Tabungan dan deposito saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang terus meningkat di masa depan. Tabungan dan deposito memberikan bunga yang masih jauh di bawah inflasi. Alhasil uang yang kita simpan di tabungan dan deposito nilainya akan susut di masa depan.

Alternatif untuk memenuhi kebutuhan yaitu investasi. Ada bermacam-macam investasi mulai dari logam mulia (emas), properti, bisnis, barang koleksi, reksadana, obligasi dan saham. Kakak tinggal pilih. Investasi akan memungkinkan Kakak tenang dengan keuangan di masa depan karena memberikan imbal hasil (return) yang tinggi dan biasanya di atas inflasi. Investasi tidak bisa ditunda-tunda lagi. Berikut ini sejumlah alasan mengapa Kakak musti mulai investasi sekarang ini juga:

1. Kendaraan Pribadi

http://banyuwangi.org via http://banyuwangi.org

Kendaraan massal yang belum nyaman banyak menjadi pemicu sebagian besar dari Kakak untuk memiliki kendaraan pribadi. Sudah sewajarnya kita menginginkannya dan mulai merancangnya dengan investasi.

2. Rumah Impian

http://cafe-elwazeen.blogspot.com via http://cafe-elwazeen.blogspot.com

Memiliki rumah impian tentu jadi dambaan setiap Kakak. Rumah impian yang didambakan hanya akan terealisasi jika Kakak memiliki perencanaan investasi yang matang.

3. Pernikahan

Advertisement

http://ramalantafsirmimpi.blogspot.co.id via http://ramalantafsirmimpi.blogspot.co.id

Bagi Kakak yang masih lajang tentu perlu mempersiapkan dana untuk hari besar tersebut. Apalagi, Kakak ingin membiayai sendiri pesta pernikahan tersebut.

4. Memiliki Buah Hati

http://cdn.zettamedia.co via http://cdn.zettamedia.co

Kalau siap memiliki buah hati berarti Kakak juga harus siap menanggung seluruh biaya hidupnya. Apalagi, salah satu pengeluaran terbanyak dalam keluarga adalah biaya anak.

5. Biaya pendidikan

http://vradiofm.com via http://vradiofm.com

Menyekolahkan anak di sekolah yang favorit menjadi dambaan setiap dari orang tua, tak terkecuali Kakak yang nantinya akan berkeluarga. Biaya pendidikan biasanya banyak menyedot dana keluarga. Camkan itu!

6. Menikahkan anak

http://ayudhean.blogspot.co.id via http://ayudhean.blogspot.co.id

Setelah anak-anak gede, biaya untuk menikahkan mereka juga tak sedikit. Semua ini perlu perencanaan yang matang.

7. Uang pensiun

http://intisari.grid.id via http://intisari.grid.id

Perlu dicatat, hendaknya Kakak saat tua nanti tidak jadi beban bagi anak-anak Kakak.

So, persiapkan dana pensiun sungguh-sungguh, termasuk jika Kakak sakit-sakitan di usia senja. Percaya deh, penyakit-penyakit di usia pensiun banyak menyedot simpanan yang kita miliki.