5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Hipertensi. Lebih Baik Mencegah ya!

Tentang hipertensi

Tingkat stress yang tinggi pada usia dewasa, membuat penderita gangguan darah tinggi atau hipertensi semakin banyak. Menurut artikel pada website milik Departemen Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, pada data Riskesdas 2013, prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 25,8%. Sementara itu, data Survei Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas) tahun 2016 menunjukkan peningkatan prevalensi hipertensi pada penduduk usia 18 tahun ke atas sebesar 32,4%.

Nah, sebenarnya apa sih hipertensi itu? dan mengapa bisa terjadi hipertensi?

Advertisement

1. Darah tinggi biasa atau hipertensi

hipertensi

hipertensi via http://watifhealth.com

Darah tinggi biasa disebut sebagai hipertensi dalam dunia kesehatan. Hipertensi bukanlah suatu penyakit seperti yang banyak disebutkan, melainkan sebuah gejala.

Hipertensi adalah kondisi meningkatnya tekanan darah pada dinding pembuluh darah arteri. Karena meningkatnya tekanan darah tersebut, banyak penyakit yang timbul setelahnya.

Advertisement

Beberapa penyakit yang biasa menyertai hipertensi adalah serangan jantung dan stroke.

2. Mengapa terjadi hipertensi?

penyebab hipertensi

penyebab hipertensi via http://emjclub.com

Mitos menyebutkan hipertensi terjadi karena penderita banyak mengkonsumsi garam dalam makanannya, sebenarnya penyebab hipertensi yang utama adalah pola hidup.

Advertisement

In take kalori yang banyak tidak diimbangi olahraga akan menyebabkan penimbunan lemak di dalam pembuluh darah, dan hal tersebut akan meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebih juga dapat menyebabkan hipertensi. Sedangkan konsumsi garam hanya pemicu kecil dari hipertensi yang sudah diawali oleh pola hidup yang kurang sehat.

Ada baiknya setiap orang mengukur tekanan darahnya setiap bulan, untuk mewaspadai gejala hipertensi.

3. Jenis hipertensi

jenis hipertensi

jenis hipertensi via http://www.wowamazing.com

Hipertensi terjadi jika tekanan darah mencapai lebih dari 120/80 mmHg. Hipertensi digolongkan kedalam tiga tingkat dimana setiap tingkatnya memiliki rekomendasi pemakaian garam.

Pertama yaitu pre-hipertensi dimana tekanan darah 120-139/80-89 dalam hal ini pemakaian garam dibatasi sebanyak 1 sendok teh atau 4 gram garam dapur. 

Lalu Hipertensi Stage-1 dengan tekanan darah 140-159/90-99 serta pemakaian garam dapur sebanyak setengah sendok teh atau 2 gram.

Ketiga adalah Hipertensi Stage-2 dengan tekanan darah lebih dari 160/100, pada kasus ini pemakaian garam dapur tidak diperbolehkan hingga tekanan darahnya turun namun pemberian makanan yang mengandung natrium alami seperti tomat (bukan saus tomat) diperbolehkan.

4. Bagaimana cara mencegah hipertensi?

mencegah hipertensi

mencegah hipertensi via http://www.naturopathiccurrents.com

Hipertensi dapat dicegah dengan pola hidup yang seimbang. Bukan dengan tidak mengkonsumsi garam, hanya membatasi pemakaian garam.

Kemudian bahan makanan yang tinggi natrium seperti makanan yang mengandung baking powder yaitu cake, roti dan lainnya.

Lalu makanan yang diawetkan dengan garam, dan makanan-makanan kaleng. Makanan tinggi kolesterol juga sebaiknya dibatasi agar tidak terjadi penimbunan lemak didalam pembuluh darah.

5. Hidup sehat tanpa hipertensi

hidup tanpa hipertensi

hidup tanpa hipertensi via http://www.resperate.com

Mari hidup sehat tanpa hipertensi dengan mengkonsumsi makanan seimbang tidak berlebihan mengkonsumsi makanan berlemak, tidak merokok, tidak berlebihan dalam meminum alkohol dan selalu berolahraga.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Nutritionist

CLOSE