Siapa sih yang tidak suka dengan barang-barang bagus? Setiap orang pasti ingin memiliki dan mengenakan barang dengan kualitas bagus dan awet untuk dipakai sehari-hari. Namun, ada saja kendala yang membuat kita untuk berpikir ulang, antara mau membelinya atau tidak. Salah satunya yaitu kondisi keuangan yang sering membuat kita sakit hati dan dompet ‘menjerit’.

Eits, jangan patah semangat dulu! Kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mendapat barang berkualitas dan awet dengan uang yang pas-pasan.

1. Jangan malas menabung

Poin terpenting dalam keuangan. Menabung tidak harus dilakukan oleh orang yang sudah memiliki pekerjaan, namun teman-teman yang masih bersekolah ataupun kuliah bisa banget menabung dengan menyisihkan uang saku atau bulanan.

Advertisement

Menabung juga menjadikan kita lebih hemat dan bisa mengatur pengeluaran uang setiap harinya. Bukan berarti kita pelit dengan diri sendiri lho ya!  

2. Tekun, sabar, dan konsisten

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Godaan itu datangnya dari mana saja. Tidak heran jika saat menabung banyak sekali kendala yang kita temui. Seperti kebutuhan mendadak ataupun hasrat ingin membeli sesuatu yang tidak bisa terbendung lagi.

Ingatlah jika menabung juga membutuhkan kesabaran. Tekun dan konsisten juga penting lho! Tekun dan konsisten bisa membuat kita fokus akan tujuan menabung, percaya deh tabungan yang kita miliki semakin lama akan menjadi bukit. Three keywords: Tekun. Sabar. Konsisten.

3. Cari Sesuai Kebutuhan

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://www.pexels.com

Advertisement

Hayo, siapa yang sering beli barang tapi barang itu ‘gak terpakai alias beli karena ingin doang atau gengsi? Adakalanya kita tergoda untuk membeli seuatu padahal kita sendiri tidak begitu membutuhkannya. Keinginan yang tinggi tanpa bertanya pada diri sendiri tentang “aku sebenernya butuh ‘nggak sih?” 

Bisa menjadi lubang untuk kita dan jatuh ke hidup boros. Jangan mau diperbudak oleh keinginan yang tak penting! Cari dan belilah sesuatu karena memang membutuhkannya. Itu akan membuat kita lebih selektif dalam membeli sesuatu dan barang itu menjadi lebih bermakna untuk kita. 

4. Pintar dan cermat dalam memilih barang

Barang branded pasti kualitasnya bagus. Stigma ini sudah menjadi makanan sehari-hari kita ketika ingin membeli sesuatu. Tapi apakah benar tuh barang branded pasti kualitasnya bagus? Nggak semua barang branded itu memiliki kualitas yang bagus dan gak semua barang non-branded itu jelek.

Branded ataupun tidak, yang terpenting adalah kita pintar dan cermat dalam memilih barang. Mulai dari bahan dan kualitas barang tersebut hingga harga yang ditawarkan sesuai ataupun tidak. Ada harga ada kualitas. Jangan sampai kalian membeli barang mahal namun kualitasnya tidak ‘semahal’ harganya.    

5. Cari Pendapatan Tambahan

Photo by Erik Scheel from Pexels

Photo by Erik Scheel from Pexels via https://www.pexels.com

Teruntuk kalian yang masih sekolah maupun kuliah, ini menjadi poin penting dalam memiliki uang. Tidak salah jika kalian masih mengandalan uang dari pemberian orang tua untuk ditabung tapi tidak salah juga jika kalian bisa menghasilkan uang dengan jerih payah kalian sendiri. Misalnya, mengandalkan kretivitas kalian untuk menjadi modal dasar pendapatan kalian.

Menjadi illustrator, doodling, designer, ghost writer, re-seller ataupun lainnya. Hal-hal kecil yang bisa menghasilkan uang. Untuk modal, kalian bisa ambil dari sebagian tabungan sebagai modal awal. Tidak harus bermodal besar, karena yang dibutuhkan adalah tekad dan kemauan.

Asal kalian tekun dengan apa yang kalian kerjakan, pastilah hasil jerih payah kalian akan terbayar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya