Cara Mudah Menbuat Siomay Ayam yang Enak dan Lezat

Resep siomay ayam

Siomay merupakan salah satu dari sekian banyak makanan ringan atau biasa disebut dengan cemilan yang enak dan banyak sekali peminatnya. Makanan ini biasanya dikenal dengan kelezatanya dan aroma ayamnya yang khas sehingga dapat menarik minat pembelinya.

Resep siomay ini memiliki berbagai varian cara membuatnya, penulis akan menawarkan cara mudab membuat siomay ayam yang enak dan lezat tentunya. Siomay yang masih ada hubunganya dengan dimsum ini adalah makanan yang bikin nagih saat memakanya, makanya banyak sekali peminatnya dan mudah juga untuk dibuat sendiri di rumah. Jadi kita tidak perlu repot-repot mencari pedagang sioma= karena kita sendiri juga bisa untuk belajar membuatnya di rumah.

Advertisement

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Sebelum kita membuat siomay ayam, kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan seperti :

1. Ayam bagian dada 1/2 kg

Advertisement

2. Tepung terigu 1 kg

3. Tepung kanji 1/2 kg

Advertisement

4. Minyak ikan secukupnya

5. Minyak goreng secukupnya

6. Ketumbar 1 sendok makan

7. Merica 1 sendok makan

8. Garam 1 sendok makan

9. Bawang merah 5 siung

10. Bawang putih 8 siung

11. Air secukupnya.

2. Haluskan semua bumbu-bumbu yang sudah disiapkan

Tribun style

Tribun style via https://images.app.goo.gl

Setelah semua bahan sudah disiapkan, campurkan dan masukan bumbu sedikit-sedikit kedalam cobek sambil kita tekan dan pipihkan agar halus, kita haluskan terlebih dahulu bumbu-bumbu masakanya dengan menggunakan cobek.

Haluskan dengan halus agar bumbu meresap dengan adonan saat dicampurkan, tambahkan garam sedikit kedalam bumbu agar sedikit ada rasa asin.

3. Haluskan ayam dengan blender

Sebelum kita masukan semua bahan-bahan yang ada, terlebih dahulu kita blender dan haluskan ayam dengan menggunakan blender. Tetapi kita harus memisahkan tulang besar dan tulang kecil yang ada di daging ayam, agar saat kita menghaluskannya tidak terlalu lama.

4. Campurkan semua bahan-bahan agar menjadi adonan siomay

Semua bumbu dan ayam sudah kita haluskan, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah mencampurkan semua bahan-bahan yang sudah halus, pertama kita masukan terlebih dahulu tepung terigu dan tepung kanji, setelah itu campurkan bumbu dengan dibarengi dengan memasukan air agar bumbu tercampur rata di adonan.

Adonan yang kita buat harus benar-benar rata dan agar nantinya mudah untuk di cetak bulat seperti siomay seperti biasanya, remas-remas adonan dengan menggunakan tangan dan campurkan sedikit garam dan air dingin supaya nantinya adonan menjadi kalis.

5. Masak adonan yang sudah menjadi kalis

Langkah terakhir yang kita lakukan adalah siapkan air rebusan dan bulat-bulatkan adonan dengan menggunakan tangan agar menjadi siomay yang kita inginkan, kita lakukan dengan langsung memasukan bulatan adonan kedalam air rebusan secara perlahan untuk menghasilkan bulatan yang bagus dan menarik untuk dilihat.

Setelah adonan sudah habis dan sudah masuk kedalam air rebusan, kita tunggu sebentar sekitar 10 menit agar adonan benar-benar matang dan enak untuk dimakan. 

6. Hidangkan sioamy yang kita buat dengan menarik

Selesai kita membuat siomay, mari kita hidangkan siomay di piring dengan cocolan banyak varian seperti sambal kacang, saos, atau sambal saos pedas atau juga bisa dengan yang lainya sesuai dengan selera kita.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE