Cara Membuat EBook di HP dan Laptop dengan 5 Langkah Mudah

Membaca buku melalui gadget merupakan alternatif terbaik di era serba digital saat ini. Untuk kamu yang hobi menulis dan ingin menarik perhatian banyak pembaca, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk membuat ebook ini. Ebook atau electronic book adalah sebuah buku yang dibuat dengan versi digital dan bisa dibaca melalui gadget seperti laptop, smartphone, dan tablet.

Buku elektronik ini merupakan bentuk media yang digemari oleh masyarakat luas karena terbilang cukup praktis. Tak hanya mudah untuk dibaca, ternyata cara membuat ebook juga sangat mudah dan bisa lakukan sendiri!

Advertisement

1. Mengenali Target Audiens

Photo by Ketut Subiyanto on Pexels

Photo by Ketut Subiyanto on Pexels via https://www.pexels.com

Dalam pemasaran digital, kamu harus peka tentang apa saja topik yang kira-kira bisa menarik banyak calon konsumen. Hal ini juga berlaku untuk penulis! Agar kamu paham tentang tren topik dan isu yang sedang ramai dibicarakan masyarakat, kamu bisa melakukan reseach dan survey sederhana secara online.

Kamu bisa menganalisis data para pengguna media sosial dengan memanfaatkan berbagai tools yang bisa kamu akses di Internet secara gratis.

Advertisement

2. Mencari Topik

Photo by Perfecto Capucine on Pexels

Photo by Perfecto Capucine on Pexels via https://www.pexels.com

Jika sudah menemukan target pembaca, sekarang saatnya kamu menentukan topik untuk ebook yang akan dibuat. Untuk memudahkan dalam mencari topik, kamu bisa membuka situs-situs yang menjual atau menyediakan review buku di internet. Kemudian, kamu bisa melihat ulasan yang diberikan para pembaca untuk dijadikan patokan ebook yang akan kamu buat.

3. Membuat Kerangka Ebook

Photo by picjumbo.com on Pexels

Photo by picjumbo.com on Pexels via https://www.pexels.com

Buatlah rencana konten atau content planning untuk menulis ebook. Pada umumnya, ebook yang sudah banyak dibuat oleh orang lain memiliki kerangka penulisan seperti berikut ini:

  • Judul
  • Timeline penulisan ebook
  • Poin-poin utama yang akan kamu tuliskan
  • Data pendukung
  • Kesimpulan

Call to action, hal yuang mendorong pembaca untuk melakukan sesuatu setelah selesai membaca ebookmu

4. Membuat Konten Fresh dan Unik

Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Photo by Vlada Karpovich on Pexels via https://www.pexels.com

Keuntungan dari membuat ebook dengan konten yang fresh dan unik yaitu dapat menarik perhatian calon pembaca ketika hendak dipasarkan. Tips yang bisa kamu lakukan yaitu mencari bantuan dari penulis lain yang sekirannya bisa membantumu untuk menulis dari awal. Waktu yang dibutuhkan juga tidak sebentar, jadi kamu harus pikirkan matang-matang.

Belum lagi, jika tiba-tiba kamu stuk di tengah perjalanan. Opsi lain yang bisa kamu lakukan yaitu membuat ebook dari konten. Cara ini jauh lebih mudah dibandingkan harus mencari penulis lain. Jika kamu berhasil membuat artikel yang menarik dan banyak dikunjungi, artinya para pengunjung tertarik dengan tulisanmu. Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan membuat artikel tersebut pada versi ebook.

5. Membuat Cover Ebook

Photo by Galymzhan Abdugalimov on Unsplash

Photo by Galymzhan Abdugalimov on Unsplash via https://unsplash.com

Cover merupakan hal utama yang akan dilirik calon pembacamu. Buatlah cover ebook semenarik mungkin agar banyak orang terpikat untuk membaca buku digital yang kamu buat. Tidak usah khawatir, saat ini sudah banyak aplikasi yang memudahkan kamu dalam pembuatan cover ebook.

6. Memilih Format yang Tepat

Photo by Perfecto Capucine on Unsplash

Photo by Perfecto Capucine on Unsplash via https://unsplash.com

Hal terakhir yang tidak boleh kamu lewatkan sebelum mempraktikkan cara membuat ebook yaitu memilih format yang tepat untuk buku digitalmu. Tenang saja, banyak sekali format yang sudah tersedia untuk buku yang akan kamu buat nanti. Namun, hingga saat ini PDF adalah format paling populer yang digunakan penulis lain dalam membuat ebook.

Di samping itu, cetak ebook yang paling mudah yaitu dengan format PDF. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan format PDF agar bisa diakses dan dicetak dengan mudah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang Blogger dan penulis di situs-situs media nasional.

CLOSE