Ketika memikirkan desain lemari pakaian, kadang kita harus kreatif melakukannya. Apalagi, jika ruang di dalam kamar tidur kita terbatas. Tidak ada satu orang pun yang ingin rumahnya tampak berantakan. Namun, menyembunyikan barang-barang bisa jadi masalah tersendiri. Apalagi, kalau kamu punya terlalu banyak pakaian, sepatu, dan koleksi lainnya.

Dengan beberapa inovasi, lemari pakaian unik ini bukan hanya sekadar jadi tempat penyimpanan tetapi juga bisa menjadi dekorasi. Simak beberapa contoh kreatif menyusun tempat penyimpanan pakaian dari Arsitag.com berikut ini!

 

1. Kotak-kotak di bawah ranjang

Kotak-kotak Penyimpanan di Bawah Ranjang

Kotak-kotak Penyimpanan di Bawah Ranjang via https://www.homify.com

Meletakkan barang-barang di bawah ranjang memang tidak terdengar bagus, kecuali kamu punya cara berbeda melakukannya. Cobalah untuk memposisikan ranjang kamu lebih tinggi sehingga terlihat keseluruhan bagian kolongnya. Sebagai tempat penyimpanan, gunakan kotak-kotak dengan desain unik agar kamar tetap terlihat estetik.

2. Ruang penyimpanan pakaian di loteng

Lemari Pakaian Terbuka di Loteng Rumah

Lemari Pakaian Terbuka di Loteng Rumah via https://www.homify.com

Advertisement

Kunci utama untuk membuat tempat penyimpanan di rumah kita adalah memastikan tidak ada satu ruang pun yang terbuang sia-sia. Jika kamu punya loteng, kamu bisa menyulapnya menjadi lemari pakaian terbuka. Dengan menjadikan loteng sebagai tempat penyimpanan pakaian, kamu bisa menyediakan ruangan rapi yang mudah diakses untuk koleksi outfit kesayangan.

3. Ruang penyimpanan yang menyatu dengan dinding

Desain Lemari Pakaian Built-in Wall

Desain Lemari Pakaian Built-in Wall via https://www.homify.com

Selain menggunakan bagian kolong ranjang untuk memaksimalkan ruang, sistem built-in wall juga banyak diterapkan ketika tidak ada cukup space. Tidak hanya untuk meletakkan televisi, cara yang sama bisa kamu terapkan untuk lemari pakaian. Simak contohnya pada desain di atas.

4. Lemari pakaian dengan pintu-pintu rahasia

Lemari Pakaian Mirip Pintu-pintu Rahasia

Lemari Pakaian Mirip Pintu-pintu Rahasia via https://www.homify.com

Mirip dengan sistem built-in wall, kamu bisa menggunakan konsep pintu-pintu rahasia. Seolah menyembunyikan koleksi pakaian di balik pintu, tidak akan ada yang tahu kalau kamu punya lemari pakaian di baliknya. Apalagi, jika material penutupnya sama dengan bagian lain di seluruh ruangan.

5. Kotak penyimpanan bergaya vintage

Lemari Unik dari Tumpukan Koper-koper Jadul

Lemari Unik dari Tumpukan Koper-koper Jadul via https://www.homify.com

Advertisement

Untuk pakaian-pakaian yang dilipat, kamu bisa memanfaatkan beragam desain yang ada mulai dari yang bergaya klasik hingga bergaya vintage. Lemari pakaian di atas misalnya, memanfaatkan koper-koper tua yang disusun sedemikian rupa. Cara penggunaannya mirip dengan laci biasa hanya saja dengan desain yang unik dan berbeda dari lemari pada umumnya.

6. Tempat penyimpanan di balik tirai

Walk in Wardrobe di Balik Tirai

Walk in Wardrobe di Balik Tirai via https://www.homify.com

Jika kamu punya satu ruangan kosong di rumah, menyulapnya menjadi sebuah walk-in wardrobe adalah sebuah ide brilian. Gunakan sehelai kain dengan warna mewah sebagai tirai. Memasang karpet, memilih beragam aksesoris hingga perhiasan akan membuat tempat penyimpanan pakaian kamu terkesan mewah.

7. Rak-rak yang mengikuti struktur bangunan

Membuat Rak-rak yang Sesuai Struktur Bangunan

Membuat Rak-rak yang Sesuai Struktur Bangunan via https://www.homify.com

Ketika bentuk ruangan tidak lurus seperti di bawah tangga atau loteng, banyak ruang yang akhirnya terbuang sia-sia karena tidak bisa menjadi tempat penyimpanan rak. Kamu bisa mengakali kondisi ini dengan memasang sendiri rak yang bentuknya disesuaikan dengan struktur yang ada di sekitarnya. Jadi, alih-alih sekadar tempat untuk menggantungkan pakaian, ruang di bawah tangga juga bisa jadi tempat menyimpan aneka pernak-pernik koleksi kesayanganmu.

Itulah beberapa ide kreatif membuat ruang penyimpanan pakaian di rumah. Kamu tertarik untuk mencoba salah satu desainnya? (Anita)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya