Cara Packing Barang Asik Menjelang Mudik, Tidak Kusut dan Tidak Memakan Banyak Tempat

Lebaran sebentar lagi, waktunya mudik kawan-kawan!

Lebaran sebentar lagi, lebaran sebentar lagi! Duh, antara sedih dan senang sih, tidak terasa bulan ramadan tahun ini akan berakhir. Sedih karena merasa belum beribadah secara maksimal sekaligus senang kita bisa menyambut hari Raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta dan orang yang tersayang. Tak jarang, kita harus pesan tiket mudik jauh-jauh hari dan menyiapkan barang-barang yang harus kita bawa pulang saat mudik ke kampung halaman. Nah, gimana sih cara packing barang yang aman? Gimana cara packing baju supaya tidak kusut dan tidak makan banyak tempat? Yuk, simak sedikit tips berikut! 

1. Buatlah daftar barang bawaan yang akan dibawa

Advertisement

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah membuat daftar barang bawaan yang akan dibawa, terlebih jika membawa anak untuk mudik bersama. Rancangan daftar bawaan ini yang bikin kita lebih selektif, barang apa yang wajib dibawa dan barang apa yang tidak perlu dibawa. Barang yang perlu dibawa jika kalian masih single, kurang lebih seperti baju lebaran (2-3 stel, 1 stel untuk sholat Ied, 2 stel lainnya untuk kunjung-kunjung ke saudara), baju biasa buat ganti (4 stel cukup), juilbab dan bros atau peci, pakaian dalam, alat make up (usahakan pakek wadah travel size ya), alat mandi, obat-obatan, perlengkapan salat, sandal. Tapi, kalau bawa anak, sesuaikan aja barang apa yang perlu dibawa seperti obat-obatan anak, alat mandi, beberapa baju, dan sandal. Bisa juga membawa mainan yang paling disukai anak. Kalau masih pakai diapers, mending beli di tempat yang dekat dengan tujuan mudik supaya tidak banyak memakan tempat.

2. Supaya aman, gunakan koper tanpa zipper

Koper tanpa zipper

Koper tanpa zipper via https://i.ytimg.com

Terutama kalian yang bepergian menggunakan pesawat dan diharuskan ditaruh di bagasi pesawat. Koper tanpa zipper dinilai sangat aman karena tidak bisa dibobol oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

3. Menggunakan tas ransel dan tas kecil, juga perlu

Selain menggunakan koper, kita juga bisa menggunakan tas ransel untuk menyimpan beberapa dokumen, uang atau perlengkapan yang akan sering digunakan sepanjang perjalanan seperti alat make up, alat mandi, tissue, atau perlengkapan sholat. Tas kecil juga perlu, untuk menempatkan dompet berisi uang, charger, earphone, handphone, dan tiket pesawat atau tiket kereta.

Advertisement

4. Jika kamu perempuan, bawa saja jilbab berwarna netral

Salah satu jilbab netral

Salah satu jilbab netral via https://cdn.idntimes.com

Supaya tidak banyak memakan tempat, bawa saja jilbab berwarna netral seperti hitam, abu-abu, silver, biru tua, coklat, putih, dan mocca. Selain memperhatikan warna jilbab, perhatikan pula bahan yang digunakan.

5. Tatalah secara terstruktur barang bawaanmu di dalam koper

tata barangmu

tata barangmu via https://i1.wp.com

Cara menata barang yang akan dibawa mudik ini sangat penting lho. Ada cara simpelnya, tatalah baju dengan cara digulung dan golongkan baju tersebut berdasarkan waktu penggunaannya. Lakukan hal yang sama dengan jilbabmu. Masukkan sandal ke dalam wadah plastik, supaya tidak mengotori pakaianmu. Untuk menata pakaian dalam, cukup masukkan ke bagian wadah tersendiri dan masukkan ke dalam koper. Usahakan wadah tersebut berwarna gelap, supaya pakaian dalammu tetap terjaga kerahasiaannya, hehe. Jika sudah, jangan lupa kunci kopermu menggunakan kata sandi tersembunyi. Intinya, masukkan barang-barang yang tidak digunakan sepanjang perjalanan ke dalam koper ya. Kemudian berilah nama dan nomor telepon di kopermu, jika terjadi apa-apa, orang yang menemukan kopermu dapat segera menghubungimu.

6. Perhatikan keselamatan saat mudik

Mudik aman dan senang

Mudik aman dan senang via https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Terakhir, perhatikan keselamatan saat mudik. Cek kondisi kendaraanmu, atau cek tiket mudik dan tiket balik. Berhati-hatilah saat berkendara dan jangan lupa berdoa ya! Selamat Hari Raya Idul Fitri! 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Amatir..!

CLOSE