Mungkin sebagai orang Indonesia, kamu sangat penasaran seperti apa rasanya berlibur di negeri yang terkenal akan Big Ben dan tempat lahirnya film Harry Potter serta tokoh fiksi populer seperti Sherlock Holmes atau Hercule Poirot. Ingin tahu lebih banyak tentang Britain sebelum merencanakan liburan kamu yang selanjutnya? Artikel ini akan membahas 6 tips agar kamu bisa bertamasya di Britain sebagai turis internasional dengan sentuhan kebudayaan dan gaya hidup lokal, mulai dari yang mainstream sampai unik. Menarik, kan? Yuk disimak!

1. Jalan-jalan ke City Centre

Albert Dock di Liverpool

Albert Dock di Liverpool via https://www.hipwee.com

Apa sih city centre itu? Warga lokal biasanya menyebut city centre sebagai pusat kota yang identik dengan pusat perbelanjaan. Sebagai turis, dijamin kamu tidak akan bosan karena bukan hanya berbelanja atau makan, banyak aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu lakukan selama berada di city centre. Masing-masing kota memiliki atmosfir city centre yang berbeda. Misalnya di kota London, pusat kotanya terletak di Central London dan kamu bisa berjalan-jalan di sekitar Soho, Leicester Square, Covent Garden dan Oxford Street. Suasananya ramai dan penuh turis dan kadang-kadang kamu bisa mendapati street performers.

Advertisement

Di Liverpool yang terkenal sebagai tempat lahirnya grup musik The Beatles, kamu bisa berjalan-jalan di samping dermaga yaitu Albert Dock dan Liverpool Waterfront. Atmosfirnya lebih tenang dan kamu bisa berjalan santai di sekitar pelabuhan sambil menikmati pemandangan laut yang menawan. Di kota yang lebih kecil seperti York, arsitektur bangunannya terkesan gothic dan tradisional. Sebagai tambahan, pusat kota di Britain sangat ramah untuk para pejalan kaki dan dekat dengan destinasi menarik lainnya seperti museum, kastil, menara atau gereja tua, gedung konser, dan lain-lain.

2. Bertandang ke stadion sepakbola

Theatre of Dreams di Manchester

Theatre of Dreams di Manchester via https://www.youtube.com

Warga Inggris bisa disebut sebagai salah satu warga negara di dunia yang mempunyai antusiasme sangat tinggi terhadap olahraga sepakbola, baik pria maupun wanita. Liga bola di Britain sangat kompetitif dan disenangi baik oleh warga lokal maupun internasional. Klub sepakbolanya juga memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia. Kalau kamu punya klub atau pemain idola di Britain, pasti paling tidak ingin berkunjung ke kota asal klubnya atau menonton pertandingannya langsung dari stadion.

Harga tiket untuk menonton satu pertandingan sepakbola bagi kita yang tidak terdaftar di keanggotaan klub memang terbilang mahal, sampai jutaan rupiah, namun jangan khawatir! Opsi Stadium Tour dapat kamu pilih sebagai pilihan yang terjangkau untuk memasuki stadion klub sepakbola favoritmu dan mendapatkan pengalaman yang berkesan.

3. Menikmati panorama alam yang indah

Richmond Park di London

Richmond Park di London via https://www.hipwee.com

Advertisement

Britain mempunyai banyak ruang hijau terbuka di tengah kota. Kalau waktu kamu terbatas selama berlibur di sana, cukup googling taman terdekat dari tempat menginap kamu dan kamu sudah bisa berjalan-jalan di taman kota yang hijau dan asri. Tidak seperti di Indonesia dimana kita mungkin terbiasa mencari hiburan di dalam shopping mall atau dimana pun yang serba indoor, di sini kamu bisa menemukan banyak taman umum dan berinteraksi langsung dengan alam. Orang Inggris sangat suka berjalan-jalan di taman, bahkan menyempatkan diri untuk menikmati sandwich pada jam makan siang dan tidur-tiduran di rumput seperti berpiknik!

Buat kamu yang punya banyak waktu dan ingin jauh dari kota selama beberapa hari, bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi National Park seperti Peak District atau Lake District yang dikelilingi oleh bukit, hutan, sungai dan kaya akan berbagai jenis flora dan fauna. Dijamin kamu akan berdecak kagum dan melupakan sejenak penatnya hidup di kota yang padat!

4. Mendatangi Christmas Market

Christmas Market di Nottingham

Christmas Market di Nottingham via https://www.instagram.com

Tidak bisa dipungkiri, musim dingin adalah musim paling meriah di Britain. Warga Inggris merayakan Natal dengan berbagai cara, salah satunya dengan berkunjung ke Christmas Market. Kamu tidak harus berada di London untuk bisa merasakan pengalaman menjelajahi Christmas Market, karena pasar ini dibuka di setiap kota selama satu bulan dari pertengahan bulan November sampai Desember setiap tahunnya. Di London sendiri, Winter Wonderland di Hyde Park adalah salah satu Christmas Market terbesar di Britain.

Penduduk lokal dan turis sangat senang berkunjung karena banyak hiburan lokal seperti stan makanan dan kerajinan tangan, taman atraksi mini, live music dan lain-lain. Bahkan outdoor ice rink dibuka di kota-kota besar selama festive season berlangsung. Jangan lupa untuk mencicipi minuman khas pasar malam ini yaitu hot chocolate dan mulled wine.

5. Menyaksikan perayaan tradisi dan festival unik

Bonfire Night

Bonfire Night via http://www.historic-uk.com

Britain memiliki tradisi dan festival seni maupun kebudayaan yang khas. Salah satunya adalah Guy Fawkes Day atau Bonfire Night yang jatuh pada tanggal 5 November. Warga lokal biasanya berkumpul di taman terdekat untuk menyaksikan api unggun yang besar dan pertunjukan kembang api. Kegiatan ini ditujukan untuk memperingati kegagalan seseorang bernama Guy Fawkes yang berusaha membunuh King James I dengan meledakkan 36 tong berisi bubuk mesiu tepat di terowongan di bawah Palace of Westminster di London pada tanggal 5 November 1605.

Jangan kaget juga kalau kamu mendapati anak-anak atau orang dewasa yang mengenakan topeng khas Guy Fawkes seperti di film V for Vendetta. Masih banyak contoh tradisi khas Britain dan festival kebudayaan lainnya. Sebut saja Notting Hill Carnival, festival jalanan terbesar di Eropa yang diadakan pada bulan Agustus di London setiap tahunnya untuk merayakan komunitas Karibia. Apabila kamu berlibur ke Britain dan harinya bertepatan dengan festival atau hari tradisional yang dirayakan, tidak ada salahnya untuk mengikuti acaranya dan menikmati kebudayaan lokal.

6. Jelajahi lingkungan yang hype dan multikultural

Camden Market di London

Camden Market di London via https://www.hipwee.com

Sebagai salah satu negara maju yang banyak dikunjungi dan dijadikan tempat tinggal oleh berbagai suku dan etnis di dunia, Britain menjadi negara yang sangat multikultural. Kalau kamu ingin merasakan bagaimana serunya aneka kebudayaan berbaur dalam satu tempat, yuk kunjungi Camden Market yang terletak di North London. Dikenal warga lokal sebagai tempat lahirnya beragam komunitas, Camden Market adalah pasar unik yang ramai dikunjungi baik turis maupun warga lokal.

Disini kamu bisa mencicipi berbagai jenis makanan internasional, mengunjungi stan seni dan kerajinan tangan yang terinspirasi dari banyak etnis dan kebudayaan, berbelanja pakaian, barang antik dan lain-lain. Atmosfir yang begitu hidup dan ramai akan membuat kamu bertanya-tanya apakah kamu masih berada di Britain atau tidak. Camden Market memang tidak seperti destinasi lain di Britain yang terkesan damai dan jauh dari hiruk pikuk. Tempat ini juga cocok bagi kamu yang ingin membeli suvenir sebelum kembali ke Indonesia.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi para pembaca untuk pergi bertamasya ke Britain, terutama untuk berlibur tidak hanya sebagai turis, namun juga seperti penduduk lokal.


"Travellers never think that they are the foreigners" – Mason Cooley

Happy planning and let’s go to Britain!


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya