Weekend menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Bayangan akan mengunjungi tempat-tempat wisata setelah berkutat dengan penatnya suasana kerja adalah dambaan setiap orang. Akan tetapi saat ini untuk mengunjungi tempat wisata terbilang cukup mahal. Apalagi jika jaraknya cukup jauh dan memakan waktu. Belum lagi jika ada kemacetan di musim liburan, haduuhh.. Mau liburan bukannya fresh malah jadi stress.

Nah, khusus buat kamu yang tinggal di sekitar Bogor dan ingin menikmati liburan yang murah meriah namun bisa menghilangkan stress kamu, mungkin salah satu destinasi wisata ini bisa jadi referensi kamu untuk mengisi liburan akhir pekan. 

1. Sekilas Tentang Danau Kemuning

Danau Kemuning merupakan sebuah danau yang berada di Kabupaten Bogor tepatnya berlokasi di Kampung Sudimampir, Jl. Raya Tonjong, Ds. Cimanggis, Kec. Bojonggede, Kab. Bogor. Danau ini merupakan danau yang terbentuk secara alami. Namun seiring pesatnya pembangunan di sekitar danau, maka dampak pembangunanpun sampai ke danau ini. Buat kamu yang sering melewati Jl. Raya Tonjong-Bojonggede pasti melewati danau ini. Danau ini terletak persis di pinggir jalan. Jadi kalau kamu lagi di dalam kendaraanpun kamu sudah bisa melihat pemandangan danau ini.

2. Enaknya nih, kamu gak perlu bayar sepeserpun untuk masuk ke danau ini

Advertisement

Tanpa harus merogoh kocek, kamu udah bisa menikmati pemandangan indah Danau Kemuning ini. Asik banget, kan? Kamu gak perlu khawatir kantongmu bolong setelah liburan.

3. Buat kamu yang hobi memancing ikan, danau ini terbuka untuk umum sebagai tempat pemancingan.

Namun Danau Kemuning tidak menyediakan alat pancing. So, kamu bawa sendiri ya alat-alat pancingmu!

4. Di pagi hari, pemandangan danau nan berkabut menjadi hal yang eksotis

Fyi, kebetulan rumah saya persis di pinggir Danau Kemuning ini. Apabila di pagi hari sekitar jam 05.30 – 06.00, saya terbiasa melihat kabut yang menyelimuti danau ini. Dan sungguh, pemandangannya bak di negeri dongeng. Ditambah udara pagi yang segar, membuat diri ini semangat untuk menjalani aktivitas.

5. Danau ini juga menyediakan perahu berbentuk bebek untuk wisatawan

Advertisement

Kalau kamu mau ingin menikmati danau lebih dekat lagi, kamu bisa menggunakan jasa perahu bebek, dan akan dikenakan biaya Rp. 10.000 per perahunya.

6. Pemandangan senja di sekitar danau juga tidak kalah indah untuk dinikmati

Tak kalah dengan pemandangan di pagi hari, saat senjapun kamu masih bisa melihat keelokan danau ini. Oya buat kamu yang belum tau rute untuk menuju ke Danau Kemuning, berikut rute yang bisa digunakan :

– bila kamu menggunakan jasa kereta, kamu bisa turun di stasiun Bojonggede, kemudian naik angkutan umum nomor 117, turun langsung di depan Danau Kemuning. Tarif angkot hanya Rp. 3.000

– bila kamu dari arah Cibinong, Citeureup, atau Cibinong City Mall silahkan naik angkutan umum nomor 34 (tarif Rp. 4.000), turun di pertigaan pemda, dilanjut naik angkutan umum nomor 05 menuju stasiun Bojonggede (tarif Rp. 3.500), lalu naik angkutan umum nomor 117 (tarif Rp. 3.000)

Nah, kapan kamu mau berkunjung ke Danau Kemuning? Sekalian mampir ke rumah saya ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya