Menikmati London dengan cara yang unik dan seru tapi tidak menguras kantong

United Kingdom atau biasa disebut Inggris merupakan negara kepulauan yang terletak di lepas pantai barat laut daratan Eropa dengan luas sekitar 248.532 km2. Ibu kota Inggris adalah London, yang merupakan salah satu pusat komersial, keuangan, dan budaya terkemuka di dunia. Banyak sekali atraksi dan tempat-tempat menarik yang perlu dikunjungi ketika berlibur ke Inggris.

Walaupun saya belum pernah ke Inggris, namun Inggis sudah menjadi destinasi wisata yang ada dalam wish list saya. Saya juga tidak akan membahas tentang tempat yang wajib dikunjungi di sana karena banyak sekali blog-blog traveler yang sudah menjelaskan secara detail. Saya ingin mengajak menikmati Inggris khususnya London dengan cara yang lebih unik yang mungkin nanti juga akan saya lakukan di sana suatu hari nanti.

1. MENCOBA BERBAGAI ALAT TRANSPORTASI DI LONDON

Moda transportasi di London sangat beragam mulai dari The Red bus atau biasa disebut Double Decker Bus yang sangat iconic atau the tube. Beberapa moda transportasi juga menawarkan tour London dengan berbagai rute yang menarik.

2. The Red Double Decker Bus

The Boris Routemaster

The Boris Routemaster via http://www.londonlovesbusiness.com

Bus yang merupakan icon London yaitu Routemaster diluncurkan tahun 1954 dan masih eksis hingga 2005 kemudian digantikan The Boris Routemaster yang lebih modern dan merupakan bus listrik yang ramah lingkungan. Bus ini juga menyediakan city tour dengan rute yang menarik dan harga yang bervariatif. Tour yang paling banyak diminati adalah hop-on hop-off 24 jam maupun 48 jam sehingga kita bisa membuat sendiri perjalanan di London.

Advertisement

3. River Bus

River Bus

River Bus via https://londonist.com

Untuk mendapatkan pengalaman menarik dan berbeda kita juga bisa mencoba River Bus, yaitu kapal untuk mengeksplor London dari Sungai Thames. Perjalanan ini akan menarik karena melewati beberapa destinasi iconic London seperti London Eye dan London Bridge tergantung paket tour yang kita pilih. Harganya sangat bervariasi dan saya sarankan beli secara online karena banyak sekali diskon dan potongan harga.

4. Cable Car

urban cable car

urban cable car via https://tfl.gov.uk

Cara yang seru lainnya untuk menikmati London adalah dengan menggunakan urban cable car sepanjang 1 km. Ini merupakan 360 Sightseeing Tour, yaitu tour menggunakan cable car menikmati kota London dari ketinggian 90 meter yang melalui beberapa destinasi wisata yaitu Canary Wharf, The O2 Arena dan The Olympic Stadium dengan harga kurang dari £5.

5. Amphibi Bus

Advertisement

Amphibi Bus yang disediakan oleh London The Duck Tour merupakan moda transportasi unik di darat dan air. Disediakan beberapa paket tour London yang menarik di antaranya Classic Sightseeing Tour yang menghabiskan waktu sekitar 75 menit dengan rute yang dimulai dari London Eye dan berakhir di Florence Nightingale Museum.

Selain itu juga ada opsi City of London Tour yang menghabiskan waktu yang sama sekitar 75 menit, dengan rute dimulai dari Royal Courts of Justice, dan berakhir di London Eye. Paket tour ini memadukan wisata darat dan kemudian dilanjutkan 20 menit wisata menyeberangi Sungai Thames.

6. London Tube/Underground Tube

Underground Tube atau yang lebih dikenal dengan nama London merupakan kereta bawah tanah yang menjadi andalan warga London. Kereta bawah tanah London merupakan kereta bawah tanah pertama di dunia dan dibuka pertama kali tahun 1863 dan berkembang hingga sekarang. Hampir sama dengan moda transportasi lainnya, untuk mendapatkan harga termurah, pembayaran dilakukan menggunakan Visitor Oyster Card/Oyster Card/Travelcard.

7. BERWISATA GRATIS DI LONDON

Trafalgar Square in London

Trafalgar Square in London via https://www.city-walks.info

Selain menikmati London menggunakan berbagai moda transportasi yang unik dan rangkaian tour keliling London dengan rute yang menarik, ada cara hemat menikmati London. London masuk dalam daftar 10 kota termahal di dunia. Namun jangan khawatir karena masih ada beberapa tempat dan pertunjukan gratis di London yang layak dikunjungi.

8. Buckingham Palace dan Pergantian Penjaga Istana

Pergantian Penjaga Istana

Pergantian Penjaga Istana via https://edition.cnn.com

Buckingham Palace merupakan tempat tinggal resmi Ratu, dan merupakan icon yang paling "London". Tradisi pergantian penjaga istana yang sangat terkenal ini telah berlangsung sejak tahun 1666 dan berlanjut ketika Ratu Victoria pindah ke Buckingham Palace tahun 1837.

Hingga kini tradisi ini berlanjut dan hanya dilaksanakan selama musim panas dari bulan April hingga akhir Juli sekitar jam 11.30 pagi dan prosesi ini memakan waktu kurang lebih 45 menit. Pastikan kita datang lebih awal untuk mendapatkan spot terbaik.

9. Mengunjungi Galeri Seni

Tate Britain

Tate Britain via http://www.londontown.com

Tate Modern dan Tate Britain menyimpan beberapa karya seni terbaik di dunia. Tate Modern berfokus pada seni kontemporer sementara Tate Britain menampilkan seni Inggris dari abad ke-16 hingga sekarang. Galeri seni London lainnya yang layak dikunjungi yaitu National Portrait Gallery dan National Gallery di Trafalgar Square.

10. Menikmati Museum

London Museum

London Museum via http://ciaobambino.com

Hampir semua museum di London gratis tapi untuk beberapa acara seperti pameran dan acara khusus kita akan dikenakan biaya. Museum London merupakan salah satu museum favorit dimana kita bisa belajar semua tentang sejarah London dari zaman Romawi hingga sekarang. Selain itu Museum Geffrye menawarkan desain interior Inggris dan menghidupkan kembali bagaimana rasanya tinggal di London dalam era yang berbeda.

11. Berbelanja Pasar Jalanan/ The Street Market

Hackney Flea Market

Hackney Flea Market via http://www.hackneyfleamarket.com

London terkenal dengan street market atau pasar jalanan dan yang paling populer adalah Camden Market dan Portobello Market. Selain itu juga ada Greenwich Market dan beberapa pasar jalanan yang hanya buka di hari Minggu yaitu Brick Lane Market dan Columbia Flower Market. Selain itu juga ada Flea Market atau pasar barang bekas/second namun berkualitas di Hackney Flea Market.

12. Bersantai di Taman

St. James Park

St. James Park via https://www.visitlondon.com

Taman di London sangat cantik dan kita tidak perlu membayar untuk menikmati keindahannya. Taman yang paling terkenal adalah Queen Mary’s Rose Garden di Regent’s Park. Selain itu St. James Park juga merupakan salah satu taman terfavorit untuk menikmati pemandangan terbaik Buckingham Palace.

Selain itu kita bisa mengunjungi Hyde Park dan Kensington Gardens (berdampingan) yang di dalamnya terdapat Diana Memorial Playground dan juga Patung Peter Pan. Taman rekomendasi lainnya adalah Greenwich Park yang menyajikan pemandangan cakrawala London yang menakjubkan dari observatorium.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya