Mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah adalah impian buat para mahasiswa fresh graduate. Apalagi jika pekerjaan itu sesuai dengan minat dan fashion mereka, tentu ini merupakan sesuatu yang sangat menggembirakan sekali bukan ? Benar, memang pada kenyataanya, mencari pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan dan memerlukan usaha dan kesabaran yang ekstra. Namun kecenderungan para fresh graduate yang mudah putus asa disebabkan usaha yang mereka lakukan hampir tak sedikitpun membuahkan hasil sehingga menurunkan semangat dan motivasi untuk berusaha mencari alternatif pekerjaain lain, ujung-ujungnya ini bisa membuat stress dan galau berat. Nah, daripada kamu hanya fokus menghabiskan waktu melamar kesana kemari tak membuahkan hasil, lebih baik kita meningkatkan produktivitas kita dengan cara mengisi waktu-waktu luang disamping mencari kerjaan. Ada beberapa tips buat para fresh graduate supaya engga galau mikirin kerjaan terus.

1. Lakukan aktivitas yang bisa menghibur diri

Menghibur diri sendiri dengan musik

Menghibur diri sendiri dengan musik via http://mukhsinpro.com

Ya, salah satu cara yang paling tepat disaat stres dan galau adalah mencari hiburan. Banyak cara menghibur diri agar kita selalu dalam keadaan happy dan ceria dalam melakukan aktivitas. Salah satu alternatif yang bisa kamu coba untuk menghibur diri adalah dengan musik. Musik dipercaya mampu mengembalikan mood kita yang hilang loh, apalagi jika musik yang kita dengar adalah lagu kesukaan, pasti pas banget tuhh heheheheh. Kamu juga bisa bernyanyi dan bermain musik dengan lagu kesukaan kamu agar otak kamu fresh dan tidak tegang. Nah, cara ini adalah alternatif yang baik untuk meredakan fikiran yang kacau dan mengembalikan mood menjadi lebih baik.

2. Daripada galau nggak jelas, lebih baik Kembangkan dan Tekuni Hobimu saja

Meluangkan waktu untuk hobi

Meluangkan waktu untuk hobi via http://jadiberita.com

Advertisement

Salah satu menghibur diri yang baik adalah dengan menekuni hobi. Ya, setiap orang pasti memiliki hobi dan kesenangan masing-masing, baik dari menyanyi, bermain musik, traveling, membaca buku, bermain game, memancing, menulis, fotografi, melukis, dan lain-lain. Namun kebanyakan dari kita cenderung melakukan hobi sebagai hiburan semata saja. Jika hobi bisa menghasilkan uang why not ? tentu ini bisa menambah penghasilan tambahan sebagai fresh graduate. Tidak ada salahnya jika kita menekuni hobi kita sebagai suatu pekerjaan, tapi dengan catatan itu adalah kegiatan yang positif dan bisa meningkatkan produktivitas kita. Nah, jika kamu tekun dan fokus dengan mengembangkan hobimu, ini bisa menjadi peluang bisnis buat kamu sebagai fresh graduate.

3. Sempatkan diri untuk selalu menambah wawasan dengan "Membaca"

Hobi Membaca Bantu Anda Raih Kesuksesan Kerja

Hobi Membaca Bantu Anda Raih Kesuksesan Kerja via http://Qerja.com

Sebagian besar menganggap membaca adalah kegiatan yang sangat membosankan, namun ketahuilah jika kita selalu menyempatkan diri untuk selalu membaca buku dalam sehari saja, ini bisa menambah wawasan, dan pengetahuan kita loh. Berdasarkan artikel yang dikutip dari brighterlife.co.id 10 alasan kenapa kita harus membaca buku adalah salah satunya dapat meningkatkan kemampuan otak kita loh guys, jadi semakin banyak buku yang kamu baca, kemampuan dan wawasan kamu juga semakin meningkat. Nah, para fresh graduate, mulai dari sekarang budayakan selalu untuk membaca buku ya, ini juga bisa menjadi bekal kamu dalam memasuki dunia kerja.

4. Jaga fisik dengan rutin berolahraga

6 Alasan Mengapa Olahraga Amat Penting!

6 Alasan Mengapa Olahraga Amat Penting! via http://Meetdoctor.com

Daripada kamu diem atau mager aja dirumah malah buat kamu tambah bete, mendingan kamu menjaga fisik kamu dengan berolahraga secara rutin, sayang banget usia muda seperti kamu harus mengidap berbagai macam penyakit gara-gara tidak pernah olahraga. Kesehatan itu sangat penting banget, kamu tidak ingin kan disaat kamu bekerja kamu mudah lelah dan sakit ?, Nah, sebelum bekerja, ada baiknya kamu mempersiapkan fisik dan kesehatan kamu dengan berolahraga.

5. Daripada Nganggur, Lebih Baik Buka Usaha Kecil-Kecilan

4 peluang usaha sampingan bagi pekerja

4 peluang usaha sampingan bagi pekerja via http://uangteman.com

Advertisement

Jika kamu lelah mencari kerja, lebih baik kamu cari ide kreatif untuk berwirausaha aja deh. Jaman sekarang udah banyak loh anak muda yang sukses berwirausaha dimulai dari dagang kecil-kecilan seperti jual gorengan, jual pulsa, fotocopy, jasa pengetikan, usaha ternak, distro, dan masih banyak peluang usaha lainya. Nah, jika tidak ada bakat dagang, kamu juga bisa menekuni usaha sampingan yang lagi ngetrend seperti kok usaha sampingan seperti, membuat video tutorial, ngevlog, atau mungkin kamu hobi nge-blog dan nulis artikel, wah itu keren banget. Nah, jadi sebagai anak muda yang kreatif, jangan terpaku hanya untuk mencari kerja aja ya, boleh aja kita kerja menjadi karyawan, tapi usaha sampingan itu juga penting loh buat nambah-nambah uang dan penghasilan kamu.

6. Ikut Kegiatan Seminar dan Pelatihan Guna Mengembangkan Diri

Pelatihan Bisnis dan Pengembangan Diri

Pelatihan Bisnis dan Pengembangan Diri via http://duniawebsite.com

Disamping kegiatan dan rutinitas yang kamu lakukan di rumah, kamu juga bisa mengembangkan diri kamu dengan mengikuti kegiatan-kegiatan training dan seminar. Di samping pengalaman dan ilmu kamu bertambah, kamu juga akan mendapatkan teman-teman baru yang bisa kamu ajak sharing tentang dunia kerja. Siapa tahu dengan mengikuti banyak pelatihan, dapat tawaran pekerjaan dari temen kamu hehehheehe. Mengikuti banyak kegiatan sangat bermanfaat buat kamu apalagi ingin menambah pengalaman, dan tentu juga menambah relasi kamu loh.

7. Tingkatkan Kualitas Ibadahmu

Meaning of Ibadah

Meaning of Ibadah via http://shadesofislam.com

Ibadah adalah hal yang paling penting. Tuhan menciptakan manusia untuk selalu ingat kepada Nya, dengan meningkatkan kualitas ibadahmu, bermohon lah kepada tuhan agar usaha dan kerja kerasmu selalu membawa berkah dan kebaikan. Ya, kerja keras tanpa ada usaha dan doa semua akan sia-sia saja. Nikmatilah segala proses dan selalu bersyukur atas apa yang telah tuhan berikan kepadamu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya