7 Cara Jitu Menjadi Teman Kerja yang Baik dan Supportif. Biar Mood Kerja Makin Positif~

menjadi teman kerja yang baik

Banyak karyawan yang lebih sering menghabiskan waktunya bersama teman kerja daripada keluarga. Bagaimana tidak, mereka menghabiskan 40 jam per minggu untuk bekerja di kantor, daripada menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga. Oleh karena itu, memahami cara bergaul dengan orang-orang yang hampir setiap hari kamu temui di kantor akan membantumu menjadi teman kerja yang baik.

Ada beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan cara berurusan dengan teman-teman kerja, sehingga mereka dapat menilaimu sebagai teman kerja yang baik. Yuk simak cara menjadi teman kerja yang baik di bawah ini!

Advertisement

1. Biasakan senyum dan sapa di pagi hari untuk membangkitkan mood kerja

Photo by Kristina Paparo on Unsplash

Photo by Kristina Paparo on Unsplash via https://unsplash.com

Siapa yang setuju jika suasana hati di pagi hari selalu lebih segar daripada di waktu yang lain? Sebuah sapaan dan senyuman yang kamu berikan pada rekan kerja di kantor, bisa saja mencairkan suasana tempat kerja yang dingin, lho!

Biasakanlah menyapa dan tersenyum pada semua orang saat kamu tiba di tempat kerja di pagi hari. Dengan begitu, kamu akan memiliki mood lebih baik dan lebih siap untuk bekerja.

Advertisement

2. Pelajari seni dari mengobrol ringan

Photo by Mimi Thian on Unsplash

Photo by Mimi Thian on Unsplash via https://unsplash.com

Tidak hanya berdiskusi mengenai pekerjaan, terkadang obrolan ringan di luar pekerjaan juga diperlukan antar sesama rekan kerja. Kamu bisa menanyakan apa yang menjadi ketertarikan mereka, seperti film apa yang disukai, makanan apa yang digemari atau kegiatan apa yang biasanya dilakukan ketika waktu senggang.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menanyakan pendapat mereka tentang banyak hal, baik mengenai pekerjaan kantor ataupun hobi mereka di luar pekerjaan. Dengan mengobrol dan saling mendengarkan seperti ini, akan menunjukkan ketulusan yang kamu punya, sehingga mereka merasa nyaman berada di dekatmu dan menjadikanmu sebagai teman kerja yang baik.

3. Untuk menjadi teman kerja yang baik, hindari gosip!

Advertisement
Photo by Ben White on Unsplash

Photo by Ben White on Unsplash via https://unsplash.com

Kamu pasti tidak mau kan, ada orang lain membicarakan hal buruk di belakangmu? Untuk menghindari hal ini, kamu perlu melakukan hal yang sama, yaitu dengan menghindari membicarakan orang lain di belakang.

Ketika seorang rekan kerja di kantor mengajakmu mengobrol dengan topik gosip yang sedang beredar di kantor, kamu bisa memberi respon dengan mengatakan “Benarkah?” kemudian mengganti topik pembicaraan atau kembali bekerja.

4. Untuk menjadi teman kerja yang baik, jangan manja!

Photo by Hernan Sanchez on Unsplash

Photo by Hernan Sanchez on Unsplash via https://unsplash.com

Terkadang, memang ada banyak hal dalam pekerjaan yang sering kali membuat mengeluh sehingga yang dilakukan hanya merengek lantaran mendapat pekerjaan yang berat dan banyak.

Namun, hal itu sebenarnya membawa aura negatif lho, Dear. Jika kamu merasa ada yang salah dari pekerjaan yang kamu terima, kamu bisa mendiskusikannya pada rekan kerja yang lain. Jika kamu merasa lelah dalam bekerja, berhentilah sejenak untuk istirahat.

Intinya, kamu tidak perlu selalu bersikap manja dan mengeluh ketika mendapat pekerjaan yang banyak dan berat. Dunia kerja mengajarimu untuk menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab atas apa yang kamu lakukan. Tapi, tetap jangan lupa juga untuk istirahat ya, Dear!

5. Pujilah orang lain, membuatmu menjadi teman kerja yang baik

Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Photo by Brooke Cagle on Unsplash via https://unsplash.com

Hal ini mungkin akan terdengar sangat sepele, namun dapat menjadi sesuatu yang berarti bagi setiap orang: memberikan pujian kepada orang lain atas pencapaian yang telah ia raih.

Terlalu sering fokus pada kesalahan orang lain terkadang membuat kita lupa untuk menyampaikan hal baik, seperti sebuah pujian, untuk mereka. Untuk itu, pujilah teman kerjamu atas pencapaian apa yang telah ia raih, baik itu mengenai hal sederhana (seperti berpakaian yang lebih bagus untuk hari ini), atau mengenai pekerjaan (seperti ketika mendapat promosi jabatan).

Dengan memberikan pujian yang tulus, mereka akan menganggapmu sebagai rekan kerja yang baik lantaran memperhatikan dan mengapresiasi hal kecil hingga besar yang mereka lakukan.

6. Be helpful to others!

Photo by Icons8 Team on Unsplash

Photo by Icons8 Team on Unsplash via https://unsplash.com

Saat kamu memiliki waktu luang dan masih memiliki tenaga untuk melakukan hal lain, bantulah teman kerjamu yang sedang kesusahan dalam menyelesaikan beban pekerjaan yang ia miliki.

Dengan memiliki sikap mudah membantu seperti ini, kamu akan mendapat apresiasi yang lebih dari teman kerjamu. Mungkin saja, kebaikanmu hari ini akan terbalaskan dengan sesuatu yang lebih besar di kemudian hari.

Tapi, jangan lupa untuk mengetahui kemampuan dirimu sendiri ya, Dear. Jangan sampai pekerjaan dan tanggung jawabmu sendiri jadi terlantarkan, karena kamu asik membantu yang lain.

7. Jangan mencari masalah

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Photo by Annie Spratt on Unsplash via https://unsplash.com

Terkadang, semua upaya sudah kamu lakukan untuk menjadi teman kerja yang baik. Namun, pasti ada saja satu atau dua hal yang mengacaukan pikiran atau suasana di kantor lantaran memiliki pandangan yang berbeda.

Perlu kamu ingat, bahwa hal seperti ini tidak perlu dijadikan masalah. Kamu tidak perlu memaksakan sesuatu yang tidak bisa disatukan, dalam artian, memang ada beberapa hal di dunia ini yang tidak bisa bersatu.

Untuk menghindari masalah, kamu lebih baik tidak perlu mengambil alih yang berlebihan di tempat kerjamu. Lakukanlah segala sesuatu sesuai porsi dan kapasitas yang kamu miliki, sehingga kamu akan terhindar dari masalah.

Nah, jadi itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjadi teman kerja yang baik ala Riliv. Tips mana aja nih yang sudah kamu lakukan? Semoga beberapa tindakan di atas dapat membantumu untuk lebih membaur dan menjadi rekan kerja yang lebih baik lagi ya, Dear!

Disadur dari:

  1. https://www.rd.com/advice/work-career/13-ways-to-be-a-better-coworker/
  2. https://work.chron.com/10-tips-better-coworker-2715.html

Artikel ini ditulis oleh Khanza Sabrina Salsabila dari Riliv.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

une femme libre

CLOSE