#CatatanAkhirTahun – Kilas Balik Pencapaianku di 2021 dan Resolusiku di 2022

Tahun 2021 bisa dibilang adalah tahun paling produktif buatku. Kalau boleh dikatakan, aku tidak pernah membiarkan satu hari berlalu tanpa menghasilkan sebuah karya. Meski pun itu hanya menulis seratus sampai dua ratus kata, yang penting hari-hariku harus diisi dengan membuat sebuah karya.

Hipwee menjadi salah satu platform yang paling sering aku gunakan untuk memublikasikan karyaku yaitu berupa artikel narasi dan listicle. Kemampuan menulisku semakin terasah karena banyak sekali challenge yang diadakan di Hipwee dan aku ikut serta di dalamnya. Meski pun di antara banyaknya challenge tersebut, ada beberapa yang tidak beruntung.

Tapi, menang dan kalah adalah hal yang biasa dalam sebuah kompetisi. Aku menulis dan berkarya bukan untuk menjadi seorang pemenang. Aku menulis karena aku memang senang menulis. Menulis membuatku bahagia. Aku senang ketika tulisanku dibaca dan di-share oleh banyak orang.

Mumpung sekarang masih ada di momen tahun baru, aku mau menunjukkan beberapa karya yang aku hasilkan di tahun 2021.

Advertisement

1. 51 artikel di Hipwee

Photo by Markus Winkler from Pexels

Photo by Markus Winkler from Pexels via https://www.pexels.com

Aku sering berkomunikasi dengan followers di instagramku melalui story dan berinteraksi dengan mereka. Salah satu interaksi yang aku lakukan adalah menanyakan kepada mereka kira-kira tema apa saja yang mereka suka yang nantinya akan aku jadikan artikel. Tidak disangka respon mereka sangat positif. Kebanyakan artikelku di tahun ini adalah hasil dari request para followers-ku. Dan tahun 2021, aku telah menghasilkan 51 artikel di Hipwee.

2. Menjadi kontributor terbaik di Hipwee pada bulan Agustus 2021

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Photo by RODNAE Productions from Pexels via https://www.pexels.com

Menjadi kontributor terbaik adalah harapan semua kontributor di Hipwee. Dan alhamdulillah aku mendapatkan keberuntungan itu pada bulan Agustus 2021 lalu bersama dua kontributor lainnya. Tidak pernah terbersit sama sekali dalam pikiranku bahwa aku bisa mendapatkan apresiasi sebesar ini.

Advertisement

3. Pemenang artikel #BeraniBaik di Hipwee x Siberkreasi Kominfo

Photo by Anna Tarazevich from Pexels

Photo by Anna Tarazevich from Pexels via https://www.pexels.com

Artikelku yang berjudul #BeraniBaik – 5 Cara Meningkatkan Personal Branding Lewat Instagram Agar Karyamu Lebih Dikenal Banyak Orang ternyata terpilih menjadi artikel pilihan dan dijadikan e-book kerjasama Hipwee dan Siberkreasi Kominfo. Artikelku tersebut sesungguhnya aku ambil dari pengalaman pribadi pada poin nomor 1. Silakan kalian baca artikelnya di sini.

4. Kontributor dengan jumlah share artikel terbanyak di Hipwee (177.848 share)

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Di akhir tahun, aku dikejutkan lagi dengan pemberitahuan bahwa salah satu artikelku masuk nominasi sebagai artikel dengan jumlah share terbanyak. Aku tidak menyangka bahwa begitu banyak pembaca yang menyukai artikelku tersebut. Artikel yang berjudul Punya Mertua dan Ipar yang Baik itu Suatu Keberuntungan. Bersyukurlah Jika Kamu Sudah Memilikinya! itu telah mencapai sebanyak 177.848 kali share. Apabila kalian tertarik untuk membacanya, silakan klik di sini.

5. Pencapaian-pencapaianku yang lainnya selain di Hipwee

Advertisement
Photo by Lum3n from Pexels

Photo by Lum3n from Pexels via https://www.pexels.com

Selain di Hipwee, aku juga memiliki beberapa pencapaian lain di antaranya: Juara 2 di event lomba cerpen tema Teenager, menerbitkan 1 buku antologi cerpen Teenager, menerbitkan buku solo My Scary School, menerbitkan novel The Illegal Love, dan mendirikan penerbitan buku Olivedia Publishing.  

Aku berharap di tahun 2022 ini akan lebih banyak karya yang bisa aku hasilkan. Sekarang aku sedang menekuni kegiatan sebagai content creator khusus di dunia kepenulisan di TikTok dan Reel. Aku ingin agar semakin banyak orang yang bisa menikmati karyaku. Perlu diingat bahwa tulisanku ini sama sekali bukan bermaksud untuk memamerkan prestasi tapi untuk memotivasi dan menginspirasi.

Semoga bermanfaat, SoHip!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Masih berusaha untuk menulis ditengah kesibukan mengurus anak

CLOSE