Spesial untukmu, Inilah Daftar Wisata Air Terjun Terindah di Indonesia. Wajib Cobain ke Sana!

Daftar wisata air terjun Indonesia

Mengunjungi tempat wisata alam di Indonesia memang punya nilai kepuasan tersendiri bagi para backpaker dan traveller. Salah satu tempat wisata alam yang paling dicari ketika backpaker-an ke luar kota adalah mencari objek wisata air terjun di Indonesia yang menakjubkan untuk didatangi. Entah hanya untuk sekedar menikmati suasana alamnya, berfoto narsis dengan teman teman seperjalanan sampai mencari lokasi foto prewedding. Untuk wisata air terjun, di Indonesia ada banyak sekali yang bisa ditemui namun hanya beberapa saja yang namanya sangat terkenal di kalangan pemburu tempat wisata di Indonesia. Yuk simak ulasan tim ayongetrip.com tentang beberapa air terjun yang paling populer di Indonesia berikut!

1. Air Terjun Moramo Kendari

Air Terjun Moramo Kendari

Air Terjun Moramo Kendari via https://www.fimela.com

Advertisement

Untuk tempat wisata air terjun di Sulawesi ini namanya Moramo. Air terjun ini merupakan kebanggaan yang sangat istimewa karena bentuknya unik. Kenapa bisa dibilang unik sebab bentuk dari air terjun ini berbeda dari air terjun lainnya dan punya daya tarik tersendiri di bandingkan air terjun pada umumnya. Air terjun Moramo mempunyai bentuk bertingkat-tingkat sampai mencapai ketinggian 100 meter.

Letak Air Terjun Moramo berada di Desa Sumberasih, Kec. Moramo, Kab Konawe Selatan, Propinsi Sulawesi Tenggara. Air terjun di sulawesi tenggara ini dibagi menjadi 7 undakan besar dan puluhan undakan kecil yang sangat sedap dipandang mata sehingga bagi yang melihatnya seakan menikmati air terjun bertangga.

2. Air Terjun Sipiso Piso di Tanah Karo

Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso Piso via http://infojakarta.net

Air terjun ini berada tidak jauh dari Danau Toba. Air terjun Sipiso Piso saat ini tercatat sebagai air terjun tertinggi nomor 4 di Indonesia nomor 4 dengan ketinggian 120 meter. Letak air terjun ini tepatnya berada sebelah utara Danau Toba di Desa Sitongging, kira-kira sekitar 24 kilometer dari Kabanjahe, yang juga Ibukota Kabupaten Karo. 

Advertisement

Tiket masuk air terjun Sipiso Piso sebesar Rp5.000 /orang. Setelah membayar retribusi para pengunjung mesti menuruni ribuan anak tangga dulu dengan waktu tempuh 1 jam untuk sampai ke air terjun Sipiso Piso. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini, wisatawan dapat melihat secara langsung keindahan Danau Toba dari sisi Tongging.

3. Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Air Terjun Dua Warna Sibolangit via https://pigunigu.com

Tempat wisata air terjun di Indonesia selanjutnya adalah Air Terjun Dua Warna. Sama dengan namanya, air terjun ini memang mempunyai 2 warna, yaitu warna biru muda pada air yang terjun yang baru jatuh dan warna putih keabu-abuan saat air sudah berada di bawah. Menurut ahli, Air Terjun Dua Warna ini berasal dari kandungan Phosfor dan Belerang yang berasal dari Gunung Sibayak, makanya itu setiap pengunjung yang datang berwisata ke objek wisata air terjun di Medan yang satu ini dilarang untuk meminum air yang ada di air terjun ini. 

Akses menuju objek wisata Air Terjun Dua Warna ini, bisa terlebih dahulu start dari Kota Medan,dengan estimasi membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam untuk sampai ke tempat wisata ini. Sebab jarak tempuh dari Kota Medan ke kabupaten Sibolangit ini sekitar 75 km. Jika sudah sampai di Kabupaten Sibolangit, maka bisa langsung menuju ke Bumi Perkemahan Sibolangit, tidak usah khawatir akan tersesat ketika akan menuju lokasi sebab sudah terpampang banyak petunjuk arah yang jelas atau jika masih khawatir akan tersesat bisa menggunakan jasa tour guide dengan bayaran kira-kira Rp.100.000/hari.

4. Air Terjun Sri Gethuk Wonosari

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk via http://jogjapedia.net

Lokasi air terjun ini berada di Dukuh Menggoran, Desa Bleberan Kecamatan Playen di daerah Gunung Kidul, sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta. Untuk menuju ke air terjun Sri Gethuk jalan yang harus ditempuh cukup melelahkan karena terus menanjak dengan banyak jurang di kanan dan kiri jalan. Tapi Panorama alamnya yang sangat indah bisa mengusir sedikit rasa lelah menjadi rasa takjub akan alam ini.

5. Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air Terjun Madakaripura Probolinggo via https://jatimnow.com

Jika anda start dari Kota Surabaya menuju objek wisata Air Terjun Madakaripura probolinggo ini, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. 

Senangnya untuk masalah ongkos parkir kendaraan, di area air terjun Madakaripura cukup murah, kita hanya perlu membayar biaya parkir motor Rp.3.000 per motor. 

Nah itu dia daftar wisata air terjun di Indonesia yang perlu kamu kunjungi paling tidak sekali seumur hidup. Yuk masukkan ke daftar liburanmu tahun ini!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Hobi Jalan-Jalan

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE