Cara Memasarkan Barang dan Jasa Melalui Media Sosial di Era Pandemi

Bisnis Online

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini banyak orang yang tidak dapat berjualan dan menawarkan produk atau jasa yang dimilikinya di lingkungan luar

Advertisement

1. Media sosial

Salah satu peluang terbesar dalam memasarkan produk dan jasa yaitu melalui media sosial. Di era digital pada saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja tetapi juga sebagai alat komunikasi pemasaran seperti bisnis, jual beli dan menawarkan produk atau jasa. Bisnis online adalah sabuah cara memasarkan produk dan jasa dengan memanfaatkan internet yaitu menggunakan media sosial sebagai bentuk pemasaran (Instagram, Facebook, Marketplace, dan lainnya). Dalam hal ini literasi digital sangat penting dilakukan untuk menambah pengetauhan bagaimana cara memasarkan produk dan jasa melalui media sosial. Dengan menggunakan kapablitias media sosial secara optimal, dapat memperoleh hasil secara optimal sehingga dapat menambah pemasukan melalui media sosial.

2. Persiapan akun

pixabay

pixabay via http://https

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun. Di dalam akun berisi mengenai kontak atau website yang dapat dihubungi, alamat, penjelasan tentang produk dan jasa yang ditawarkan, cara pemesanan, foto produk dan jasa yang menarik.

Advertisement

3. Persiapan produk dan jasa yang akan ditawarkan

pixabay

pixabay via http://pixabay.com

Selanjutnya siapkan produk dan jasa kamu semenarik mungkin. Agar orangorang tertarik dengan produk kamu, gunakan kemasan yang rapi, foto yang menarik dan berikan keunggulan produk dan jasa yang ditawakan.

4. Analisis

pixabay.com

pixabay.com via http://pixabay.com

Maksud dari analisis disini adalah dengan menganalisis kompetitor. Apakah produk atau jasa yang dijual sudah banyak dipasaran? Apa yang menjadi pembeda antara produk atau jasa kamu dari yang lain? Bagaimana cara orang lain menjual barang dan jasa nya sehingga laku dipasaran?. Pelajari bagaimana pelayanan dan produk atau jasa yang orang lain tawarkan. Kumpulkanlah data tersebut kemudian analisislah kelebihan dan kekurangan kompetitor – kompetitor dan ambilah kelebihan mereka agar toko kamu lebih baik.

5. Promosi

pixabay

pixabay via http://pixabay.com

Terdapat beberapa cara promosi seperti membuat konten-konten yang dapat menarik minat pembeli, posting di grub yang behubungan dan gunakanlah fitur ads yaitu fitur dengan promosi berbayar

Advertisement

6. Evaluasi

pixabay.com

pixabay.com via http://pixabay.com

Hal yang paling penting agar penjualan meningkat adalah evaluasi atau penilaian, karena pada tahap ini anda dapat melakukan penilaian terhadap cara pemasaran anda dan melakukan evaluasi perbaikan agar cara pemasaran yang anda lakukan dapat lebih efektif.

Berdasarkan beberapa cara diatas semoga dapat membantu pengetahuan kamu tentang bagaimana cara terjun ke dunia bisnis online dengan memanfaatkan media sosial dan semoga dapat menigkatkan penjualan dan pemasaran barang dan jasa kamu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE