Ayo mengenal lebih dekat tentang Britain dan eksplor pesona keindahan dan keunikannya!

London... London... ingin ku ke sana.

London... London... pergi menyusulnya...

Kamu masih ingat petikan kata-kata di atas? Ya, betul. Kata-kata di atas adalah untaian lirik galau yang terdapat dalam lagu 'Hijrah ke London' yang dinyanyikan oleh grup band The Changcuters dan sempat populer pada zamannya.

Tidak salah memang jika London menjadi salah satu kota di dunia yang diidam-diidamkan oleh banyak orang. Banyak faktor dan alasan mengapa salah satu ikon kota di Britain ini begitu diminati dan dielu-elukan oleh banyak orang. Siapa sih yang tidak ingin jalan-jalan ke Britain alias United Kingdom? Sepertinya tidak ada ya. :)

Nah, sekarang siapa sih yang tidak tahu Britania Raya atau dalam bahasa Inggris disebut Great Britain dan United Kingdom? Sepertinya hampir seluruh penduduk di dunia ini tahu. Mulai dari bahasanya yaitu Bahasa Inggris yang diakui sebagai bahasa percakapan resmi di seluruh dunia, sampai kehidupan Raja dan Ratu beserta keluarganya yang tak luput dari perhatian publik dunia.

Britain terletak di barat laut benua Eropa, dengan sistem pemerintahan parlemen dan monarki di mana kepala negara dipimpin oleh Ratu atau Raja, dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Sebenarnya Britania Raya sendiri terbagi menjadi tiga wilayah yaitu Inggris, Skotlandia dan Wales yang sama-sama berada di Kepulauan Britania. Sedangkan, Irlandia Utara terpisah tepatnya berada di bagian utara pulau Irlandia, namun secara administratif termasuk ke dalam United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau United Kingdom. Sehingga lengkaplah Britania Raya memiliki empat wilayah yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Jika berbicara tentang liburan dan traveling, sepertinya tidak memasukkan Britain ke dalam daftar destinasi traveling liburan kamu adalah kesalahan fatal yang akan membuatmu gigit jari. Britain menawarkan pesona pariwisata yang membuat siapapun tergugah untuk mengunjunginya. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, olahraga hingga hal-hal unik dan menarik lainnya yang sangat​ memukau dan recommended. Semuanya wajib, harus dan mesti kamu coba. :)

Masih bingung kenapa harus traveling liburan ke Britain? Tenang, guys. Saya coba susun alasannya ya. Tidak tanggung-tanggung, saya paparkan alasannya satu per satu, mulai dari huruf A sampai Z. Percaya? Harus!

So, inilah 26 alasan kenapa kamu harus traveling liburan ke Britain!

1. Alasan "A" untuk Abbey Road

Alasan pertama atau "A" adalah untuk Abbey Road. Ya, jalanan 'legend' ini sudah pasti tidak boleh absen dari daftar destinasi traveling kamu ketika di Britain, apalagi kalau kamu mengaku sebagai fans berat The Beatles. Harus!

2. Alasan "B" untuk Big Ben

"B" untuk the one and only, Big Ben. Big Ben adalah nama yang diberikan kepada lonceng besar yang berada di dalam menara jam yang berada di Istana Westminster, Kota London, Inggris. Namun masyarakat dunia banyak yang menamai menara jam ini sebagai Big Ben, padahal katanya masyarakat Inggris sendiri menyebutnya sebagai “the clock tower” atau menara jam saja. Apapun itu sebutannya, yang pasti ikon ini harus ada di foto liburan kamu ke Britain. :)

3. Alasan "C" untuk Callanish Standing Stones

Callanish Standing Stones

Callanish Standing Stones via http://www.laurelkallenbach.com

Advertisement

Beranjak ke negara bagian utara Britain yaitu Skotlandia. Di sana terdapat keajaiban alam berupa susunan batu berdiri yang sangat besar dan melingkar, yang anehnya tidak terbentuk secara alami, tetapi sengaja diletakkan oleh manusia, yaitu Callanish Standing Stone. Nah, selain untuk foto-foto kamu bisa sambil belajar sejarah juga, kan? Cool!

4. Alasan "D" untuk David Beckham

David Beckham

David Beckham via https://www.telegraph.co.uk

Alasan apalagi ya ke Britain? Nah ini, alasan "D" untuk David Beckham. Mantan pemain sepakbola asal Inggris ini tentu bisa jadi alasan kuat kamu untuk traveling ke Britain, kan? Kalau kamu perempuan, bisa jadi karena ketampanannya, kalau kamu laki-laki bisa jadi karena mengagumi kepiawaiannya dalam sepakbola. Iya, kan? Semoga bisa bertemu dan foto bersama ya. :)

5. Alasan "E" untuk Edinburgh Castle

Edinburgh Castle

Edinburgh Castle via https://must-see-scotland.com

Kembali lagi ke Skotlandia, karena ada alasan "E" untuk Edinburgh Castle. Ini adalah spot yang harus banget kamu kunjungi ketika traveling ke Britain. Kastil ini merupakan bangunan yang paling penting dalam sejarah Skotlandia sekaligus landmark dan bangunan paling ikonik di kota Edinburgh bahkan Skotlandia.

6. Alasan "F" untuk Football Paradise

Barclays Premier League

Barclays Premier League via https://www.informationng.com

Advertisement

Alasan keenam ke Britain? Sudah pasti untuk "F" atau Football, apalagi kalau kamu adalah seorang penggemar fanatik sepakbola. Adanya liga sepakbola terbaik di dunia yaitu English Premier League ditambah banyaknya jumlah stadion berkualitas tinggi di wilayah Britain, khususnya Inggris, cukup menjadikan sepakbola sebagai 'agama' bagi masyarakatnya dan Stadion Wembley sebagai "rumah ibadah" yang sakral. Inggris memang surganya sepakbola!

7. Alasan "G" untuk Game of Thrones Locations

Game of Thrones Shooting Locations

Game of Thrones Shooting Locations via https://www.visitbritain.com

Alasan ketujuh atau "G" untuk Game of Thrones Locations. Game of Thrones adalah sebuah serial televisi drama fantasi buatan Amerika Serikat. Serial ini adalah adaptasi dari A Song of Ice and Fire, sebuah novel serial fantasi karya George R. R. Martin yang edisi pertamanya berjudul A Games of Thrones. Menariknya adalah lokasi shooting serial drama ini banyak mengambil lokasi di Britain, seperti Irlandia Utara dan Skotlandia. Salah satu yang paling ikonik adalah Dark Hedges, Irlandia Utara yang ada di foto. Keren, kan?

8. Alasan "H" untuk Harry Potter

Alasan "H" untuk Harry Potter​. Kalau yang satu ini, pasti setuju ya? Apalagi kalau kamu adalah penggemar novel dan filmnya. Traveling ke Britain bisa jadi mewujudkan impianmu untuk merasakan Hogwarts. Hogwarts dikisahkan sebagai salah satu sekolah sihir terbaik dunia yang berada di Inggris. Dan banyak mengambil setting tempat di Britain, seperti Skotlandia dan Inggris.

9. Alasan "I" untuk International Top Universities

Cambridge University

Cambridge University via https://acesaspire.com

Alasan selanjutnya "I" untuk International Top Universities. Mau traveling sekaligus memperbanyak pengetahuan? Kamu bisa berkunjung ke kampus-kampus nomor wahid di dunia yang terdapat di Britain, khususnya Inggris. Sebut saja, University of Cambridge, University of Oxford, Imperial College London dan lain sebagainya.

10. Alasan "J" untuk James Bond

Alasan "J" untuk James Bond. Berkunjung ke Britain dengan tujuan bertemu dengan aktor-aktor tampan dan gagah seperti Daniel Craig, Pierce Brosnan kemudian minta foto bersama, kenapa tidak? Why not? Semoga beruntung ya. :)

11. Alasan "K" untuk Kingdom Palace

Buckingham Palace

Buckingham Palace via https://en.wikipedia.org

Alasan ke-11 atau "K" untuk Kingdom Palace. Kingdom Palace atau Istana kerajaan, sebagaimana terlihat di foto ini adalah Istana Buckingham dimana merupakan tempat tinggalnya sang Ratu. Spot ini sudah pasti wajib kamu jadikan background fotomu nanti. 🙂

12. Alasan "L" untuk London Eye

Alasan selanjutnya adalah London Eye. Siapa sih yang tidak ingin melihat keindahan kota London dari ketinggian? Kincir bianglala tertinggi pertama di dunia ini memiliki tinggi 135 meter. Wow! Tentunya pastikan kamu tidak memiliki phobia terhadap ketinggian ya. :)

13. Alasan "M" untuk Madame Tussauds

Madame Tussauds London

Madame Tussauds London via https://www.madametussauds.com

The next reason to travel Britain is Madame Tussauds. Museum yang biasa membuat patung lilin replika tokoh-tokoh kenamaan dunia ini sudah memiliki banyak cabang di berbagai belahan dunia. Ketika traveling ke Britain jangan lupa untuk pastikan mampir ke sini juga ya.

14. Alasan "N" untuk Number 10 Downing Street

Number 10 Downing Street

Number 10 Downing Street via https://londontopia.net

The next is "N" for No. 10 Downing Street. Ini merupakan tempat di mana Perdana Menteri Inggris tinggal dan berkantor selama dua ratus tahun lebih. Sejatinya Downing Street 10 dikenal melalui pintu kayu sederhana bercat hitam dengan bel tradisional berbentuk kepala macan/harimau tepat di atas lubang surat. Di bagian atas tertempel angka 10 yang terbuat dari tembaga kuning mengkilap. Biasa tapi istimewa ya? :)

15. Alasan "O" untuk Old Trafford

Old Trafford Stadium

Old Trafford Stadium via https://www.thesun.co.uk

Alasan "O" untuk Old Trafford. ​Lagi-lagi tentang sepakbola. Siapa yang tidak mengenal stadion ini? Old Trafford adalah sebuah stadion sepakbola yang berlokasi di Old Trafford, Great Manchester, Inggris dan merupakan markas klub sepak bola ternama Manchester United (MU). Yakin tidak mau kesini saat traveling ke Britain? :)

16. Alasan "P" untuk Phone Box

"P" untuk Phone Box. Wah, kalau yang satu ini, sudah pasti dicari untuk kalian yang gemar mempercantik feeds media sosialnya seperti Instagram. Phone box di Britain, khususnya Inggris tentu hanyalah sebuah tempat telepon umum biasa, tetapi bagi kalangan traveler luar Britain ini bisa menjadi spot yang sangat menarik perhatian.

17. Alasan

Welsh Guard

Welsh Guard via https://www.royal.uk

Next is "Q" for Queen's Guard. Nah, kalau ini sudah pasti ikonik sekali. Kamu pasti kenal dengan sosok pasukan tentara Inggris berseragam merah dan bertopi hitam tinggi ini. Namanya Welsh Guards dari Angkatan Darat Kerajaan Inggris yang berperan khusus menjaga keamanan Ratu Inggris. Traveling ke Britain dan mengajak mereka selfie, berani? :D

18. Alasan "R" untuk River Thames

Selanjutnya, alasan "R" untuk River Thames. Mau menikmati London dengan cara lain saat traveling ke Britain? Menyusuri sungai Thames bisa jadi solusinya. Kamu bisa berlayar di atas sungai Thames yang membelah kota London dan mengabadikan foto sesukamu.

19. Alasan "S" untuk Stonehenge

Menyusuri Britain bagian selatan, kamu bisa mengunjungi Stonehenge. Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman perunggu dan Neolitikum. Terkenal sebagai salah satu situs yang paling terkenal di dunia, Stonehenge merupakan lingkaran batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah. Karena Stonehenge sangat populer, jadi jangan lupa ke sini ya. :)

20. Alasan "T" untuk Tower Bridge

Kembali ke kota London untuk alasan "T" yaitu Tower Bridge. Tower Bridge atau Jembatan Menara adalah jembatan yang membentang di atas sungai Thames. Jembatan ini mengabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung. Letaknya yang berdekatan dengan London Tower sehingga membuat jembatan ini diberi nama Tower Bridge. Is this your next taking picture spot? Of course!

21. Alasan "U" untuk Union Jack Souvenirs

Union Jack Souvenirs

Union Jack Souvenirs via http://www.alamy.com

Sudah puas berjalan-jalan keliling Britain, jangan lupa membeli souvenir untuk kenang-kenangan. Bingung cari apa? Nah, segala sesuatu tentang Union Jack sepertinya bukan ide buruk untuk dijadikan oleh-oleh. For your information, Union Jack adalah bendera negara Britania Raya secara keseluruhan. Jadi, sudah pasti mewakili kenangan kamu selama traveling ke Britain.

22. Alasan "V" untuk Visitbritain.com

Visitbritain.com

Visitbritain.com via https://www.visitbritain.com

Alasan traveling liburan ke Britain, salah satunya pasti karena sudah mengantongi banyak informasi yang lengkap seputar Britain dari website resminya VisitBritain.com. Segala seluk-beluk pariwisata yang dimiliki Britain dibahas secara lengkap dan menarik di sini. Yakin tidak ingin stalking website ini? :D

23. Alasan

British Museum

British Museum via https://www.visitbritain.com

Alasan traveling ke Britain karena "W" alias World's Best Museum. Ya, Britain memang dikenal sebagai gudangnya museum-museum dan galeri terbaik dan terlengkap di dunia. Sebut saja British Museum, Natural History Museum, National Museum of Scotland, Titanic Museum, Manchester Art Gallery dan lain sebagainya. Perkaya pengetahun sejarahmu dengan mengunjunginya ya saat traveling ke Britain. Kabar baiknya adalah sebagian besar museum-museum ini gratis. Wah, keren!

24. Alasan "X" untuk Xmas in Britain

Alasan "X" untuk Xmas in Britain. Merasakan suasana natal dan musim dingin di Britain tentu sangat tidak terlupakan seumur hidup. Bagaikan sedang di film-film yang ada di televisi spesial liburan natal dan musim dingin. Setuju? :D

25. Alasan "Y" untuk York City, Northern England

Alasan ke-25 atau "Y" untuk York City. York City adalah surga bagi para pecinta budaya dan sejarah. York adalah salah satu kota tertua di Inggris. Kota kecil ini terletak sekitar 2 1/2 jam perjalanan kereta dari London. Jadi sangat mungkin untuk mengunjungi York sebagai day trip ​ketika keliling Britain. Menjangkau tempat wisata utamanya juga mudah, cukup dengan berjalan kaki saja. Ada National Railway Museum, Gereja Katedral Gothik, York City Wall dan lain sebagainya.

26. Alasan "Z" untuk Zoological Society of London

Zoological Society of London

Zoological Society of London via https://ticket.mtravelclub.com

And the last but not least, alasan "Z" untuk Zoological Society of London. ZSL didirikan oleh Sir Thomas Stanford Raffless dan kawan-kawannya pada tahun 1826. Dan Ya, Raffless yang pernah menjadi Gubernur Jendral Hindia Belanda dan ikut mengembangkan Kebun Raya Bogor (KRB) sehingga memiliki koleksi tumbuhan sebanyak 15.000 buah. Tujuan dari ZSL ini adalah mengumpulkan koleksi satwa dan menjadi salah satu kebun binatang terbesar di dunia. Jadi, jika KRB mengoleksi tumbuhan, kalau ZSL mengoleksi satwa. Itulah persembahan Raffless untuk Kota Bogor dan London. Amazing!

Nah, itulah 26 alasan dari A sampai Z kenapa kamu harus traveling liburan ke Britain. Kalau kamu punya kesempatan waktu dan materi, tunggu apa lagi? Ayo ke Britain! Ayo ke United Kingdom!

Bak gayung bersambut, ternyata Hipwee sedang mengadakan kompetisi menulis yang hadiahnya tiket pesawat PP Jakarta-London include visa, kamera GoPro dan voucher MAP senilai 2 juta rupiah. Ya ampun, ini sih berkah banget kalau bisa sampai menang di kompetisi ini. Bagaikan mimpi yang jadi kenyataan. Mau ikutan juga? klik di sini ya untuk informasi lebih lanjut.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya