Sudah banyak sekali informasi mengenai bagaimana cara mengetahui masa subur. Dan memang caranya bermacam-macam. Ada yang menggunakan cara lama, yaitu menggunakan hitung-hitungan. Jadi, ada hitungannya kapan seorang wanita sedang dalam masa subur. Dan ini tergantung pada masa menstruasi.

Cara tersebut sudah tidak lagi digunakan semenjak ada kalkulator online yang bisa secara cepat menghitung masa subur wanita. Pada intinya sama. Hanya saja, seseorang tidak perlu menghitung secara manual, tapi sudah dihitungkan oleh kalkulator tersebut. Seseorang hanya perlu memasukkan data-data yang diperlukan.

Namun, yang menjadi masalah adalah bagaimana jika masa menstruasi Anda tidak tertatur?

Harus dipahami, saat Anda ingin mengetahui pada tanggal berapa Anda dalam kondisi sangat subur, Anda harus memasukkan data mengenai siklus haid rata-rata. Beruntung bagi wanita yang siklus haidnya teratur. Bagaimana dengan wanita yang siklus haidnya tidur teratur?

Nah, ini yang membuat hasil akhirnya tidak begitu valid. Namun, ada kok cara yang harus Anda lakukan.

Mendapatkan Waktu Subur Wanita dengan Haid Tidak Teratur

Ada keterangan yang dijelaskan oleh ahli kandungan mengenai bagaimana cara mengetahui waktu subur wanita dengan haid yang tidak teratur. Namun, sebelum itu, harus ditentukan dulu siklus haid rata-rata.

Tentu sangat mudah bagi wanita yang haidnya teratur. Bagi wanita dengan haid tidak teratur, Anda harus menentukan siklus dulu. Caranya dengan memperhatikan siklus haid selama kurang lebih 6 bulan. Dalam hal ini, Anda harus membuat pencatatan.

Agar mudah untuk Anda pahami, ada contoh kasus namun pencatatan tidak dilakukan selama 6 bulan, melainkan 3 bulan saja.  Ada seorang wanita yang mengalami menstruasi selama 3 bulan berturut-turut dengan catatan seperti ini: 21 Juli, 18, Agustus, dan 17 September. Maka, bisa didapatkan bahwasanya siklus haid wanita tersebut antara 28 hingga 30 hari.

Sudah ketemu kan? Selanjutnya, tinggal gunakan saja rumus berikut ini

  • Siklus terpendek dikurangi 18

  • Siklus terpanjang dikurangi 11

Dari contoh kasus tersebut di atas, bisa dihitung sebagai berikut:

  • 28 – 18 = 10 hari

  • 30 – 11 = 19 hari

Nah itu artinya, masa subur wanita tersebut berkisar antara hari ke 10 hingga hari ke 28 dihitung dari hari pertama siklus menstruasi.

Sekarang Anda sudah tahu kan bagaimana cara mengetahui masa subur bagi yang haidnya tidak teratur? Meskipun demikian, hal tersebut tidak lantas menjadi patokan. Banyak yang salah sangka. Mereka mengira kesuburan seorang wanita itu hanya berkaitan dengan waktu. Padahal, kesuburan juga berkaitan dengan kondisi tubuh.

Itulah mengapa ada juga cara lain untuk mengetahui kondisi wanita apakah sedang subur atau tidak. Ada kemungkinan juga ketika wanita dalam masa subur tapi tidak sedang dalam kondisi subur karena kondisi kesehatannya. Maka dari itu, selain Anda ketahui waktu subur, Anda juga perlu tahu apakah Anda dalam keadaan sehat dan subur atau tidak.

Tanda-Tanda Wanita Subur

Tidak salah jika Anda mencari mencari cara menghitung masa subur agar wanita cepat hamil. Namun, ada satu pertanyaan yang juga harus dijawab. Apakah hanya satu faktor itu saja yang membuat Anda cepat hamil?

Tentu saja tidak, bukan? Ada faktor lain seperti kondisi kesehatan, kesiapan rahim, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, perlu juga diketahui apa saja tanda-tanda tubuh wanita dalam masa subur.

  1. Perubahan Suhu Tubuh

Wanita itu memberikan kehangatan. Dan itu memang benar. Wanita cenderung memiliki suhu tubuh yang lebih hangat ketika bercinta. Dan ketika itu dirasakan oleh seorang suami, itu tandanya sang istri dalam masa subur.

 

Bukankah ini mitos? Ternyata tidak. Para ahli kesehatan wanita mengamini hal tersebut. Memang benar ketika wanita dalam masa subur, suhu tubuhnya meningkat sekitar 36 derajat Celsius dan bahkan lebih. Hal ini disebabkan tubuh wanita tersebut melakukan proses ovulasi.

Itulah mengapa sekarang ini ada alat prediksi masa subur. Pada intinya, alat ini digunakan untuk mendeteksi suhu tubuh wanita.

  1. Vagina Basah

Pernahkah Anda harus mengganti celana dalam hingga berkali-kali setiap hari lantaran celana dalam Anda basah terus? Ada kemungkinan basah tersebut disebabkan oleh lendir yang keluar dari rahim melalui vagina. Dan ini hal yang wajar. Lendir keluar melalui vagina karena rahim dalam kondisi yang siap. Sel telur siap dibuahi.

Suami sering merasakan vagina terasa lebih licin karena lendir. Dan ini tanda bahwa sang istri sedang dalam masa subur.

  1. Birahi Naik

Birahi seorang pria lebih tinggi daripada wanita. Namun, tidak bagi wanita. Biasanya, birahi wanita itu muncul ketika masa subur. Dan ini biasanya terjadi setelah 10 hari setelah haid selesai. Dan jika dilihat dari hasil perhitungan masa subur, memang pada waktu itulah wanita sedang dalam masa subur.

Bagi pasangan suami istri yang sulit sekali untuk mendapatkan momongan, mereka harus tahu mengenai informasi ini. Bercinta saat masa subur dianggap sebagai cara yang paling efektif untuk segera bisa hamil.

Namun, harus dipahami juga bahwasannya kondisi kesehatan, entah itu suami atau istri juga harus diperhatikan. Jangan hanya bercinta di saat masa subur. Kualita sperma juga harus bagus. Untuk itu, bagi pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan diharapkan untuk berhenti mengkonsumsi makanan yang kurang bergizi. Pola makan harus yang sehat. Ini menjadi kunci penting selain sekedar mengetahui cara menghitung masa subur agar wanita cepat hamil.

1. Iri lihat teman hamil, aku juga ingin.

Ingin Cepat Hamil

Ingin Cepat Hamil via https://google.co.id

Perempuan pasti mendambakan kehamilan. Terlebih kalau melihat teman-teman perempuan yang lain sudah diberi anugrah berupa janin dalam kandungan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya