Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan populer wisatawan Indonesia. Jepang merupakan negara dengan komunitas muslim yang sedikit, mayoritas masyarakat di Jepang menganut Buddha dan Shinto. Hal ini pun mempengaruhi gaya hidup masyarakat secara keseluruhan di Jepang. Berbeda dengan di Indonesia, banyak restoran Jepang yang memakai daging babi dalam hidangannya tidak mencantumkannya di papan restoran atau terkadang dalam menunya.

Bagi kamu yang umat muslim yang ingin berwisata ke Jepang jangan berkecil hati dulu, berikut 10 rekomendasi tempat makanan halal di Jepang yang murah khusus untuk kamu.

1. Malaychan

Malaysia Ethnic Restaurant

Malaysia Ethnic Restaurant via https://picsoc.com

Malaychan adalah sebuah restoran halal di daerah Ikebukuro, Tokyo dengan sertifikasi halal dari pemerintahan Malaysia. Restoran ini menyuguhkan berbagai hidangan Malaysia dan China yang disesuaikan dengan lidah orang Jepang. Restoran ini memang lebih menarik bagi masyarakat lokal, namun tak ada salahnya bagi kamu untuk makanan di sini karena sudah pasti halal dan lezat.

Advertisement

Menu-menu yang disuguhkan di restoran ini antara lain berupa aneka nasi dengan beragam lauk, sup, serta kari yang cukup populer di kalangan masyarakat Jepang. Rata-rata harga setiap hidangan di restoran Malaychan antara 900 Yen hingga 1000 Yen. Harga biasanya berbeda sesuai dengan jam makanan siang atau malam.

Jam Buka
• Senin: 17.00-23.00
• Selasa – Sabtu: 11.00-12.30, 17.00-23.00
• Minggu: 11.00-23.00

2. Sumiyakiya

Sumiyakiya Nishiazabu

Sumiyakiya Nishiazabu via https://twitter.com

Tempat makanan halal di Jepang selanjutnya berlokasi di Roppongi, Tokyo. Kunjungi Sumiyaki, restoran yang terkenal di kalanganan wisatawan muslim karena daftar menunya yang halal. Tidak hanya wisatawan biasa, bahkan Perdana Mentri Malaysia, Mahathir Mohamad juga sempat makanan di restoran ini saat sedang mengunjungi Jepang.

Advertisement

Restoran satu ini menyajikan berbagai hidangan daging yang pastinya halal. Restoran ini cocok sekali bagi kamu yang ingin merasakan kelezatan makanan Jepang. Yakiniku dengan sayur-sayuran segar. Untuk harga setiap paket hidangan juga terbilang murah, mulai dari 1000 Yen untuk makan siang dan 4000 Yen untuk makan malam.

Jam Buka
• Senin – Jumat: 11.30-15.00, 18.00-23.30
• Sabtu: 18.00-23.30
• Minggu tutup.

3. Gyumon

Kamu juga bisa menemukan tempat makanan halal di Jepang di daerah Shibuya. Kunjungi Gyumon untuk mengisi perut lapar kamu setelah jalan-jalan di Jepang. Restoran ini juga spesialis hidangan daging Yakiniku makanan khas Jepang. Restoran satu ini memiliki kapasitas terbatas, jadi ada baiknya kamu melakukan reservasi sebelum makan di tempat ini.

Restoran ini memiliki menu populer yaitu daging tenderloin yang bisa kamu sesuai ukuran porsinya sesuai selera. Tempat makan satu ini cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara sebagai tempat kumpul bareng teman yang menyenangkan sambil memanggang daging sendiri. Untuk harga setiap paket hidangan bisa kamu nikmati mulai dari 3000 Yen.

Jam Buka
• Setiap Hari: 17.00-23.00

4. Hanasakaji-san

Suki halal di Jepang

Suki halal di Jepang via http://www.affordorable.com

Jika tidak dapat tempat di Gyumon, anda tak perlu khawatir, masih ada tempat makan halal di Jepang lainnya di Shibuya yang bisa kamu kunjungi. Hanasakaji-san adalah restoran halal yang menyuguhkan menu shabu-shabu khas Jepang. Shabu-shabu adalah hidangan daging tipis yang dicelupkan ke kuah kaldu untuk memberikan cita rasa gurih yang lezat.

Untuk merasakan kelezat daging shabu-shabu khas Jepang di restoran ini, kamu perlu menyiapkan budget sedikit lebih tinggi, namun masih terjangkau. Untuk makan siang, kamu perlu menyiapkan uang paling sedikit 2500 Yen. Sementara untuk makan malam biasanya lebih mahal, mulai dari 4000 Yen sampai 18.500 Yen.

Jam Buka
• Senin – Jumat: 10.30-15.00, 17.00-24.00
• Sabtu – Minggu: 17.00-24.00

5. Kappou Yama

Kappou Yama

Kappou Yama via https://www.idntimes.com

Berkunjung ke Jepang tak akan lengkap tanpa merasakan kenikmatan mie kuah khas yang terkenal dengan sebutan ramen. Namun, cukup banyak restoran maupun kedai ramen di Jepang menggunakan kaldu babi pada kuah ramen. Tenang, ada restoran ramen yang menjual ramen dengan kuah halal. Kunjungi Kappou Yama di Saitama untuk mencicipi ramen halal.

Selain ramen, kamu juga bisa mencoba kuliner khas Jepang lainnya seperti yakitori dan bento, nasi dengan lauk dan sayuran khas Jepang untuk makan siang. Untuk harga tiap menu berkhisar mulai 2000 Yen. Jangan lupa melakukan reservasi sehari sebelum hendak berkunjung.

Jam Buka
• Selasa – Minggu: 19.00-21.00
• Senin tutup.

6. Gyoen Ramen Ouka

Gyoen Ramen Ouka

Gyoen Ramen Ouka via http://www.nizarwoganblog.com

Satu lagi tempat makan halal di Jepang yang bias kamu kunjungi untuk mencicipi ramen yang lezat adalah Gyoen Ramen Ouka di Shinjuku. Ramen di sini terkenal akan kelezatan serta porsinya yang bakal bikin kamu kenyang, dan pastinya halal. Jika kebanyakan restoran ramen di Jepang tidak menyediakan nasi untuk dimakan bersama ramen, restoran satu ini akan memuaskan nafsu makan ala Indonesia-mu yang suka makan mie dengan nasi.

Selain itu, kamu juga akan disuguhi lauk pendaping lainnya berupa ayam bakar dan yakitori. Di jamin puas dan kenyang. Kamu bisa makan puas di restoran ini dengan budget mulai dari 1000 Yen saja.

Jam Buka
• Senin – Kamis: 12.30-15.00, 18.00-22.00
• Sabtu – Minggu: 12.30-22.00

7. Gyukaku

Yakiniku merupakan hidangan daging komplit khas Jepang. Yakiniku komplit cenderung mahal jika kamu pergi ke tempat-tempat besar dan popular, selain itu, ke halalnya juga tidak terjamin. Kamu tetap bisa mencicipi hidangan yakiniku lengkap dan lengkap serta halal di Gyukaku, Akasaka. Restoran yakiniku satu ini merupakan salah satu tempat makan halal di Jepang di kalang warga local dan turis mancanegara.

Restoran ini memiliki sertifikasi halal dari Lembaga muslim di jepang dan menyediakan berbagai paket hidangan halal. Kamu bisa memilih menu seperti Muslim Friendly dan Muslim Friendly Wagyu Course. Semua menu bisa kamu pesan dengan harga mulai dari 4500 Yen.

Jam Buka
• Setiap Hari: 11.30-03.00

8. Matsuri

Restoran satu ini menghidangkan hampir berbagai makanan khas Jepang dan yang pastinya semua halal. Chef di restoran ini adalah orang Jepang yang mampu mencipatakan hidangan dengan cita rasa asli dengan bahan-bahan halal. Bagi kamu penggemar seafood, banyak menu hidangan laut yang bisa kamu coba di sini. Satu lagi hidangan yang wajib kamu coba di Matsuri adalah okonomiyaki-nya yang lezat.

Kamu juga bisa mencoba ramen dan aneka sushi di tempat makan halah satu ini. Pelayanan pun ramah, dijamin bikin kamu betah dan ingin balik lagi. Untuk khisaran harga tiap hidangan mulai 210 Yen hingga 880 Yen.

Jam Buka
• Setiap Hari: 11.00-14.00, 15.00-23.00

9. Sojibo Soba

Jepang sangat popular dengan berbagai jenis hidangan mie. Selain ramen, kamu juga jangan sampai melewatan kesempatan untuk makan Soba di Jepang. Salah satu tempat makanan halal di Jepang yang menjual Soba yang bisa kamu coba adalah Sojibo Soba di Kansai. Restoran ini berlokasi di area bandara Kansai, bisa kamu kunjungi sambal nunggu jadwal terbangmu atau sesampainya kamu di Kansai.

Jika restoran di bandara biasanya memiliki harga yang mahal untuk tiap menunya, tidak dengan restoran soba ini. Kamu bisa menikmati Soba mulai dari 590 Yen hingga 1580 Yen.

Jam Buka
• Setiap Hari: 07.00-22.00

10. Sanuki Udon

Satu lagi aneka mie khas Jepang yang wajib kamu cobain adalah Udon. Kunjungi Sanuki Udon yang masih belokasi di bandara Kansai. Berbagai hidangan mie udon di sini dijamin halal dan murah. Bedanya udon dengan soba dan ramen adalah ukuran mie yang lebih besar dan pasti bikin kamu kenyang. Udon juga biasa disajikan dengan berbagai pilihan tempura yang renyah.

Khisaran harga hidangan udon di rsetoran satu ini sekitar 450 Yen hingga 760 Yen.

Jam Buka
• Setiap Hari: 07.00-22.00

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya