalam melakukan hobi kali ini. Objek / actionfigure tersebut dapat diperoleh dengan membelinya dalam bentuk rakitan (Gunpla) / yang telah jadi (Lego).

Pada kesempatan kali ini penulis mencoba untuk membuat objek tersebut dari Gunpla (Gundam Plastic) yang dapat dibeli di toko – toko maianan terdekat.

Untuk Gunpla sendiri terdapat beberapa tipe, diantaranya : SD,HG,MG,PG,MS ( Macam-macam Jenis Gunpla)

2. Mulailah Merakit Action Figure Tersebut Bagian Perbagian

Advertisement

Merakit Action Figure via http://milikpribadi.com

Mulailah untuk merakit ActionFigure tersebut bagian perbagian. Setiap bagian dari action figure tersebut memiliki cara dalam merakitnya dalam buku panduan.

Memang untuk Gundam dengan Merk Bandai hampir keseluruhan menggunakan bahasa Jepang. Namun tenang saja, pada buku panduan tersebut juga terdapat gambar yang digunakan perakit dalam membuat Action Figure nya.

3. Manfaatkan Kotak Kerdus & lampu Emergency dalam pembuatan Studio Mini

Studio Mini via http://milikpribadi.com

Ketika Action Figure tersebut telah jadi secara keseluruhan manfaatkanlah kardus wadah tersebut untuk dibuat studio mini dalam pengambilan gambar dari objek tersebut.

Dalam pembuatan studio mini yang terpenting adalah mendapatkan pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan.

Lampu emergency juga dapat digantikan dengan penerangan secara alami, yaitu cahaya matahari. Dimana pengambilan dapat dilakkukan di pagi hari.

4. Mulailah dengan Mengambil Foto sesuai dengan Kebutuhan

Pengambilan Foto via http://milikpribadi.com

Ketika studio mini telah tersedia saatnya untuk dilakukan pengambilan foto terhadap objek tersebut. Untuk foto dapat diambil dengan menggunakan kamera HP saja. Asalkan pixel maupun pengaturan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Hal terpenting dalam pengambilan foto Action figure adalah kedetailan dan cahaya.

Sehingga dibutuhkan cahaya yang tepat dimana tidak perlu terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Terpenting adalah arah datangnya cahaya dengan jumlah yang tepat.

5. Finishing dengan Menggunakan Adobe Photoshop

Adobe Photoshop Finishing via http://milikpribadi.com

Langkah terakhir adalah penyelesaian dengan bantuan software Adobe Photoshop.

Ketika kita telah memperoleh hasil gambar yang baik, untuk adobe photoshop hanya diperlukan pengaturan terhadap Tone, Contras, Curves, Level, maupaun Color balance saja.

Untuk Background dapat diganti warna sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.