Bagaimana Cara Mengatasi Stres? Mulailah dari 5 Tips Berikut

Buatlah antisipasi di masa sekarang, agar kamu tidak stres di masa depan. 

Kita semua pasti pernah mengalami stres. Entah itu di kampus, di rumah, bahkan saat perjalanan. Kita bisa saja merasa sangat stres karena interaksi yang buruk dengan seseorang, terlalu banyak mengerjakan tugas, atau kesal karena selalu terjebak macet.

Stres dapat membuat kamu berpikir bahwa kamu tidak melakukan yang terbaik, dan itu bisa saja menghantuimu secara mental, fisik, dan emosional. Perlu kamu ingat, stres adalah hal yang pasti akan dialami semua orang. Tidak akan ada kehidupan yang benar-benar bebas dari stres. Penting untuk kamu tahu bagaimana cara mengatasi stres, dan 5 tips di bawah ini mungkin bisa kamu coba.

Advertisement

1. Perlakukanlah dirimu dengan baik. Kamu punya batasan

Bekerja keras sampai melupakan kehidupan di dunia nyata, itu sangat tidak benar. Kamu akan lebih mudah merasa tertakan dan stres jika kamu terus-menerus melupakan batasan dirimu. Kamu punya batasan, dan kamu tahu itu.

Pergilah mandi, makanlah dengan baik, tidurlah dengan waktu yang normal (batas minimal) jika kamu tidak suka membuang waktumu. Pastikan untuk selalu minum banyak air putih, bila perlu konsumsi vitamin. Kamu harus memperlakukan dirimu yang sudah bekerja keras ini dengan baik! Tubuhmu adalah asetmu. Jika dia sakit, kamu juga yang akan rugi, bukan?

Advertisement

2. Hiduplah di masa sekarang

Terdengar mudah, namun sebenarnya ini adalah tips yang paling sulit. Apakah kamu sadar, jika kamu stres itu biasanya kamu akan merasa cemas dengan sesuatu dimasa depan, sesuatu yang belum terjadi.

Seperti kamu tidak yakin apakah kamu bisa mengerjakan soal ujian, kamu tidak yakin apakah kamu akan memenangkan kompetisi, or you're not sure whether something's going to be certain and that can drive you crazy if you allow it to.

Tapi coba deh, kamu hanya fokus di masa sekarang, fokus pada apa yang ada di depanmu. Saat kamu sedang ujian, coba fokus pada soal, bukan hasilnya. Saat kamu mengikuti lomba, fokuslah pada performa kamu selama perlombaan, bukan pengumumannya. Jadi buatlah antisipasi di masa sekarang, agar kamu tidak stres di masa depan. 

3. Catat

Tulis semuanya. Pemikiranmu, idemu, kecemasanmu, ketakutanmu, dan apapun yang sedang kamu pikirkan pada saat itu. Ini akan membuat situasimu lebih jelas ketika kamu mengeluarkan apa yang ada di otakmu, daripada hanya menimbunnya dan menjadi beban untukmu. Dengan menulis keluh-kesahmu, kamu jadi bisa tahu apa yang harus diubah, apa yang harus dilakukan, dan apa yang harus diperbaiki. 

4. Cerita kepada orang yang bisa kamu percaya

Jika kamu sedang dalam situasi yang sangat stres atau sangat cemas dengan banyak hal, kamu bisa bercerita pada temanmu yang memang bisa kamu percaya. Sesekali kamu memang butuh sudut pandang dari orang lain jika kamu merasa bingung dan tidak menemukan jalan keluar. 

5. Percaya pada proses

Di dunia ini, ada hal yang bisa kamu kontrol dan ada juga yang di luar kendalimu. Dan itu worthless, a waste of time to focus and worry about things that are outside of your control. Sebenarnya hal ini lebih ke, “do your best and release your control of the outcome.” 

Semua yang terjadi padamu sekarang, entah itu hal baik atau buruk, pasti akan hikmah di dalamnya. Semua itu akan membantumu berkembang, belajar, dan membuatmu semakin kuat.

Remember that easy come, easy go. And easy life is not real. Jadi percayalah dengan proses, apapun hasilnya. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisirkan rasa stres dan hidup lebih damai.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Undergraduate Communication Student

CLOSE