Tips Memberikan Pegertian Kepada Istri saat Minta Pisah Rumah dengan Orang Tua

Tidak semua laki-laki sudah memiliki rumah pribadi sebelum menikah, itu sebabnya banyak laki-laki yang setelah menikah akan mengajak istrinya untuk tinggal satu rumah dengan orang tuanya atau dengan mertuanya. Bagi istri mungkin akan mengiyakan saja ketika diajak serumah dengan orang tua laki-laki, karena menurut kepada suami merupakan sebuah kewajiban.

Namun, sebenarnya dalam hal ini ada beberapa hal yang harus disiapkan seorang laki-laki ketika mengajak istri tinggal satu rumah dengan orang tua. Karena akan ada waktu di mana istri merasa jenuh hingga mengajak untuk pisah rumah dengan mertuanya.

Advertisement

1. Ketahui apa penyebabnya

Saat istri berkata sayang ayo kita pisah rumah dari orang tua, biar mandiri, maka sebagai seorang suami yang bijaksana alangkah baiknya kita menanyakan terlebih dahulu apa yang menyebabkan istri bicara seperti itu.

Namun, terkadang ada istri yang tidak bisa berbicara alasanya karena mungkin takut dan tidak berani menyampaikan keluh kesahnya secara langsung. 

Advertisement

Oleh karena itu kita sebagai suaminya harus menayakan penyebab dia ngajak pindah rumah dengan cara perlahan, buatlah dia merasa tenang lebih dulu sampai dia bisa mengatakan alasanya.

2. Biacara dari hati ke hati

Sumber

Sumber via https://pixabay.com

Terkadang istri akan merasa dilema untuk menjelaskan penyebab dia ngajak pindah rumah, hal itu wajar karena mungkin dia takut untuk menceritakan penyebabnya kepada kita. Hal yang sering dijumpai pada istri yang hatinya sedang sedih karena ingin pisah rumah dengan mertuanya adalah dia akan menangis dan saat ditanya dia pun tidak akan bicara.

Saat situasi tersebut terjadi maka seorang suami jangan langsung menyakan secara paksa kepada istri tentang penyebab dia menangis. Cobalah menanyakan secara pelan-pelan dan buat dia merasa nyaman dulu, dan setelah itu barulah ajak bicara secara perlahan.

Advertisement

3. Berikan pengertian

Sumber

Sumber via https://pixabay.com

Setelah kita mengetahui apa penyebab istri ngajak pisah rumah dari mertuanya maka selanjutnya kita harus bisa memberikan pengertian dan penjelasan. Jika penyebab dia ngajak pindah karena tidak betah maka berilah dia pengertian dan penjelasan yang bisa membuat hatinya sedikit senang. 

Setelah itu kita juga harus memikirkan bagamana cara membuat istri agar betah berada dirumah. Caranya cobalah berikan dia perhatian lebih dari biasanya, atau kita harus lebih peka terhadap apa yang ada di hatinya.

4. Tetap tenang

Saat kita menghadapi situasi dimana istri selau mengajak pindah rumah dari rumah orang tua kita, maka yang harus kita lakukan adalah tenang dan jangan mudah terpengaruh oleh keinginan istri kita.

Berikan dia penjelasan, pengertian dan perhitungan yang tepat apabila main pindah begitu saja. Berilah dia penjelasan mengenai kemampuan serta keterbatasan kita dengan cara yang sederhana, namuan mudah dia pahami.

5. Kalau mampu kenapa tidak

Sumber

Sumber via https://pixabay.com

Berumah tangga memang seharusnya mandiri dan dijalani tanpa campur tangan orang tua. Oleh karena itu apabila kita sudah mampu untuk membangun rumah tangga yang sebenarnya ya lebih baik tinggal dirumah sendiri yang di isi hanya kita dan istri.

Namun dalam kenyataanya tidak semua laki-laki bisa dengan cepat dalam mewujudkan hal ini, meski saya yakin semua laki-laki yang sudah berumah tangga pasti memimpikan memiliki rumah untuk keluarganya.

Pilihan terbaik apabila istri sudah tidak bisa lagi tinggal di rumah orang tua kita dan kita belum bisa membuat atau membeli rumah, maka sebainya kita menyewa kontrakan saja.

Menjalani rumah tangga tentu tidak mudah, karena ada dua pikiran serta keinginan yang berbeda dan harus di satukan. Namun sebagai laki-laki yang menjadi pemimpin dalam rumah tangga, sudah sepatutnya kita berusaha untuk berumah tangga secara mandiri dengan berusaha semapunya dan semaksimal mungkin.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penulis kere hore di www.maxikhsan.my.id

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE